Usai TOT Terintegrasi, PPNI Kalbar Berharap Eratkan Kerjasama & Update Informasi

Perawat Dilibatkan Dalam Mensukseskan Asian Games XVIII 2018
1 Juli 2018
Ternyata Bukan Perawat, Pembuat Video Tik Tok ‘Bayi’ Di RSIA Cahaya Medika Bekasi
3 Juli 2018
Show all

Usai TOT Terintegrasi, PPNI Kalbar Berharap Eratkan Kerjasama & Update Informasi

Wartaperawat.com – Keinginan untuk memajukan suatu organisasi profesi diperlukan upaya dan usaha yang maksimal dari pengurusnya. Seiring dengan perkembangan dan tuntutan yang diminta oleh anggota agar memberikan pelayanan yang maksimal terus direalisasikan. Salah satu upaya yang dilakukan dengan menerapkan konsep terbaru yang dapat diterima dari berbagai tingkatan kepengurusan dan mudah mengaplikasikannya.

Setelah berlangsung di beberapa daerah kepengurusan dan menjadi program dalam penguatan organisasi, maka Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) tetap melanjutkan kegiatan Training Of Trainer (TOT) ke masing-masing wilayah di Indonesia yang telah siap mengikuti kegiatan TOT Terintegrasi bagi pengurusnya.

Kesiapan penyelenggaraan, telah ditunjukkan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Kalimantan Barat dengan mengumpulkan pengurus DPW, DPD dan DPK untuk menggelar TOT Terintegrasi di Pontianak, 30 Juni – 1 Juli 2018.

Acara kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketum DPP PPNI Harif Fadhillah dan dihadiri pula Sekjen Mustikasari, Bendahara Umum Apri Sunadi dan Pengurus DPP PPNI lainnya yang sekaligus menjadi penyaji materi TOT Terintegrasi.

Disaat memberikan pernyataan disela-sela kegiatan TOT Terintegrasi, Minggu (01/07/2018) Haryanto mengungkapkan bahwa  kegiatan TOT Terintegrasi ini memang sesuai agenda yang disepakati DPW PPNI Kalbar dengan DPP PPNI. Kegiatan ini untuk mengintegrasikan semua bidang-bidang, sehingga nantinya pada saat pelaksanaan sistem yang akan mulai diterapkan itu, dapat diaplikasikan dari tingkat DPW hingga DPK (komisariat).

Ketua DPW PPNI Kalimantan Barat ini mengatakan bahwa kehadiran peserta cukup terwakilkan, dengan kehadiran  287 peserta dari 13 pengurus DPD yang hadir dari 14 DPD PPNI Kota/Kabupaten yang ada.

Ia jelaskan juga, bahwa tidak adanya tamu kehormatan yang hadir, dikarenakan adanya pengurus di tingkat DPW, DPD maupun DPK yang menjadi pejabat komite keperawatan di RS dan pada Dinas Kesehatan setempat. Ia berharap nantinya rekan-rekan tersebut dapat memberikan informasi dan menyampaikan informasi terbaru ke institusi maupun tempatnya bekerja.

Haryanto menyampaikan bahwa DPW Kalbar memberikan penghargaan setingginya dan apresiasi positif terhadap kegiatan TOT tersebut, karena memang outcomenya itu dalam masa proses. Namun dari kegiatan ini, Ia dapat melihat hasilnya sementara, bahwa peserta sudah dapat memahami masing-masing tugas mulai dari DPW hingga DPK. Tentunya nanti diadakannya RTL dari kegiatan ini, untuk menindaklanjuti sesuai dengan pengurus masing-masing, sehinga apa yang direncanakan DPP itu akan sampai ke tingkat DPK.

Ia pun berharap  ke depannya, pengurus harus tetap jalin komunisasi dari tingkat DPP sampai ke DPK, sehingga informasi yang update dapat disampaikan dari pusat menuju DPD hingga DPK.

Sementara itu, pesan & kesan dari perwakilan peserta yang bernama Utin Susmayani, mengatakan bahwa Ia mengucapkan terima kasih kepada DPW PPNI Kalbar atas kerjasama dengan semua pihak dan terselenggaranya TOT Terintegrasi kali ini dengan baik dalam pelaksanaanya. Menurutnya kegiatan ini dapat meningkatkan mutu dan pengalaman sebagai bekal untuk meningkatkan pelayanan kedepannya dan sudah terkoordinasi dengan baik pula.

Ia ucapkan terima kasih kepada seluruh Tim DPP PPNI yang menjadi motivator untuk membantu menjadikan agar OP kedepannya lebih baik, dan secara pribadi, Ia merasa puas dengan hasil ini terutama dalam penyampaian materi, Tim DPP sudah cukup maksimal. Semoga upaya ini menjadikan ibadah & bekal amalan kedepannya.

Bagi rekan-rekan DPD, Utin mengharapkan untuk saling meningkatkan kerjasama, berkoordinasi dan saling memanfaatkan peluang berkomunikasi ke DPP untuk beberapa poin-poin tertentu, tentunya terlebih dahulu melalui tingkat DPW, sesuai dengan peraturan. Apapun masalah yang dihadapi terus saling berkomunikasi, himbaunya.

Wanita asal DPD Kab. Ketapang ini berharap juga kepada utusan DPK yang hadir, bahwa keberhasilan TOT Terintegrasi tersebut ada ditangan pengurus DPK, maka dari itu, Ia menginginkan pengurus DPK untuk berkemauan keras dan telah mendapatkan pengalaman untuk bekerjasama dengan baik. Tentunya permasalahan yang ada dapat diatasi dengan baik pula, sehingga dapat membantu mengurangi permasalahan pelayanan yang ada. (IM)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: