Relawan PPNI Sulut Turut Atasi Dampak Gempa Di Sulteng

Relawan PPNI Lakukan Penanganan Darurat Di Sulteng
3 Oktober 2018
PPNI Kota Makassar Kirim & Siaga Tangani Korban Bencana Sulteng
5 Oktober 2018
Show all

Relawan PPNI Sulut Turut Atasi Dampak Gempa Di Sulteng

Wartaperawat.com – Melalui kerjasama dengan pihak terkait berbagai upaya dilakukan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) untuk membantu korban dampak bencana dan tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya.

Setelah melakukan pertimbangan dikarenakan faktor keamanan, DPW PPNI Sulawesi Utara (Sulut) mengikuti rapat pada hari Senin (1/10/2018), dibawah koordinasi Dinkes Provinsi Sulut. Kegiatan tersebut berkaitan dengan koordinasi bantuan dan strategi untuk menuju ke daerah bantuan/bencana di Sulawesi Tengah.

Akhirnya DPW PPNI Sulut mengirimkan tenaga perawat 3 orang, 2 orang berangkat pada hari Selasa (2/10), telah tiba dengan selamat di Palu, dengan menumpang pesawat Hercules sekaligus membawa sembako/makanan ringan. Untuk poskonya bergabung dengan Tim Dinkes Provinsi Sulut, diantar dengan pengawalan bersama TNI, dikarenakan mencegah penjarahan.

Sementara Tim jalan darat diikuti 1 orang, untuk Tim terintegrasi, yang mengikuti jalan darat dilepas dari Poltekkes Manado Jurusan Keperawatan bersama tenaga sanitasi. Keberangkatan Tim melalui Gorontalo dan saat ini berada di Sulawesi Tengah, telah bergabung dengan Tim PMI dan Tim lainnya.

Berkaitan penyaluran dana, beberapa anggota perawat dan sebagian dari DPD di Sulut sudah menyalurkan dana melalui Hipgabi Sulawesi Utara.

Relawan perawat PPNI asal Sulut juga membawa genset, BBM, sebagian obat-obatan, dan penyaring air.

Melalui pesan tertulisnya, Kamis (4/10/2018) Ketua DPW PPNI Sulut John Tangka mengatakan bahwa PPNI sebagai organisasi profesi telah berkoordinasi dengan Dinkes Provinsi Sulut dalam pelaksanaan pemulihan penanggulangan krisis kesehatan pasca bencana.

Ia ungkapkan berbagai upaya dilakukan melalui : 1. Pengutusan tenaga perawat terlatih, 2. Pemberian pangan, pakaian, keperluan bayi, obat-obatan termasuk untuk luka, 3. Kebutuhan pelayanan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan lainnya.

John Tangka menginformasikan juga, saat ini Relawan PPNI asal Sulut setelah briefing dengan Dinkes setempat, Tim berada di RS Lapangan MAKOBRIMOB dan menuju desa Dolo, Palu untuk melakukan pelayanan kesehatan terhadap korban bencana.

Pemberian bantuan ke daerah gempa dan tsunami untuk saat ini diperlukan pengawalan pihak keamanan agar berjalan dengan baik dan aman. (IM)

 

Sumber : Ketua DPW PPNI Sulawesi Utara

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: