DPLN PPNI Qatar Peduli Pendidikan Kesehatan & Buka Puasa Bersama

Ketua PPNI SulSel Saat IND 2018 : Momentum Kebangkitan Perawat
21 Mei 2018
DPLN PPNI Qatar Beraudiensi Dengan Kemenkes RI Bahas Kesejahteraan Perawat
22 Mei 2018
Show all

DPLN PPNI Qatar Peduli Pendidikan Kesehatan & Buka Puasa Bersama

Wartaperawat.com –  Dalam upaya meningkatkan mutu kesehatan dan mewujudkan rasa kepedulian ke sesama menjadi program kerja yang perlu mendapatkan dukungan. Keinginan untuk mendapat kualitas derajat kesehatan perlu mendapat perhatian bagi pemerintah maupun organisasi profesi kesehatan.

Untuk itulah Indonesian National Nurses Association Qatar (INNAQ) atau Dewan Pengurus Luar Negeri (DPLN) Persatuan Perawat nasional Indonesia Qatar menggelar acara kegiatan yang dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dibidang kesehatan. Pelaksanaan kegiatan ini menjadi rutin dilakukan ibu-ibu INNAQ  yang diadakan di KBRI Doha-Qatar, Jum’at (4/5/2018).

Kegiatan ini dikemas dalam bentuk ‘Konseling dan Pendidikan Kesehatan’ bagi rekan rekan pekerja migran, yang sedang berada di KBRI Doha. Kurang lebih 30 pekerja migran yang berada di KBRI dengan antusias melakukan konseling dan menerima layanan kesehatan sederhana dari team INNAQ.

Pada kegiatan ini turut hadir Yusuf, selaku atase tenaga kerja dan aktif dalam mensupport kegiatan kepedulian ini.

Kemampuan yang dimiliki tenaga kesehatan berusaha memberikan pelayanan kesehatan. Dengan kecekatan dan penuh empati, Ners Septa, Ika, Puji, Dessy, Yuyun dan Ibu Femi melayani para client-nya, yang dipandu oleh Ners. Sukartana (Ketua DPLN PPNI Qatar) dan Saefurrahman, sedangkan Dr. Kennia berkesempatan menyampaikan materi dengan tema ‘Peran Ibu dalam Kesehatan Keluarga.

Di saat sela-sela presentasi berlangsung, suasana digaduhkan oleh suara orang tercekik lehernya. Para peserta kegiatan terperanjat, bengong dan panik tentang apa yang terjadi. Anak anak turut terkaget-kaget dan lari kedekapan ibunya.

Dengan cekatan Ners. Sukartana, melakukan bantuan terhadap Saudara Arief, yang sedang tersedak oleh tutup botol air minum mineral yang diminumnya, dengan teknik ‘Back slap dan heimleich manuever’. Tepuk sorai dan tawa lepas terdengar memenuhi ruangan tengah KBRI, di tempat kegiatan berlangsung. Simulasi drama sederhana ini, cukup membantu pemahaman rekan rekan pekerja migran atas materi yang disampaikan.

Berakhirnya presentasi, diadakannya sesi tanya jawab dan kuis berhadiah. Para pekerja migran antusias dalam menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang disampaikan oleh Dr. Ken, begitu rekan-rekan INNAQ menyapa ibu Dokter, istri dari Ketua Permiqa, Prihandoko Saputro ini. Bagi yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar mendapatkan bingkisan dari para donatur.

Saat menjelang magrib, rangkaian kegiatan utama selesai, dilanjutkan dengan santap malam bersama yang telah disiapkan ibu-ibu INNAQ pun menjadi acara penutup kegiatan.

Kegiatan yang mendapatkan perhatian dan dirindukan bagi rekan-rekan KBRI berjalan dengan baik, berkat kerjasama yang dikoordinir oleh Ners. Hernawati dan Hesty.

Panitia pelaksana pun mengucapkan terima kasih kepada para Donatur dan anggota INNAQ yang telah menggunakan waktu akhir pekannya dalam sesi kegiatan INNAQ peduli ini.

 

Pada kesempatan yang berbeda, Keluarga DPLN PPNI Qatar Di Wakra mengadakan Buka Puasa Bersama, pada Jum’at (18/5/2018).

Marhaban ya Ramadhan… Dalam suasana di bulan Ramadhan, untuk meningkatkan silaturahmi dan rasa kebersamaan keluarga besar DPLN PPNI-Qatar, berkumpul bersama di kediaman Ners. Sukartana, dalam rangka kegiatan buka bersama di bulan Ramadhan 1439 H/2018 M.

Sekitar jam 16:30 waktu setempat, rekan rekan sudah berdatangan dengan membawa aneka menu buka puasa yang menggugah selera.

Rekan-rekan yang berasal dari wilayah Alkhor, Dukhan, Doha dan Mesaieed turut hadir dalam acara tahunan yang penuh dengan keakraban dan kekeluargaan.

Dikesempatan ini pula Ustadz. Muhammad Faqieh, menyampaikan untaian hikmah ramadhan dengan hikmatnya.

Semoga kegiatan kepedulian dan kebersamaan tersebut dapat meningkatkan rasa kekeluargaan maupun persaudaraan yang tinggi bagi masyarakat Indonesia yang jauh dari tanah air. (IM)

 

Sumber : DPLN PPNI Qatar.

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: