Pengurus PPNI Kota Bekasi & DPK PPNI Se Kota Bekasi Resmi Dilantik

PPNI & Perawat Berduka, Atas Meninggalnya Sanco Irianto Abdullah
28 Februari 2020
HIMPONI Sukses Gelar Pelatihan Manajemen Pasien Kanker Dengan Kemoterapi
2 Maret 2020
Show all

Pengurus PPNI Kota Bekasi & DPK PPNI Se Kota Bekasi Resmi Dilantik

Wartaperawat.com – Upaya penguatan organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional (PPNI) pada setiap level kepengurusan terus dilakukan demi mewujudkan dan menjalankan roda organisasi sesuai dengan AD/ART yang berlaku.

Disamping itu, kebutuhan dan layanan bagi para anggota perawat menjadi prioritas bagi pengurus untuk mengoptimalkan fungsi dan perannya serta aktif menginformasikan hal-hal terbaru dalam proses pelayanan berbasis teknologi yang semakin berkembang.

Sejalan dengan ketentuan yang berlaku dan menerapkan proses edukasi, maka Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Kota Bekasi menggelar Pelantikan Pengurus DPD dan DPK se Kota Bekasi Periode 2019-2024, serta Seminar Manajemen Keuangan Terintegrasi BNI Direct & Refreshing PKB Online.

“Hari ini pelantikan DPD PPNI Kota Bekasi periode 2019-2024 yang telah disepakati oleh Tim formatur. Sebelumnya hasil Musda V bulan Desember 2019 lalu, saya sudah terpilih dan kembali dipercaya teman-teman untuk menakhodai DPD PPNI Kota Bekasi,” ungkap Mulyono, S.Kep.,Ners di Aula RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (29/2/2020).

“Sekaligus hari ini dilakukan pula pelantikan DPK PPNI se Kota Bekasi, ada 15 DPK, yaitu 13 DPK adalah pergantian pengurus karena memang masa kepengurusannya sudah habis, dan yang 2 adalah DPK baru yaitu DPK STIKes Abdi Nusantara dan DPK RS. Awal Bros Bekasi Utara,” lanjutnya.

Mulyono berharap dari 7 wakil bidang pada roda organisasi profesi DPD PPNI Kota Bekasi dapat berjalan baik sesuai dengan porsi dan tanggung jawabnya sebagai pelaksana programnya. Secara garis besar masing-masing dari bidang organisasi hingga kesejahteraan sudah disampaikannya, untuk segera dirumuskan dan dijalankan programnya.

“Jika sampai akhir tahun seandainya tidak berjalan, kan tinggal ditegur saja, karena programnya dibuat sendiri, maka silahkan dijalankan sendiri, lalu kami dari pengurus akan mengevaluasinya,” sebut Mulyono.

Ketua DPP PPNI Kota Bekasi ini menginginkan kepada pengurus yang telah dilantik, agar program kerja PPNI berjalan, mulai dari kebijakan DPP, DPW, DPD sampai DPK itu supaya programnya berkesinambungan. Jadi jalan roda organisasi profesi ini searah satu gerbong yang sama PPNI yaitu untuk membangun profesi.

Menurutnya, pengurus PPNI Kota Bekasi yang terbentuk saat ini bahwa dicermatinya berasal dari beberapa generasi, mulai dari generasi hasil Musda sebelumnya hingga Musda ke V (terakhir), dari istilah kata, keberadaan pengurusnya dari generasi kolonial sampai milenial.

“Jadi kami akan coba membangun regenerasi demi estafet kepemimpinan, supaya roda organisasi profesi ini terus berjalan dan berkesinambungan, agar nantinya ada generasi-generasi mendatang yang akan melanjutkan serta mudah-mudahan akan lebih baik lagi,” harapnya.

Sehubungan dengan kegiatan pelantikan disertakan kegiatan ilmiah, Mulyono mengungkapkan alasannya, yang pertama, bahwa prosesi pelantikan ini disaksikan oleh lebih banyak orang dan memberi salah satu edukasi kepada anggota.

Dijelaskan pula, hal ini menimbulkan semangat bahwa organisasi profesi PPNI adanya satu prosesi- prosesi yang harus dilalui dan itu ditunjukkan kepada anggota, agar paham bahwa dari mulai DPP PPNI sampai DPK itu merupakan struktur organisasi yang perlu diketahui dan dipahami. Tentunya di dalam menjalankan tugas pun ada rangkaian semacam urutan-urutan apabila mengerjakan sesuatu.

Kedua, dikatakannya, supaya seluruh pengurus dan anggota terpapar dengan hal-hal baru yang terkait pelayanan online, seperti contoh PKB online, selain terpapar juga paham untuk menjamin legalitas dalam menjalankan praktik dirinya masing-masing. Jika hingga hari ini masih belum paham, tentu akan berpengaruh terhadap legalitas praktiknya.

Diutarakannya, bahwa masih ada juga dirinya mendapatkan anggota perawat yang belum mengetahui sistem pelayanan online dalam pengurusan STR, sehingga hal itu yang menjadi tugas pengurus untuk menyampaikan hal terkait dan hal lainnya.

“Kendala kami adalah perawat-perawat klinik yang sedikit jumlah perawatnya, itu kan memang masih belum terjangkau update informasi. Rencananya tahun ini kami membentuk Tim untuk mengatasinya, sehingga perawat tersebut nantinya ada media informasi yang tersampaikan, itu salah satu bentuk tanggung jawab kami,” sebut Mulyono.

“Mudah-mudahan, saya dan pengurus yang dilantik akan menjadikan kebersamaan kami menjadi sumber kekuatan untuk tetap bersemangat membangun profesi. Selain itu, saya bangga dalam kegiatan hari ini dihadiri langsung Ketua DPW Jawa Barat dan pejabat-pejabat DPW lainnya, yang sebelumnya jarang terjadi,” tutupnya.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan ketua panitia Hari Pramono, AMK dan dilanjutkan dengan prosesi pelantikan Pengurus DPD PPNI Kota Bekasi yang dilantik oleh Ketua DPD PPNI Kota Bekasi Mulyono, S.Kep.,Ns.

Pada prosesi pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Ketua DPW PPNI Jawa Barat Wawan Hernawan, S.Kp.,M.Kep.

Kemudian dilanjutkan dengan proses pelantikan bagi Pengurus (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) DPK PPNI se Kota Bekasi untuk periode tahun 2019-2024.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan seminar yang dibuka secara resmi oleh Ketua DPW PPNI Jawa Barat sekaligus menyampaikan materi PO, AD ART, Aspek Legal Praktek Perawat.

Pembicara selanjutnya Ria E Sitorus, S.Kp.,M.Kep.,Sp.KMB (Diklat DPW PPNI Jawa Barat) dengan materi Pemenuhan SKP Sesuai PKB PPNI.

Untuk materi Alur PKB dan STR Online disampaikan oleh Singgih Pambudi, S.Kep.,Ners.,M.Kep (Verifikator SKP dan STR Online/Infokom DPW PPNI Jawa Barat).

Sementara Dr. Budiman, S.Pd.,SKM.,S.Kep.,Ns.,M.Kes.,MH.Kes (Bendahara DPW PPNI Jawa Barat) menyampaikan materi Manajemen Keuangan Terintegrasi BNI Direct.

Pada kesempatan ini pula peserta seminar mendapatkan informasi langsung berkaitan pelayanan Bank BNI kepada PPNI, dengan kehadiran Tim BNI dari Kota Bekasi.

Kesuksesan rangkaian kegiatan ini berkat dukungan dan kerjasama dari pengurus DPD Kota Bekasi termasuk keterlibatan STIKes Medistra.  (IM)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: