Pemerintah Memfasilitasi Opsi Pasca Penugasan Perawat Nusantara Sehat

DPW PPNI Bengkulu Perdana Edukasikan Permasalahan Jabfung Perawat
24 September 2018
Program Nusantara Sehat Berdampak Baik Di Masyarakat
26 September 2018
Show all

Pemerintah Memfasilitasi Opsi Pasca Penugasan Perawat Nusantara Sehat

Wartaperawat.com – Perjuangan maupun pengorbanan telah diberikan tenaga kesehatan (nakes) yang tergabung dalam Tim Nusantara Sehat (NS) periode II tahun 2016 (Batch 4). Dalam pengabdiannya memberikan pelayan kesehatan kepada masyarakat yang terpencil di wilayah Indonesia.

Dengan berakhirnya masa tugas pada 4 Oktober 2018 nanti, menjadi pengalaman tersendiri bagi para tenaga kesehatan selama dua tahun mendapat penugasan dari pemerintah. Selain itu, dukungan pemerintah maupun organisasi profesi yang menaunginya untuk selalu memberikan solusi terbaik pasca penugasan ini.

Dalam hal ini, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) termasuk organisasi profesi laiinnya mengapresiasi perjuangan dan dedikasi bagi para nakes yang telah memberikan kontribusi selama bertugas untuk memberikan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Sehubungan dengan akan berakhir masa tugas tersebut, Kemenkes RI melalui Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) menggelar Pertemuan Koordinasi Pasca Penugasan dan Pemulangan Tim Nusantara Sehat Periode II Tahun 2016 (Batch 4) di Hotel Redtop Jakarta Pusat – Jakarta, 24-27 September 2018.

“Dalam upaya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan, maka Kemenkes RI sejak tahun 2015 melakukan program penempatan tenaga kesehatan di puskesmas pada daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan melalui  Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Berbasis Tim (Team Based) dalam Mendukung Program Nusantara Sehat yang dikenal dengan Nusantara Sehat Tim. Sementara itu, mulai tahun 2017 menempatkan tenaga kesehatan melalui penugasan khusus tenaga kesehatan Individua atau dikenal dengan Nusantara Sehat Individu,” kata Drg. Usman Sumantri, MSc saat memberikan sambutan dan pengarahan sekaligus membuka acara tersebut, Senin (24/9/2018).

Kepala Badan PPSDMK ini menyampaikan rasa syukur kepada Tim Nusantara Sehat batch 4, dikarenakan dapat menyelesaikan tugas setelah dua tahun mengabdi. Ia berharap peserta NS hingga saat ini semua sehat wal‘afiat, sehat fisik dan jiwanya.

“Saya atas nama Badan PPSDM Kesehatan dan atas nama pribadi menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan kerjasamanya untuk ikut meningkatkan pelayanan kesehatan primer bagi masyarakat kita di daerah yang sangat terpencil. Semoga kerja keras saudara-saudara dinilai sebagai ibadah dan menjadi cerita yang berkesan untuk masa depan,” tutur Usman.

Selanjutnya, ia menyampaikan penghargaan atas pengabdian peserta NS, dikarenakan banyak sekali pujian dan penghargaan dari masyarakat, Dinkes Kabupaten maupun Dinkes Provinsi atas pengabdian selama ini.

“Saya juga merasa bahagia karena batch 4 ini kembali dengan retensi 99,2 %. Untuk batch 1 kemarin retensinya 100% sedangkan untuk batch 2 retensinya 98,7%, batch 3 kembali retensinya 100%. Jadi alhamdulillah, untuk 4 batch yang telah menyelesaikan masa tugas dengan retensinya cukup bagus,” terangnya.

Usman juga mengungkapkan sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah, bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Kementerian Kesehatan dalam hal ini Badan PPSDM Kesehatan telah menyediakan beasiswa bantuan pendidikan, yang telah diatur dalam Permenkes nomor 13 tahun 2018.

“Bagi yang berminat mengikuti penugasan khusus individu, kami persilahkan untuk mengikuti tes potensi. Begitu juga bagi yang ingin bekerja di luar negeri, terutama perawat, kami akan memfasilitasi hal tersebut. Tentunya, apapun pilihan saudara-saudara, mari kita satukan tekad, bahwa langkah kita ke depan adalah untuk senantiasa membangun manusia Indonesia yang lebih sehat,” jelas Usman.

Pada kesempatan sebelumnya, dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS selaku ketua panitia menyampaikan laporan kegiatan berkaitan pertemuan koordinasi pasca penugasan dan pemulangan Tim Nusantara Sehat.

Masih dalam rangkaian pembukaan, Kepala Badan PPSDMK mewakili Kemenkes RI menyerahkan sertifikat sebagai ucapan terima kasih kepada perwakilan peserta NS. Dilanjutkan, dengan perwakilan organisasi profesi menyerahkan sertifikat SKP tambahan bagi para peserta NS, yang diwakili oleh peserta dari berbagai profesi kesehatan.

Dikesempatan ini pula, Ahmad Eru Saprudin, M.Kep, Sp.Kep.Kom perwakilan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI menyerahkan SKP tersebut kepada perwakilan peserta NS yang berprofesi perawat.

Berikut ini rincian peserta Tim Nusantara Sehat periode II Batch 4 tahun 2016 berjumlah 270 orang, terdiri dari Dokter Umum : 16, Dokter Gigi : 26, Perawat : 42, Bidan : 45, Ahli Teknologi Laboratorium Medik : 14, Tenaga Farmasi : 35, Tenaga Gizi : 29, Tenaga Kesehatan Lingkungan : 29, dan Tenaga Kesehatan Masyarakat : 34.

Melalui kesempatan yang diberikan oleh pemerintah pasca penugasan ini, sebaiknya perawat maupun tenaga kesehatan lainnya dapat mengambil peluang tersebut sesuai dengan keinginan masing-masing. (IM)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: