PPNI Sumsel Peduli, Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat & Kompetensi Perawat

Institusi Pendidikan Terlibat Pengmas, Jelang HUT PPNI Ke 45
11 Maret 2019
PPNI Jakarta Utara Utamakan Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat
13 Maret 2019
Show all

PPNI Sumsel Peduli, Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat & Kompetensi Perawat

Wartaperawat.com – Semangat perawat untuk menyambut HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) ke 45 pada 17 Maret 2019 nanti , sudah diperlihatkan melalui rangkaian kegiatan yang dilakukan DPW PPNI maupun perwakilan PPNI di luar negeri.

Kegiatan-kegiatan yang menarik dan bersentuhan dengan kehidupan masyarakat langsung perlu mendapatkan apresiasi, serta sejalan dengan tema HUT PPNI yang diusung kali ini yaitu Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat.

Dengan adanya perawat yang bekerja memberikan asuhan dan pelayanan keperawatan individu, keluarga dan masyarakat. Sejak tahun 1974 sampai sekarang, PPNI terus menguatkan langkahnya untuk menjadi organisasi profesi yang kuat dan mampu mengayomi bagi setiap anggotanya.

Melalui semangat kebersamaan, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Sumatera Selatan yang saat ini memiliki 15.619 anggota yang tersebar di 17 Kota/Kabupaten se Provinsi Sumatera Selatan, menggelar berbagai kegiatan yang dapat mengekspresikan peran dan fungsi perawat sekaligus melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Terbukti, telah dilakukannya kegiatan Senam Sehat dan Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk awam serta pemeriksaan kesehatan gratis, di lokasi tempat ikan, depan Rumah Dinas Walikota Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (10/03/2019).

Kegiatan yang dimulai jam 06.00 WIB hingga jam 10.00 WIB, diawali dengan senam jantung sehat bersama perawat dan dihadiri sekitar 1.000 orang peserta.

Acara yang mendapat perhatian dari masyarakat ini merupakan hasil kerjasama dengan BBLK Palembang dan Yayasan Jantung Sehat.

Pada kesempatan ini, H.Subhan, SKM., M.Si., M.Kes selaku Ketua DPW PPNI Provinsi Sumatera Selatan membuka acaara tersebut, yang dihadiri juga Ketua & Pengurus DPD PPNI Kota Palembang, DPK PPNI se Kota Palembang dan masyarakat Kota Palembang.

Melalui pesan singkatnya usai kegiatan, Senin (11/03/2019), H. Subhan menyampaikan rangkaian kegiatan yang dilakukan, diantaranya : Senam Jantung Sehat, pemeriksaan kesehatan gratis (tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat dan konsultasi kesehatan) dan mengajarkan BHD untuk awam.

Ketua DPW PPNI Sumsel ini mengungkapkan bahwa maksud dan tujuan kegiatan ini, untuk lebih mendekatkan diri kepada keluarga dan masyarakat dalam upaya peningkatan pengetahuan keluarga dan masyarakat, sehingga keluarga dan masyarakat mampu mandiri dalam mengatasi masalah kesehatan, dan akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Dijelaskan juga, upaya ini untuk menekankan kepada keluarga dan masyarakat, bahwa peran perawat sangat besar sekali dalam upaya pelayanan kesehatan baik itu promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Masih dalam rangkaian menyambut HUT PPNI, telah dilaksanakan juga seminar sehari dengan melibatkan 10.100 peserta dan 300 orang yang mengikuti sumpah profesi. Acara pengambilan sumpah merupakan salah satu cara syarat pelengkap membuat STR (Surat Tanda Registrasi), maka wajib dilakukannya sumpah profesi.

Sumpah profesi ini untuk perawat yang menyelesaikan D3 dan Ners, setelah acara sumpah profesi dilanjutkan dengan Seminar Nasional dengan materi Exit Exam,PKB Online dan Registrasi STR Online yang diikuti 10.100 peserta. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Zuri Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (9/3/2019).

Acara ini secara resmi dibuka langsung oleh Ketua DPW PPNI Sumatera Selatan, sementara narasumber yang menyampaikan materi, diantaranya : Masfuri, S.Kp., MN., Pramita Iriana, SKp.,M.Biomed., dan Miciko Umeda, S.Kp., M.Biomed.

Setelah acara pembukaan seminar di hari yang sama, Ketua DPW PPNI Sumsel melanjutkan membuka acara Bakti Perawat di Panti Sosial rehabilatasi, pengemis dan gelandangan serta orang terlantar di Kenti, Palembang.

Pada saat kunjungan di PRGOT, Pengurus PPNI dan perawat diterima oleh Kasie Pelayanan RP Disabilitas Dra, Yusni Hayani, S.Psi bersama Staf Tenaga Kerja Sosial dan penghuni panti, ada sekitar 60 orang.

Rangkaian kegiatan HUT PPNI telah berjalan baik dibawah koordinasi Kherul Penjalang, SH.,M.Si selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Sedangkan penanggung jawab untuk Bakti Perawat (9/3/2019) dan Penyuluhan Kesehatan mengenai “Nafza” di UIN Raden Fatah Palembang (4/3/2019) dipercayakan kepada H. Sumpena, S.Kep.,Ners., MSi.  (IM)

 

Sumber : DPW PPNI Sumatera Selatan

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: