Pengurus Pusat HPHI Resmi Dilantik, Himpunan Perawat Termuda Di PPNI

PPNI Jeneponto Siaga Posko Kesehatan Bagi Korban Banjir
30 Januari 2019
DPD PPNI Batang Peduli Korban Banjir & Akan Berlanjut
31 Januari 2019
Show all

Pengurus Pusat HPHI Resmi Dilantik, Himpunan Perawat Termuda Di PPNI

Wartaperawat.com – Himpunan maupun Ikatan perawat yang berada dibawah kepengurusan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) semakin bertambah seiring dengan waktu dan keilmuan keperawatan yang berkembang.

Untuk sementara yang terakhir, telah lahir Himpunan Perawat Holistik Indonesia (HPHI) yang bergerak di bidang Keperawatan Komplementer & Alternatif.

Dengan ditandainya Pelantikan Pengurus Pusat Himpunan Perawat Holistik Indonesia melalui Rapat Kerja pertama yang dilaksanakan dengan sukses di Hotel Grasia Semarang 26-27 Januari 2019.

HPHI yang merupakan paling muda dari seluruh himpunan/ikatan dibawah PPNI ini lahir pada tanggal 20 Oktober 2018 di Denpasar, Bali.

HPHI adalah wadah bagi perawat yang berkecimpung di dunia keperawatan komplementer dan alternatif. Himpunan ini menjawab perkembangan dan tantangan keilmuan keperawatan yang telah diamanahkan di UU keperawatan Nomor 38 Tahun 2014 pasal 30 ayat 2 huruf m.

Saat ini HPHI telah menyelesaikan rapat program kerja untuk 5 tahun ke depan dan membuat PoA tahun 2019, serta menyelesaikan 4 dari 15 kurikulum kompetensi yakni tentang bahan alam/natural product, cupping intervention, hipnonursing, dan acupoint.

“Perawat dalam menjalankan tugas sebagai pemberi Asuhan Keperawatan di bidang upaya kesehatan masyarakat, dimana perawat berwenang melakukan penatalaksanaan Keperawatan komplementer dan alternatif,” ujar ketua Pengurus Pusat HPHI Mardiyono, BNS., MNS., PhD.

Lebih lanjut, Mardiyono menyampaikan bahwa walaupun himpunan ini paling muda, namun menjadi harapan bagi teman sejawat dan semoga program kerja yang telah disusun mampu memfasilitasi dan mendukung para perawat melakukan praktek mandiri.

Pada akhirnya, seluruh pengurus dari himpunan yang mempunyai tagline salam Body Mind Soul (BOMS) mengharapkan segera diikuti oleh perawat-perawat di daerah untuk mendukung dan membentuk kepengurusan di tingkat provinsi.

 

Sumber : Ketua DPP PPHI

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: