PPNI Kota Makassar Kirim & Siaga Tangani Korban Bencana Sulteng

Relawan PPNI Sulut Turut Atasi Dampak Gempa Di Sulteng
4 Oktober 2018
Film “Embun Padang Pasir”, Ini Tanggapan Ketum DPP PPNI
6 Oktober 2018
Show all

PPNI Kota Makassar Kirim & Siaga Tangani Korban Bencana Sulteng

Wartaperawat.com – Berbagai bantuan terhadap dampak korban di Palu, Donggala, Sigi dan sekitarnya terus berdatangan. Rasa kepedulian dari masyarakat maupun rekan perawat di Sulawesi Selatan terus dibuktikan dengan pengumpulan dana maupun logistik untuk kepentingan korban gempa.

Semenjak hari Sabtu (29/9/2018) sebanyak 5 orang dari Persatuan Perawat NasionaI Indonesia (PPNI) Komisariat RS. Wahidin dan 7 orang dari Komisariat RS. Islam Faisal Makassar, Sulawesi Selatan diberangkatkan melalui jalur darat menuju Sulawesi Tengah dengan menggunakan Ambulance.

Selanjutnya, pada hari Selasa (2/10/2018) PPNI Kota Makassar memberangkatkan 2 orang relawan melalui pesawat udara dengan Hercules milik TNI AU. Saat tiba di Palu, Tim bergabung dengan teman-teman relawan yang ada di RS. Undata, Palu.

Semangat pengumpulan dan penyaluran dana dilakukan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kota/Kabupaten PPNI yang ada di Sulawesi Selatan untuk para korban dampak gempa dan tsunami.

Hingga saat ini terkabar sudah 1.242 jiwa yang meninggal dunia, korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya.

Selain itu, karena banyaknya korban yang dievakuasi ke Makassar, maka PPNI Kota Makassar menyiapkan pula relawan di posko-posko penampungan korban.

Posko tersebut berada di Asrama Haji yang dibawah koordinasi DPK Dinkes Kota Makassar, dan juga dibeberapa RS di Kota Makassar, seperti : RS. Daya Makassar, RS. Wahidin, RS. Unhas, RS. Tadjuddin Chaliq, dan RS. Sayang Rakyat.

Melalui pesan tertulisnya, Kamis (4/10/2018), Hamzah Tasa Ketua DPD PPNI Kota Makassar mengungkapkan bahwa pengiriman relawan oleh PPNI Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan respon organisasi profesi PPNI terhadap kondisi yang dialami oleh para korban.

Tentunya kehadiran teman-teman relawan baik langsung di PALU dan Donggala maupun di pelayanan lanjutan di posko-posko dan rumah sakit di Makassar diharapkan dapat membantu dan meringankan beban para korban, serta dapat membantu mobilisasi teman lainnya yang ada di layanan maupun di RS.

Selain itu juga, ia ungkapkan juga bahwa teman-teman perawat masih mengumpulkan donasi untuk para korban yang ada di Sulteng. (IM)

 

Sumber : Ketua DPD PPNI Kota Makassar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: