Ketua PPNI SulSel Saat IND 2018 : Momentum Kebangkitan Perawat

Peringatan IND 2018 Di Kuwait, Dihadiri Ketum & Sekjen DPP PPNI
20 Mei 2018
DPLN PPNI Qatar Peduli Pendidikan Kesehatan & Buka Puasa Bersama
21 Mei 2018
Show all

Ketua PPNI SulSel Saat IND 2018 : Momentum Kebangkitan Perawat

Wartaperawat.com – Memberikan kegiatan yang dapat menjadikan manfaat bagi anggota perawat perlu terus diupayakan. Melalui metode pemahaman yang benar dan terkini dapat menambah wawasan maupun kemampuan baru bagi perawat untuk memberikan pelayanan maksimal dalam asuhan keperawatan. Bentuk kegiatan dapat dipadukan dengan hari perawat sedunia atau International Nurses Day (IND) yang menjadi rutinitas dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 12 Mei.

Dalam rangkaian peringatan IND 2018, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) telah mengadakan acara Temu Ilmiah & Pelatihan Terintegrasi. Dengan melibatkan peserta dari pengurus dan anggota yang berasal dari 24 utusan Dewan Pengurus Daerah (DPD) se SulSel.

Berbagai permasalahan perawat yang perlu ada penyelelesaiannya dan penyajian materi yang dapat menginspirasi dan menambah kemampuan perawat itu sendiri dikemas dalam Temu Ilmiah & Pelatihan Terintegrasi dilaksanakan selama dua hari (12-13 Mei 2018) yang dilaksanakan di dua tempat.

Untuk acara TOT Fasilitator BHD dilaksanakan di Sekretariat DPW Hipgabi SulSel, sedangkan Pelatihan Pembacaan EKG oleh DPW Inkavin SulSel dan Pelatihan Basic Suturing Skill oleh DPW Hipgabi SulSel dilaksanakan di Aula Stikes Graha Edukasi Makassar.

Ketua DPW PPNI Sulsel, Ns. Abdul Rakhmat, S.Kep, M.Kes dalam sambutannya, bertepatan memperingati hari perawat sedunia ini, mengatakan PPNI dapat memberikan konstribusi nyata dalam peningkatan kualitas pelayanan kesehatan sesuai dengan tema IND 2018 “Nurse : A Voice to Lead, Health is Human Right. Dengan anggota PPNI yang jumlah proporsi tenaga kesehatan yang paling banyak akan sangat menentukan kualitas pelayanan. Melalui semangat IND 2018, Ia berharap menjadi momentum kebangkitan perawat di seluruh belahan dunia umumnya dan di Indonesia pada khususnya.

Pada acara temu Ilmiah ini membahas masalah Penyelesaian Sengketa Etik Keperawatan, yang disampaikan oleh Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp, M.Kes sebagai Dewan Etik DPW PPNI Sulsel dan materi Sosialisasi Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan (PKB) Edisi 3 disampaikan oleh H. Ismail, S.Kep.Ns, M.Kes sekaligus Sekretaris DPW PPNI SulSel.

Dikesempatan ini pula, terjadinya moment bersejarah dengan dilakukannya Penandatanganan MOU DPW PPNI dengan EO/Lembaga Se Sulawesi Selatan, sebagai wujud komitmen memberikan pendidikan edukasi yang berkualitas di Sulawesi Selatan.

Sementara itu, ketua Panitia dan juga Pengurus Divisi Diklat DPW PPNI Sulsel, Ns. Syaiful, S.Kep, M.Kep. WOC(ET)N mengungkapkan dan berharap kepada peserta pelatihan ini, agar nantinya mampu menjadi fasilitator dan mengembangkan di DPD masing-masing sebagai upaya peningkatan keterampilan yang terupdate bagi perawat se SulSel, sehingga kedepannya  perawat SulSel akan unggul dan profesional untuk mencapai visi misi organisasi yakni di cintai anggota, disayangi pemerintah dan disegani oleh profesi lain. Kegiatan ini akan terus berlanjut berkat dukungan Badan Kelengkapan PPNI.

Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini untuk menambah kemampuan yang dimiliki sebelumnya dan dapat mengimplementasikannya. (IM)

 

Sumber : DPW PPNI Sulsel

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: