ToT Terintegrasi PPNI Lampung : Upaya Penguatan Organisasi & Tanggap Kepentingan Anggota

‘Aksi Damai’ Nakes Tuntut Pemerintah, Segera! Angkat Nakes Jadi PNS
2 Mei 2018
Dukung Praktik Mandiri Keperawatan, PPNI SulSel Coba Gandeng BPJS
4 Mei 2018
Show all

ToT Terintegrasi PPNI Lampung : Upaya Penguatan Organisasi & Tanggap Kepentingan Anggota

Wartaperawat.com – Semakin banyaknya informasi yang perlu disampaikan kepada anggota organisasi profesi agar dapat diterima dengan pemahaman yang benar diperlukan metode yang bermacam pula. Pada saat ini Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI) sedang memprogramkan Training of Trainer (ToT) Terintegrasi bagi Pengurus PPNI di seluruh Indonesia. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mempunyai dampak yang signifikan kepada pengurus dan anggotanya untuk kelangsungan berorganisasi.

Dengan komitmen dan kesepakatan bersama, ToT Terintegrasi PPNI Provinsi Lampung dengan tema “Dengan TOT Kita Tingkatkan Soliditas dan Sinergitas Kepengurusan” diselenggarakan di Hotel Nusantara Syariah, Bandar Lampung, Lampung, selama dua hari (2-3 Mei 2018).

Disaat hari pertama pelaksanaan, Harif Fadhillah Ketum DPP PPNI telah membuka secara resmi acara TOT Terintegrasi tersebut, termasuk kehadiran Mustikasari Sekjen DPP PPNI dan Pengurus DPP PPNI lainnya yang sekaligus memberikan materi ToT Terintegrasi.

Antusias peserta cukup baik, dengan kehadiran 335 orang yang berasal dari Dewan Penasehat, MKEK Provinsi Lampung, Ikatan maupun Himpunan PPNI, Pengurus DPW, DPD dan DPK (komisariat) PPNI seluruh Provinsi Lampung. Dimana dalam kegiatan ToT ini, para pemberi dan penerima materi saling memberikan argumentasi dengan permasalahan yang ada, sehingga diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan bersama yang lebih baik.

Disela-sela acara ToT Terintegrasi, Dedi Afrizal Ketua DPW PPNI Provinsi Lampung mengatakan TOT Terintegrasi yang diselenggarakannya, merupakan manajemen organisasi sebagai upaya penguatan di bidang organisasi. Menurutnya, bertujuan untuk membangun soliditas dalam rangka menjalankan semua program-program organisasi agar kedepannya lebih optimal dan membawa perubahan serta kemanfaatan bagi anggota.

Adapun harapan dari kegiatan ini, Dia berharap, dapat membangun semangat militansi, motivasi dan kesadaran berorganisasi. Dia pula beranggapan, untuk kedepannya tantangan yang dihadapi akan lebih besar. Saat ini tingkat kritis, kebutuhan pelayanan berkualitas, tanggung jawab semakin tinggi, jadi sebagai organisasi tidak hanya bertanggung jawab, tetapi juga siap tanggung-gugat terhadap masalah yang ada sehingga hal-hal seperti masalah etik profesi perlu dilakukan penguatan juga kepada anggota.

Ketua DPRD Provinsi Lampung ini, menyarankan kepada DPP PPNI untuk menerima masukan dari hasil diskusi selama TOT Terintegrasi berlangsung, seperti kaitannya dalam materi kaderisasi, terutama yang masih dalam bentuk draf. Diharapkan nantinya akan mendapatkan masukan atau pendapat dari daerah-daerah lainnya, sebelum nantinya ditetapkan menjadi modul, sehingga hasil modulnya akan lebih baik nantinya, karena berdasarkan akomodir dari daerah. (IM)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: