Relawan PPNI Dukung Dinkes Atasi Dampak Korban Di Pandeglang

Antisipasi Pelayanan Pasca Bencana Tsunami Di Lampung
30 Desember 2018
DPW PPNI Bengkulu Peduli Korban Tsunami Selat Sunda
1 Januari 2019
Show all

Relawan PPNI Dukung Dinkes Atasi Dampak Korban Di Pandeglang

Wartaperawat.com – Sehubungan dengan dampak korban tsunami Selat Sunda yang terjadi di provinsi Lampung dan Banten diperlukan kerjasama dan koordinasi yang baik dalam penanganan baik diantara pemerintah setempat, para relawan maupun unsur yang terkait.

Banyaknya bantuan yang berdatangan dari sejak awal kejadian hingga saat ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik terhadap para korban dan juga memberikan rasa aman bagi para relawan yang telah menjadi prioritas bersama.

Dengan adanya kerjasama antara relawan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Dinas Kesehatan maupun pihak terkait diharapkan bantuan yang bersifat medis maupun non medis dapat diterima dengan baik kepada korban maupun pengungsi yang selamat.

Penanganan terhadap dampak korban tsunami Selat Sunda terus dilakukan baik yang berada di Kabupaten Serang, Pandeglang (Banten) dan Kabupaten Lampung Selatan (Lampung).

Berkaitan dengan adanya program penanganan yang telah disepakati, saat ini setiap hari di aula Dinas Kesehatan Pandeglang secara rutin dilakukan rapat khusus klaster kesehatan PPNI dari berbagai daerah selalu hadir dan kumpul terlebih dahulu untuk menerima arahan dan tugas ke berbagai lokasi posko bencana di Kabupaten Pandeglang.

Untuk pelaksanaan perawat yang bertugas di Puskesmas dilakukan secara bergilir dan selalu siaga dalam memberikan pelayanan baik di sarana kesehatan maupun tempat pengungsian.

Berdasarkan informasi yang yang didapat, partisipasi dan empati dari relawan PPNI yang bertugas membantu pelayanan kesehatan/mensupport pada bencana tsunami Selat Sunda di wilayah Kabupaten Pandeglang, diantaranya : DPD Kab Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan, Kab Serang, Kota Serang, Cilegon, Lebak dan Pandeglang.

Relawan PPNI yang berasal dari luar Banten, diantaranya : DPW DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DPD Kab Bogor.

Sementara itu, relawan PPNI yang berasal dari ikatan/himpunan diantaranya : Hipercci Banten, Hipgabi Banten, Hibgabi DKI Jakarta, IPKJI Banten dan HPMI Banten.

Semua relawan PPNI yang turut membantu dalam bencana ini dibawah pengawasan Ketua DPP PPNI Bidang Pelayanan yang diketuai Ati Suryamediawati.

Melalui pesan tertulisnya, Senin (31/12/2018), Siti Komariah, selaku Ketua Bidang Pelayanan DPW PPNI Banten mengatakan bahwa upaya pemulihan pasca bencana yaitu dengan cara PPNI mendukung program Dinas Kesehatan setempat.

Diterangkannya, melalui Puskesmas dengan wilayah kerjanya masing-masing dalam hal bantuan pelayanan, kesehatan, rujukan pasien, perbaikan kesehatan lingkungan, dukungan kesehatan mental dan psikososial, pendidikan kesehatan kepada para pengungsi dan penduduk wilayah terdampak, juga dukungan kesehatan kepada relawan PPNI yang sedang bertugas.

Ketua HPMI Banten ini juga mengungkapkan bahwa dukungan, bantuan dan penanganan dari relawan PPNI sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang terdampak, setelah ia ikut terlibat langsung sejak awal hingga saat ini dalam penanganan bencana. (IM)

 

Sumber : Bidang Pelayanan DPW PPNI Banten

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: