Peringatan IND 2018 Di Kuwait, Dihadiri Ketum & Sekjen DPP PPNI

PPNI Sumut Desak PT. TDM Untuk Perjuangkan Hak Perawat Terkena PHK
19 Mei 2018
Ketua PPNI SulSel Saat IND 2018 : Momentum Kebangkitan Perawat
21 Mei 2018
Show all

Peringatan IND 2018 Di Kuwait, Dihadiri Ketum & Sekjen DPP PPNI

Wartaperawat.com – Semarak Peringatan hari perawat sedunia atau International Nurses Day (IND) dilaksanakan dengan berbagai cara. Peringatannya biasa diperingati setiap tanggal 12 Mei setiap tahunnya. Pengurus dan anggota perawat yang ada di Indonesia maupun di luar negeri setiap tahun merayakan hari perawat sedunia.

Untuk itu Dewan Pengurus Luar Negeri (DPLN) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kuwait, yang merupakan salah satu wadah organisasi perawat di negara Kuwait. Pada peringatan IND 2018 di negara Kuwait kali ini, Ketua DPP PPNI Harif Fadhillah, S.Kp., S.H., M.Kep dan DR. Mustikasari, S.Kp., MARS selaku Sekjen DPP PPNI melakukan rangkaian kunjungan dan kegiatan di negara tersebut.

Kedatangan Pengurus DPP PPNI di Sheikh Saad Airport pada 12 Mei 2018 disambut hangat oleh Ketua PPNI Kuwait Rana Purnama Lahardi, S.Kep dan pengurus lainnya termasuk Fahmi perwakilan KBRI Kuwait. Dimana sebelumnya Pengurus DPP PPNI telah melantik Pengurus DPLN PPNI Perwakilan UAE.

Pada kunjungan ke negara Kuwait ini, Pengurus DPP PPNI meninjau ke beberapa RS yang berada di Sabah Region diantaranya Ibnu Sina Hospital, An-Nafisi Hospital, KCCC, Sabah Medical, Surgical dan Pediatrik Hospital, Psychiatric Hospital, Chest Hospital, TB Center, dan Sabah Ahmad Urology Center. Selain mengunjungi beberapa RS yang berada di Sabah Region, rombongan juga diajak untuk mengunjungi Kuwait Tower yang merupakan icon negara Kuwait dan mencicipi kuliner serta mencoba menggunakan kostum tradisional Kuwait.

Dalam rangkain kunjungan, Pengurus DPP PPNI berkesempatan pula berkunjung ke Kedutaan Besar Indonesia Kuwait yang berada di daerah Daiya. Kegiatan yang dipandu oleh Masitoh, BSN dan Halilah, AMK sebagai MC diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia Adi Sasmita, AMK yang melaporkan tentang Persiapan Perayaan Hari Perawat Sedunia ini.

Dilanjutkan dengan seminar yang di bagi dalam dua sesi. Sesi 1 Seminar, Workshop dan Training tentang Capacity Building dan Managemen Organisasi yang diikuti oleh para pengurus DPLN PPNI Kuwait yang di bawakan oleh DR. Mustikasari, S.Kp., MARS dan Moderator Ns. Mochamad Robby Fajar Cahya, S.Kep., MSN. Dalam pemaparannya, Sekjen DPP PPNI mampu membius para pengurus untuk larut dan berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan antusias. Materi yang di berikan bertujuan untuk menumbuhkan nilai persatuan tanggung jawab serta kekompakan, yang disampaikan disertai dengan game-game yang sangat menarik pula.

Pada sesi kedua, Seminar disampaikan oleh Harif Fadhillah, S.Kp., SH., M.Kep dengan moderator Suhardi Mansur, BSN dengan membawakan tema “Pembentukan Praktek Keperawatan Mandiri di Indonesia”. Lebih dari 100 peserta memenuhi Aula KBRI Kuwait.

Kegiatan seminar dengan tema yang sangat menarik tersebut, mengundang pertanyaan yang sifatnya kongkrit berupa praktik keperawatan mandiri yang  bisa jadi persiapan di tanah air setelah resign, dan tak kalah menarik juga issue terkait STR (surat tanda registrasi)pun turut diangkat. Beberapa pertanyaan disampaikan oleh peserta, diantaranya Suli Hamdhani yang merupakan perawat senior yang telah bekerja lebih dari 25 tahun dan akan segera meninggalkan Kuwait dikarenakan resign.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Duta Besar RI, Tatang Budi Utama Razak dalam sambutannya, Beliau  menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para perawat Indonesia di Kuwait, karena selain merupakan garda terdepan untuk melaporkan kondisi kesehatan warga Indonesa di Kuwait, Perawat Indonesia juga berperan aktif di beberapa organisasi kemasyarakatan yang ada di Kuwait diantaranya menjadi Panitia Persiapan Pemilihan Umum.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga diberikan beberapa penghargaan untuk beberapa perawat Indonesia dengan beberapa kategori diantaranya :

  1. Suhardi Mansur, BSN, dengan kategori Pengurus PPNI Teraktif
  2. Mochamad Robby Fajar Cahya, S.Kep., MSN, dengan kategori Perawat teraktif mengikuti kegiatan Seminar dan Training
  3. Agung Setyadi, S.Kep., MSN, dengan kategori Perawat terbaik pada kegiatan akreditasi Sabah Hospital
  4. Anggun, BSN, dengan kategori Perawat terbaik Infectious Disease Hospital
  5. Saefullah Satiri, S.Kp, dengan kategori Perawat terbaik Medical Department Sabah Hospital
  6. Nono Suhartono, AMK dan Irwansyah, AMK dengan kategori Excellent Staff dalam akreditasi Sabah Al Ahmad Urology Center
  7. Suli Hamdani, dengan kategori Life Achievement 2018
  8. Dewi Sulistyowati, BSN dengan kategori Perawat terbaik Adan Hospital. 

Setelah rangkaian kunjungan kegiatan berakhir, Ketum dan Sekjen DPP PPNI kembali ke tanah air, diantar Ketua PPNI Kuwait dan beberapa pengurus di Bandara negara tersebut. Diharapkan kehadiran Pengurus DPP PPNI di acara Hari Perawat Sedunia tahun 2018 ini, adanya perubahan terhadap perawat dan Perawat Indonesia dapat terus berkiprah di kancah International, We PROUD BE COME NURSE, NURSE : A Voice to Lead : Health is Human Right. (IM)

 

Sumber : DPLN PPNI Kuwait

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: