Tim Evakuasi Konawe (Sultra) Salurkan Bantuan Ke Daerah Terisolasi

Bantuan PPNI Untuk Korban Banjir Diterima Bupati Konawe Utara
17 Juni 2019
HIPGABI Sultra Bantu Tangani Korban Banjir Konawe Utara
19 Juni 2019
Show all

Tim Evakuasi Konawe (Sultra) Salurkan Bantuan Ke Daerah Terisolasi

Wartaperawat.com – Kendala yang dihadapi Tim relawan untuk memberikan pertolongan maupun menyalurkan bantuan bagi korban terdampak banjir di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dapat teratasi dengan baik.

Melalui keterlibatan pihak TNI, Kepolisian, TIM SAR, BPBD, dan unsur lainnya bersama tenaga kesehatan khususnya perawat dapat melakukan evakuasi terhadap para korban dampak banjir di daerah yang terisolir.

Selain itu, adanya proses dilakukannya pengiriman bantuan ke wilayah Kecamatan Asinua dan Kecamatan Latoma yang sudah beberapa hari lalu belum menerima bantuan, dikarenakan akses jalan terputus dan berlumpur sehingga belum dapat dilalui menggunakan mobil maupun motor.

Beberapa lokasi, akses transportasi dapat dilakukan dengan menggunakan perahu karet dari TIM SAR Provinsi dan BPBD Kab. Konawe.

Dari hasil pengamatan, sehubungan dengan prioritas bantuan yang diperlukan mendesak, adalah kebutuhan makanan, kebutuhan bayi dan anak-anak.

Berdasarkan evakuasi terakhir yang diikuti oleh Pengurus DPD PPNI Kab Konawe di Desa Belatu, Kecamatan Pondidaha, Minggu (16/6/2019), adanya penanganan pasien yang dibawa untuk dirawat di BLUD RS Konawe.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/6/2019), Suratman Garahama, S.Kep, MM selaku Wakil Sekretaris DPD PPNI Kabupaten Konawe mengatakan bahwa perawat juga mengalami dampak dari korban banjir, namun pendataan dari korban yang berasal dari perawat belum lengkap.

Dikatakannya, bahwa perawat yang terlibat dalam penanganan banjir ini berasal dari BLUD RS Konawe, Perawat dari Klinik Polres Konawe, Puskesmas yang wilayahnya terkena banjir dan Perawat Desa dari program 1 Desa 1 Perawat. Hingga saat ini para Perawat masih bertahan di posko masing-masing.

Berdasarkan pengalamannya, saat memberikan bantuan, disampaikannya bahwa masyarakat sangat berterima kasih atas bantuan yang diberikan, karena telah membantu meringankan beban mereka. (IM)

 

Sumber : Wakil Sekretaris PPNI Kab Konawe

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: