Program Nusantara Sehat Berdampak Baik Di Masyarakat

Pemerintah Memfasilitasi Opsi Pasca Penugasan Perawat Nusantara Sehat
25 September 2018
DPW PPNI Kepri Sukseskan ToT Terintegrasi & Pelantikan Pengurus Baru
27 September 2018
Show all

Program Nusantara Sehat Berdampak Baik Di Masyarakat

Wartaperawat.com – Pengalaman berharga yang didapat oleh Tim Nusantara Sehat (NS) pada saat mendapatkan penugasan di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan menjadi proses untuk mendapatkan pilihan terbaik bagi tenaga kesehatan di waktu yang akan datang.

Program Nusantara Sehat dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang diutamakan oleh pemerintah untuk menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. Dengan cara melalui penguatan pelayanan kesehatan primer yang merupakan garda terdepan dalam pelayanan kesehatan masyarakat.

Setelah berakhirnya masa penugasan, tentunya para Nakes NS selain memiliki pengalaman juga menginginkan informasi terbaru demi kelangsungan karir mereka. Untuk itulah Badan Pengembangan Dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan Kemenkes RI melaksanakan  kegiatan Pertemuan Koordinasi Pemulangan Tim Nusantara Sehat Batch 4 di Jakarta, 24-27 September 2018.

“Ini adalah program untuk menerima kembali pasca pengabdian peserta Nusantara Sehat Batch 4, setelah mereka bertugas selama dua tahun di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan,” ucap Suhartati, S.Kep., M.Kes setelah menyampaikan materi Tugas Belajar bagi Tenaga Kesehatan Pasca Nusantara Sehat di acara pertemuan tersebut di Hotel Redtop Jakarta, Senin (24/9/2018).

Kepala Pusat Peningkatan Mutu SDM Kesehatan ini mengharapkan kepada para tenaga kesehatan untuk dapat mengambil pengalaman berharga disaat penugasannya. Selain itu, para peserta NS berpengalaman dalam memberikan pelayan kesehatan sekaligus menguatkan mentalnya.

“Kepada para tenaga kesehatan setelah penugasan, tentunya mempunyai pengalaman kerja di daerah penugasan. Mereka akan paham tentang keanekaragaman masalah dan pelayanan kesehatan diberbagai wilayah nusantara ini. Sekaligus berdampak pada ketahanan mentalnya menjadi kuat dan kecintaian terhadap NKRI semakin tinggi,” harapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa Kementerian Kesehatan dalam melaksanakan program Nusantra Sehat ini bertujuan untuk meratakan pelayanan kesehatan yang masih belum merata, terutama di daerah yang  jauh dari pusat pelayanan kesehatan. Menurutnya pula, setelah berjalannya program NS ini punya dampak baik di masyarakat.

“Kan tujuan awal diadakannya program NS ini untuk pemerataan pelayan kesehatan di pelosok khususnya di daerah terpencil, perbatasan dan kepulauan. Berdasarkan hasil evaluasi kami di wilayah yang menjadi tempat penugasan tersebut, bahwa Nakes NS sangat diterima dan sangat bermanfaat terhadap pelayanan kesehatan di masyarakat,” pungkas Suhartati. (IM)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: