Relawan Perawat PPNI Ke 2 Teruskan Penanganan Korban Gempa Lombok

Ketua DPW PPNI Maluku Resmi Lantik Ketua PPNI Kab Kepulauan Aru
10 Agustus 2018
Pengmas PPNI Berkontinyu, Edukasikan Problema Stroke Bagi Masyarakat
12 Agustus 2018
Show all

Relawan Perawat PPNI Ke 2 Teruskan Penanganan Korban Gempa Lombok

Wartaperawat.com – Penanganan bagi korban gempa di wilayah Nusa Tenggara Barat telah dikoordinasikan melalui Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dengan adanya pengiriman Tim Relawan Perawat PPNI yang kedua. Dengan persiapan mental dan kemampuan yang dimiliki, diharapkan para relawan  dapat mengatasi masalah yang dihadapi para korban gempa.

Tim Relawan Perawat PPNI yang berasal dari DPW PPNI DKI Jakarta merupakan gelombang kedua yang telah diarahkan ke lokasi Kabupaten Lombok Utara (KLU) yang menjadi target pertolongan dengan jumlah korban yang cukup besar.

Diketahui sebelumnya Tim Relawan Perawat DPW PPNI Jawa Timur telah mengawali bantuan kemanusiaan ini pada gelombang pertama dan akan dilanjutkan dengan gelombang berikutnya sesuai dengan kebutuhan.

Sebelum menuju ke lokasi KLU Tim Relawan Perawat PPNI gelombang kedua terlebih dahulu diterima oleh Ketua DPW PPNI NTB Ns. H. Muhir, S.Kep, Ketua IDI Provinsi NTB Dr. Doddy, Sp.OG dan Sekretaris IDI dr. Lalu Ahmadi, SpPD di Kantor Sekretariat, Mataram, NTB, Kamis (9/8/2018).

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju lokasi KLU yang penuh tantangan karena Tim Relawan memperlihatkan kondisi akibat adanya guncangan gempa termasuk kondisi jalan yang ada ikut terkena dampaknya.

Dengan semangat  juang yang ditorehkan Tim Relawan Perawat gelombang kedua untuk memberikan pelayanan kesehatan dalam situasi darurat. Melalui pengalaman yang dimiliki, Tim sudah terbiasa mengatasi kondisi korban yang biasa terluka.

Berdasarkan informasi dari ketua Tim gelombang kedua yang dipimpin Ratna Aryani berkesempatan mengirimkan keterangannya, melalui pesan tertulisnya, Jumat (10/8/2018) yang menjelaskan bahwa banyak juga rumah dan gedung yang runtuh dan hotel retak, padahal hotel masih baru, kondisi tersebut dilihat  saat Tim dalam perjalanan, termasuk sebagian besar toko tutup karena takut sebagian kecil tetap buka.

Memasuki wilayah  KLU, Ia ceritakan rumah terlihat hancur jauh lebih banyak, hancur rata dengan tanah dan banyak yang tertimpa. Jalanan retak di pinggiran dan ada juga retak di badan jalan. Tanah lapang dijadikan tempat kumpul pengungsi. Sekitar perbukitan, pengungsi pun sempat lari ke arah bukit sewaktu dikabarkan akan tsunami pada saat kejadian.

Ratna dan Tim juga merasakan guncangannya gempa susulan dengan 6.2 SR tepat di jam 12.25 pada hari Kamis (9/8/2018) dihari pertama kedatangannya.

Berikut ini kegiatan utama yang dilakukan oleh Tim Relawan Perawat gelombang kedua dan kegiatan rutinitasnya berdasarkan notulensi yang ada.

Sekitar jam 14.00 WITA Kamis (9/8) dilakukannya operan dari Tim Relawan DPW Jatim kepada Tim Relawan DPW DKI Jakarta sekaligus survey lapangan. Pada jam17.00 WITA : Briefing internal (korlap+relawan) PPNI DKI Jakarta, Jam 19.00 WITA : Korlap Briefing dengan mahasiswa. Jam 20.00 WITA : Korlap Briefing dengan tim Nakes. Simultan dengan briefing relawan non medis.

Tim Relawan PPNI dari DKI Jakarta dibagi menjadi 2 shift juga  bertugas dari 18.00 s.d 06.00 dilanjutkan 06.00 s.d 18.00 Tiap tim terdapat perawat OK, anak dan gadar.  Tim 1 : Hanif (ketua tim) beranggotakan Ridwan, Dwi Basuki, Nurleman, Eti, Karsini dan Faital sedangkan Tim 2 Taufik, Suraya Lisa, Widodo, Imansyah, Istinganah, Ely dan Nurhayati.

Setiap hari ada 15 mahasiswa profesi Stikes Mataram yang turut membantu, rata-rata 20 hari mahasiswa/hari yang bertugas selama 24 jam. Jumlah pasien saat ini Jumat (10/8) jam 21.00 WITA berjumlah 6 pasien dengan kasus asma, hipertensi, febris, ISPA (2) dan dispepsia.

Rekomendasi untuk tim selanjutnya, mohon membawa : Infus set, Blood set, Spuit lengkap ukuran, Abocath 18-24, Cairan, Spalk , Antibiotik dan analgesik IV (stok menipis).

Kasus yang diprediksi akan banyak : ISPA dan Diare.

Selamat bertugas….(IM).

 

Sumber : Ketua Tim Relawan Perawat DPW PPNI Jakarta

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: