Pemeriksaan Rapid Test Gratis Bagi Perawat DKI Jakarta : Sangat Baik & Bermanfaat

Calon Penumpang Di Bandara Soekarno-Hatta Sudah Tertib & Kondusif
18 Mei 2020
PPNI Tangsel Bekerja Sama Melakukan Rapid Test Di Polsek Pamulang
20 Mei 2020
Show all

Pemeriksaan Rapid Test Gratis Bagi Perawat DKI Jakarta : Sangat Baik & Bermanfaat

Wartaperawat.com – Setelah Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI) membentuk Tim Penanganan Covid-19 di tingkat DPP dan diikuti pula pada tingkatan DPW maupun DPD PPNI di Indonesia, berbagai kegiatan telah dilakukan dalam rangka memberikan perlindungan dan keselamatan bagi anggota perawat.

Melalui jalinan kerja sama, DPW PPNI DKI Jakarta bersama Homecare 24 telah menyelenggarakan pemeriksaan Rapid Test Covid-19 gratis untuk Perawat DKI Jakarta.

Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Jajang Rahmat selaku Ketua DPW PPNI DKI Jakarta di Gedung Arafah Rumah Sakit Haji Jakarta, Kamis (14/5/2020).

“Ini adalah kegiatan pemeriksaan Rapid Test Covid-19 gratis bagi perawat di wilayah DKI Jakarta yang diselenggarakan oleh DPW PPNI DKI Jakarta bekerja sama dengan Homecare 24,” ungkap Muzamil disela-sela kegiatan di RS Haji Jakarta, Kamis (14/5).

Ketua Panitia Penyelenggara ini menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah untuk memeriksa kondisi dari perawat DKI Jakarta, apakah mereka terpapar dengan Covid 19 atau tidak, sehingga dengan pemeriksaan Rapid Test ini mengetahui apakah mereka reaktif atau tidak terhadap Covid-19.

“Tujuannya adalah tentu untuk mengetahui apakah mereka (perawat) selama memberikan pelayanan di RS, mereka terpapar atau tidak dengan Covid-19 ini. Misalkan mereka ada yang terpapar, maka akan dilakukan rujukan melakukan pemeriksaan PCR Swab hidung dan tenggorokan untuk mengetahui apakah memang mereka positif terhadap Covid 19 ini,” ujar Muzamil.

“Dan rujukan ini nantinya akan disampaikan oleh Homecare 24 ke Puskesmas terdekat sebagai bagian dari integrasi dengan Dinas Kesehatan yang ada di wilayah masing-masing,” lanjutnya, yang merupakan Pengurus DPW PPNI DKI Jakarta dan juga Ketua DPD PPNI Jakarta Timur.

Dikatakannya, DPW PPNI DKI Jakarta tentunya sangat berterima kasih dan mengapresiasi sekali terhadap Homecare 24 yang memberikan dukungan dalam pemeriksaan Rapid Test Covid 19 ini melalui alat Rapid Testnya yang sangat luar biasa bagi perawat di DKI Jakarta.

“Targetnya adalah sesuai dengan yang disampaikan Homecare 24 yaitu 400, 200 di Akper Sumber Waras Jakarta, kemarin, Rabu (13/5/2020). Sekarang ini targetnya 200, dari kemarin telah terdaftar mencapai 185 perawat yang sudah teregistrasi dan sekarang masih berjalan. Perawat sebagian sudah datang dan masih menunggu kehadirannya pada kesempatan ini,” terang Muzamil.

Dalam kesempatan yang sama, perawat yang turut menjalani Rapid Test ini menyampaikan apresiasi atas upaya yang dilakukan PPNI terhadap anggotanya di masa pandemi Covid-19.

“Menurut saya, ini sangat baik sekali karena pemeriksaan Rapid Test ini merupakan penapisan awal untuk diketahuinya bahwa ada atau tidaknya wabah Covid-19,” ucap Karsini Sardi, usai menjalani pemeriksaan.

Menurutnya, langkah DPW PPNI DKI Jakarta ini sangat baik dan bermanfaat terutama buat perawat yang berada di garda terdepan, karena dengan mengetahui hasil dari Rapid Test ini negatif atau positif, hal ini dapat menentukan langkah kedepannya seperti apa yang harus dilakukan.

“Tentunya PPNI sangat mensupport hal yang baik ini, sangat bermanfaat buat kami dan kami sangat berterima kasih buat DPW PPNI DKI Jakarta bersama timnya atas terselenggaranya acara ini. Mudah-mudahan kegiatan ini terus berlanjut dan manfaatnya dapat dirasakan anggota. Sukses, Jaya selalu… untuk PPNI,” pungkas perawat yang bekerja di RS Brawijaya, Duren Tiga, Jakarta Selatan ini. (IM)

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: