Launching Praktik Berkelompok ICHC Diresmikan Ketua DPW PPNI SulSel

Eratkan Silaturahmi, DPP PPNI Adakan Buka Puasa Bersama
25 Mei 2018
Nasibnya Belum Jelas, Forum PTT Pensus DTPK, Akan Kepung Istana Presiden
27 Mei 2018
Show all

Launching Praktik Berkelompok ICHC Diresmikan Ketua DPW PPNI SulSel

Wartaperawat.com – Upaya terus dilakukan dalam mendukung program praktik perawat mandiri. Berbagai usaha dan upaya telah dilakukan program tersebut dengan cara perseorangan atau berkelompok. Dukungan dari organisasi profesi yang menaunginya perlu dilakukan untuk memberikan motivasi bagi perawat yang lainnya agar terinspirasi  untuk mengikuti hal yang positif ini.

Untuk memberikan dukungan dan kepedulian telah diperlihatkan oleh Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Sulawesi Selatan saat meresmikan Launching Praktik Berkelompok Isam Cahaya Holistic Care (ICHC), bersamaan dengan berbuka puasa bersama di hari ke 9 bulan ramadhan 1439 H atau Juma’t (25/5/2018).

Launching ICHC langsung diresmikan oleh Ketua DPW PPNI Sulawesi Selatan Ns. Abdul Rakhmat, S.Kep. M.Kes menjelang berbuka puasa bersama.

Dalam sambutannya, Abdul Rakhmat mengucapkan selamat kepada Manajemen ICHC. Ia katakan bahwa praktik berkelompok ini adalah contoh sekaligus role model praktik perawat sebagai bentuk eksistensi profesionalisme profesi keperawatan. Ia pun berharap banyak teman sejawat dapat berkiprah dan membuka praktik mandiri ataupun berkelompok tentunya sesuai aturan dan perundangan-undangan yang berlaku.

Acara ini di hadiri kurang Lebih 200an orang yang datang berbagai elemen, diantaranya tokoh masyarakat, Pengurus PPNI, Badan Kelengkapan PPNI, keluarga dan teman sejawat tenaga kesehatan lain yang juga turut memberikan Support.

Praktik berkelompok sesuai amanah UU Kep. No. 38 Tahun 2014, bahwa perawat dalam menjalankan praktik bisa mandiri dan bisa berkelompok. DPD PPNI juga sudah mengeluarkan pedoman praktik mandiri keperawatan, dengan dasar inilah Ns. Syaiful, S.Kep. Ns.WOC(ET)N menginisiasi praktik berkelompok ini dengan mengajak sejawat lain untuk berpraktik bersama (berkelompok).

Pada kesempatan ini, bersamaan dengan dilantiknya Direktur Isam Cahaya Holistic Care Ns. Mardanil, sebagai manajemen Isam Cahaya Holistic Care, untuk membantu dalam operasional praktik berkelompok tersebut. Manajemen berharap dapat memberikan yang terbaik dan memberikan banyak manfaat untuk profesi perawat dan masyarakat pada umumnya dan khususnya masyarakat kota Makassar serta membantu program pemerintah dengan program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Dengan kehadiran praktik berkelompok Isam Cahaya Holistic Care dalam layanannya, memberikan asuhan keperawatan pada perawatan bedah, seperti Perawatan Luka, Stoma dan Kontinensia, Perawatan Anak Baby SPA & Baby Swim, Perawatan Komplementer (Bekam, akkupresure), Perawatan Kulit Wajah (Skin Care).

Layanan asuhan keperawatan ini adalah layanan unggulan ICHC, karena perawat yang Ikut berpraktik memang sudah memiliki kompetensi dan keahlian khusus melalui pelatihan pelatihan kompetensi yang sudah tersertifikasi badan dunia dan Kemenkes.

Keberadaan ICHC dapat membuka pintu lebar-lebar untuk teman sejawat yang mau bergabung berpraktik bersama karena Ilmu Keperawatan ini sangat luas dan Pendidikan Spesialis juga sudah ada seperti Perawatan Jiwa, Anak, Maternitas, Komunitas dan lainnya.

Melalui layanan seperti ini menunjukkan profesionalitas profesi keperawatan sehingga isu yang perlu diperjuangkan kedepan adalah paktik berkelompok ini bisa menjadi Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) sehingga masyarakat sangat terbantu dan dapat bersinergi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS).

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: