SumSel Punya RSUD Bertaraf Internasional, Upaya Kurangi Pasien Berobat Ke Luar Negeri

Banyak Korban Terlambat Diselamatkan, PPNI Simalungun Berniat Dirikan Posko Kesehatan
25 Juni 2018
Antusias Warga Ikuti Pilkada Serentak Di Indonesia
27 Juni 2018
Show all

SumSel Punya RSUD Bertaraf Internasional, Upaya Kurangi Pasien Berobat Ke Luar Negeri

Wartaperawat.com – Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakatnya dalam upaya menuju Indonesia Sehat. Selain menerapkan kebiasaan hidup sehat, sarana pelayanan kesehatan diharapkan tersedia dengan baik dan berkualitas menjadi penunjangnya. Kecenderungan bagi masyarakat kelas atas mencari pengobatan ke luar negeri menjadi pemicu bagi Pemda untuk memfasilitasi pelayanan kesehatan bertaraf internasional.

Ketersedian pelayanan kesehatan yang bertaraf internasional masih jarang keberadaannya dikota-kota di seluruh Indonesia. Untuk itulah, sejalan dengan perkembangan pembangunan yang ada di Sumatera Selatan, maka Pemda berusaha semaksimal mungkin menyediakan fasilitas kesehatan yang menjadi dambaan masyarakatnya.

Disaksikan Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin secara resmi menandatangani Grand Launching RSUD Provinsi Sumatera Selatan menuju World Class Hospital, di Palembang, Sabtu (23/6/2018).

Dalam hal ini, Menkes Nila F Moeloek mengapresiasi Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Selatan yang telah berupaya menjadikan rumah sakitnya memiliki standar pelayanan berkelas dunia.

Menurut Menkes, saat ini Indonesia memasuki era globalisasi dan perdagangan bebas bidang jasa (era Masyarakat Ekonomi Asia) termasuk jasa pelayanan kesehatan. Situasi ini memungkinkan perjalanan untuk mencari pengobatan ke luar negeri dan memungkinkan penanaman modal asing dalam bidang jasa kesehatan.

“Untuk dapat bersaing dengan fasilitas kesehatan penanaman modal asing di Indonesia maupun fasilitas kesehatan di luar negeri maka rumah sakit di Indonesia harus berupaya meningkatkan mutu pelayanan,” ucap Menkes.

Peningkatan mutu pelayanan mutlak dilakukan agar rumah sakit mampu berkompetisi baik di tingkat regional, nasional, bahkan internasional dan dapat mengurangi arus pasien yang berobat ke luar negeri.

Menkes mengungkapkan bahwa dalam upaya meningkatkan kualitas dan mutu rumah sakit di Indonesia, semua rumah sakit harus memberi pelayanan terbaik bagi pasien. Kini makin banyak rumah sakit di Indonesia yang mendapat Sertifikat Akreditasi Internasional, sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat Indonesia untuk meragukan kualitas rumah sakit di Indonesia, dan pergi ke luar negeri.

Dalam sambutannya Menkes juga menyampaikan pesan presiden kepada seluruh Menteri untuk bersungguh-sungguh melakukan perbuatan nyata bagi masyarakat.

“Rakyat, di manapun berada, harus merasakan keberadaan pemerintah dan Pemerintah Daerah dalam bentuk pelayanan yang cepat, tanggap, dan transparan guna mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong sebagai ciri kepribadian bangsa,” kutip Menkes.

Sesuai dengan visi Indonesia yaitu terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berasaskan gotong royong serta selaras dengan salah satu dari unsur Nawa Cita yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Maka Kementerian Kesehatan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat.

Selain itu, dengan keberadaan RS tersebut, seiring pula dengan persiapan kota Palembang jelang pesta olah raga Asian Games XVIII pada bulan Agustus mendatang. Dalam hal ini pula Pemda telah mempersiapkan pelayanan terbaiknya dibidang kesehatan. Disamping itu pula, Kemenkes RI juga turut mendukung dalam pelaksanaan Asian Games mendatang dan telah siap dalam pelayanan dibidang kesehatan baik di Palembang maupun Jakarta. (IM)

 

Sumber : Foto dan berita dari Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: