Bantuan PPNI Untuk Korban Banjir Diterima Bupati Konawe Utara

Stop Iklan Rokok Di Internet : Kemenkes Ingin Turunkan Prevalensi Perokok
16 Juni 2019
Tim Evakuasi Konawe (Sultra) Salurkan Bantuan Ke Daerah Terisolasi
18 Juni 2019
Show all

Bantuan PPNI Untuk Korban Banjir Diterima Bupati Konawe Utara

Wartaperawat.com – Musibah banjir yang dialami masyarakat Kabupaten Konawe dan Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melumpuhkan aktifitas bagi masyarakatnya.

Ada 6 kecamatan yang terendam banjir di wilayah Kabupaten Konawe Utara yaitu : Andowia, Asera, Oheo, Landawe, Langgikima, dan Wiwirano.

Untuk banjir di Kabupaten Konawe Utara terjadi dua kali, pertama saat sebelum lebaran dan yang kedua terjadi sesudah lebaran tahun 2019 ini.

Akibat banjir tersebut, diperkirakan 1.091 KK atau 4.198 jiwa mengungsi dan dikabarkan ada 2 sarana Puskesmas dan 2 Puskesmas Pembantu rusak.

Setelah kejadian, kepedulian perawat maupun tenaga kesehatan lainnya dan pihak terkait yang ada di Kab Konawe Utara telah melakukan evakuasi dan memberikan bantuan pengobatan kepada yang terdampak banjir.

Disaat awal kejadian, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Konawe Utara telah berbagi tugas dengan menempatkan kurang lebih 10 personil perawat di setiap posko pengobatan yang tergabung dengan Dinas Kesehatan Kab Konawe Utara.

Selain itu, Pengurus dan anggota PPNI Konawe Utara juga telah mendistribusikan makanan siap saji selama 3 hari sebanyak 300 porsi kepada masyarakat.

Dalam upaya mengurangi beban bagi yang terdampak banjir, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Sultra telah berkoordinasi dengan Pengurus DPD PPNI se Sultra untuk menerima dan mengumpulkan bantuan melalui Posko Donasi yang dibuat dan diprakarsai DPW PPNI Sultra.

Berbagai bentuk bantuan dari rekan perawat maupun dari pihak manapun diterima langsung oleh Heryanto, AMK, SKM selaku Ketua DPW PPNI Sultra di Posko Donasi Peduli Bencana Korban Banjir.

Dari bantuan yang telah terkumpul di Posko Donasi, kemudian dilanjutkan atau disalurkan langsung ke wilayah yang terdampak banjir.

Setelah melakukan perjalanan jauh, akhirnya Pengurus PPNI menyerahkan bantuan ke Posko Center yang diterima langsung oleh Bupati Konawe Utara DR. Ir. Ruksamin, MSi di Rumah Jabatan Bupati di Kel. Wanggudu, Kec. Asera Kab. Konawe Utara, Minggu (16/6/2019).

Pengurus PPNI Konawe Utara bersama Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia ( HIPGABI) Sultra pada hari itu pula menyerahkan bantuan langsung ke masyarakat di Desa Ala Wanggudu dan Desa Wanggudu Raya (Kecamatan Asera).

Melalui pesan tertulisnya, Senin (17/6/2019), Marjoni, AMK, SKM, MPH mewakili seluruh teman sejawat perawat DPD PPNI Kab Konawe Utara, dan seluruh masyarakat Kab Konawe Utara yang terdampak banjir mengucapkan terimah kasih yang tak terhingga kepada seluruh teman sejawat perawat baik di DPP, DPW dan DPD PPNI yang telah ikut berpartisipasi dalam penggalangan donasi bantuan.

Tak lupa, Ketua DPD PPNI Kab Konawe Utara ini berterima kasih juga kepada rekan perawat yang ikut terlibat dalam pengiriman, hingga penyerahan bantuan tersebut di posko-posko pengungsian.

Marjoni berharap agar sekecil apapun bantuan yang diberikan dari teman-teman perawat dan siapapun sekalian sangat berarti untuk saudara-saudara yang terkena musibah banjir saat ini. Ia pun memohon kepada Tuhan, semoga apa saja bantuan yang diberikan dari teman-teman akan bernilai ibadah di sisiNya. (IM)

 

Sumber : Ketua DPD PPNI Kabupaten Konawe Utara

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: