Mantap! Anies Resmikan RSUD Cipayung, Kehadirannya Beri Manfaat…

Antusiasnya Perawat Dalam & Luar Negeri Terhadap Korban Bencana Di Lombok
18 Agustus 2018
Wujud Solidaritas & Persaudaraan, Relawan Perawat PPNI Gelombang 5 Lanjutkan Tugas Mulia
20 Agustus 2018
Show all

Mantap! Anies Resmikan RSUD Cipayung, Kehadirannya Beri Manfaat…

Wartaperawat.com – Komitmen pemerintah daerah DKI Jakarta untuk memfasilitasi layanan kesehatan berupa rumah sakit tipe D di setiap kecamatan terus diprogramkan dan dikembangkan. Dengan adanya layanan kesehatan yang bermutu baik diharapkan dapat melayani warga dengan sebaik-baiknya.

Untuk itulah gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan penggunaannya RSUD Cipayung sekaligus RSUD Kebayoran Lama di halaman RSUD Cipayung, Jalan Mini I Kel. Bambu Apus Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (15/8/2018).

Dikesempatan sambutannya, Anies mengapresiasi bentuk bangunan fisik rumah sakit yang dinilainya  bagus, sekaligus Ia mengharapkan pelayanan di rumah sakit ini nantinya terus ditingkatkan seiring dengan adanya dukungan fasilitas yang ada.

“Jadi ukuran dari kinerja pelayanan kita, itu tidak dilihat dari wujud fisiknya, tidak dilihat dari jumlah tempat tidurnya saja. Itu penting harus ada. Namun yang tidak kalah penting adalah pelayanannya. Dan itu kuncinya ada pada manusianya, ada pada orangnya,” ungkap Anies.

Ia mengapresiasi terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam pembangunan RSUD Kelas D Cipayung dan RSUD Kebayoran Lama. Disamping itu juga, Anies berharap agar fasilitas di kedua Rumah Sakit tersebut dapat dijaga dengan baik setelah dibangun.

“Setelah peresmian ini, saya berharap kepada para pengelola, tolong fasilitas ini dijaga baik-baik. Kita di Indonesia sudah terbukti membuat karya baru, kita hebat. Merawat karya baru, nah itu masalah. Karena itu saya ingin disini dibuktikan,” harapnya.

Selain itu, Ia mengajak pemerintah tingkat kecamatan dan warga setempat  untuk tetap melakukan perilaku gerakan hidup sehat serta terus memberikan layanan kesehatan yang baik sehingga warga Jakarta merasa nyaman dan beruntung bila menjadi warga Jakarta.

“Tolong masyarakat disini dilayani dengan hati, memang tidak semudah dengan apa yang dikatakan. Selain itu, perlunya masyarakat melakukan gerakan hidup sehat,” imbuh Anies.

Setelah menyatakan RS tersebut resmi dibuka, Anies menyaksikan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Direktur Keuangan Bank DKI Sigit Prastowo dengan Plt Direktur RSUD Cipayung Nikensari Koesrinda yang disaksikan pula oleh Plt Dinas Kesehatan DKI Jakarta Khofifah Any.

Selanjutnya, Anies menandatangani batu prasasti RSUD Cipayung dan RSUD Kebayoran Lama. Setelah itu, Anies langsung melihat sarana fasilitas yang tersedia RSUD Cipayung bersama para undangan lainnya.

Usai acara peresmian, Plt Direktur RSUD Cipayung memberikan keterangan berkaitan dengan sarana yang tersedia dan peranannya sebagai pejabat untuk melakukan pendekatan kepada warga dengan melalui kegiatan bakti sosial sebelum acara peresmian.

“Kalau saya sebagai karyawan yang ditugaskan oleh pimpinan untuk menyiapkan operasional dan mengawalnya, itu sudah saya sampaikan ke warga saat acara bakti sosial, Senin (6/8/2018) lalu. Tentunya kami terangkan kehadiran RS ini untuk memberikan manfaat,” jelas Nikensari Koesrinda.

Ia pun beranggapan, jika kehadiran RS ini kemungkinan ada yang pro dan kontra atas keberadaannya ataupun adanya masalah ketidakpuasan, semua itu telah dibicarakan sebelumnya dengan pihak tertentu dengan timnya maupun dengan pembuat kebijakan.

“Dalam hal ini camat Cipayung (Iin Mutmainah) dan kepala kelurahan disini telah mengajak pihak RSUD ini untuk melakukan pendekatan kepada warga disekitarnya untuk menjelaskan kehadiran RS ini benar-benar memberikan manfaat dalam hal pelayan kesehatan. Kami juga sudah meminta pertolongan kepada pemda, untuk dibantu advokasi jika nantinya ada permasalahan yang tidak dapat diselesaikan,” terangnya.

RS tipe D yang diresmikan dilengkapi dengan fasilitas rawat inap sebanyak 45 kamar, HCU, Isolasi, Ruang Persalinan, Ruang Operasi, Bedah Umum, Poliklinik spesialis penyakit dalam, Anak, Persalinan dan Kandungan serta IGD.

Bangunan RSUD Kelas D Cipayung memiliki luas tanah 7.093 meter persegi dan luas bangunan 4.334 meter persegi. Sementara RSUD Kebayoran Lama memiliki luas lahan 2.462 meter persegi dan luas bangunan bangunan 4.327 meter persegi. (IM)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: