Musda II PPNI Tapsel Digelar, PPNI Ajak Bupati Programkan Perawat Desa

Abdurrahman Mintak Walikota Langsa, Jadikan Pengalaman & Pembelajaran Berharga
20 April 2018
Perawat ini Jadi Caleg, Menurutnya Nasib Perawat Terabaikan
22 April 2018
Show all

Musda II PPNI Tapsel Digelar, PPNI Ajak Bupati Programkan Perawat Desa

Wartaperawat.com – Musyawarah Daerah (MUSDA) ke II PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia) Kabupaten Tapanuli Selatan digelar di Aula Stikes Aufa Royhan Padang Sidempuan, Tapsel, Sumatera Utara, 21-22 April 2018.

Acara ini dibuka oleh Asisten III bidang Administrasi & Umum Drs.H. Marasaud Harahap mewakili Bupati Kab. Tapsel yang merupakan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tapsel.

Saat menyampaikan sambutannya, Marasaud Harahap mengharapkan agar kegiatan Musda ini berjalan dengan sukses dan menghasilkan ketua terpilih yang dapat mengayomi anggota untuk lebih baik dan melayani penuh ikhlas. Sesuai dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi yang pesat, saat ini lahir juga peraturan perundang-undangan, regulasi dan kebijakan yang mengatur tentang praktik keperawatan.

Menurut Marasaud, Perawat adalah profesi yang sangat mulia, tidak semua mampu jadi perawat, karena perawat melayani sehat dan sakit baik di fasilitas pelayanan kesehatan dan ditengah-tengah masyarakat. Katanya lagi, perawat merupakan figur seorang ibu ataupun figur orang tua yang dapat memberikan pelayanan terbaik, dapat merasakan penderitaan orang sakit, rela berkorban sepenuh hati dan empati serta selalu sabar dalam melayani pasien tanpa membedakan suku, agama, jenis kelamin atau pertalian persaudaraan.

Dalam acara pembukaan Musda ini turut hadir mahasiswa keperawatan Stikes Aufa Royhan dan Akper Syuhada Padang Sidempuan, Dia pula berharap, agar benar-benar menjalani pendidikan secara baik untuk mampu bersaing dengan banyaknya alumni keperawatan di Sumut agar exis dan berdaya guna dengan meningkatkan SQ dan IQ yang baik.

Selain itu, Dia juga berharap kepada seluruh perawat yang ASN dan Honorer agar bekerja lebih baik lagi dengan mengedepankan aspek legal praktik keperawatan untuk meningkatkan layanan kesehatan di Tapsel. Saat ini pula, katanya RSUD Sipirok sedang akreditasi dan diharapkan 10 puskesmas akan menjalani akreditasi di tahun ini, yang sebelumnya sudah ada 2 puskesmas sudah terakreditasi.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD PPNI Tapsel H. Hotmatua Rambe S.Sos.M.Kes menyampaikan agar seluruh perawat menjadi anggota PPNI karena sangat dibutuhkan untuk persyaratan akreditasi RS dan Puskesmas, harus terdaftar sesuai organisasi profesinya. Begitu juga untuk mendapatkan rekomendasi perpanjangan STR Perawat dari DPW PPNI Sumatera Utara, yang sesuai dengan peraturan organisasi di PPNI. Selanjutnya Hotmatua mengatakan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khusus nya di desa, Dia berharap agar Bupati melakukan terobosan dengan mengangkat 1 perawat untuk 1 desa yang dapat didanai dengan dana desa yang saat ini sangat besar.

Ketua DPW PPNI Sumut, Mahsur Al Hazkiyani, S.Kep.Ners dalam sambutanya, menyampaikan bahwa minggu yang lalu pada 13-15 April 2018 PPNI baru saja melaksanakan Rakernas II di Pekanbaru, Riau. Acara tersebut dihadiri Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Desa, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan sebagai pemateri, Dalam penyampaiannya di Rakernas tersebut, dikatakan bahwa dana desa dapat digunakan untuk membangun fasilitas kesehatan, pengadaan alat kesehatan dan membayar jasa perawat desa, karena perawat sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan.

Dengan memperhatikan hal tersebut, Mahsur berpendapat bahwa PPNI sangat berharap kepada Bupati Tapsel agar memfasilitasi dan menyiapkan program perawat desa yang dimaksud untuk meningkatkan kesehatan masyarakat desa, memberikan penyuluhan kesehatan agar tidak ada lagi masalah gizi buruk, masih tingginya kasus stunting, yang menjadi masalah nasional dan tentunya untuk meningkatkan SDM masyarakat di desa. Menurutnya, perawatlah dapat menjalankan tugas dan kewenangannya dalam perawatan kesehatan di masyarakat dan komunitas.

Harapnya pula, Semoga Musda dan seminar keperawatan ini berjalan sukses dan lancar, sesuai AD/ART PPNI dan peraturan organisasi PPNI dengan fair play dan terbuka untuk seluruh anggota yang memenuhi persyaratan dan punya niat untuk memajukan organisasi dengan meluangkan waktu, pikiran dan penuh sabar dalam menjalankan roda organisasi. (IM)

 

Sumber : DPW PPNI Sumatera Utara

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: