Ketua DPW PPNI Lampung Kunjungi Dampak Korban Tsunami

Wagub Banten Apresiasi Relawan PPNI Peduli Korban Gempa Tsunami
25 Desember 2018
Relawan PPNI Responsif Tangani Bencana & Jiwa Perawat Tak Terselamatkan
27 Desember 2018
Show all

Ketua DPW PPNI Lampung Kunjungi Dampak Korban Tsunami

Wartaperawat.com – Kepedulian terhadap dampak korban bencana tsunami yang terjadi di wilayah provinsi Banten dan Lampung pada hari Sabtu malam (22/12/2018) telah ditunjukkan oleh pengurus maupun anggota Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Melalui kerjasama tim relawan perawat dan tenaga kesehatan lainnya perlu disiagakan dalam menberikan pelayanan darurat agar dapat mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

Untuk itulah, Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI bersama DPW (wilayah) PPNI Provinsi Lampung telah berkoordinasi dalam upaya mengatasi penanganan korban bencana yang memerlukan bantuan pelayanan medis.

Dengan adanya kejadian musibah tersebut, Ketua DPW PPNI Lampung Dedi Aprizal dan Sekretaris Gustop Amatiria melakukan peninjauan di lokasi bencana.

Dari informasi yang ada, daerah yang terdampak tsunami terjadi di wilayah Kelurahan Kalianda, Desa Maja, Desa Canti, Desa Banding, Desa Rajabasa, Desa Sukaraja, Desa Way Muli Barat, Desa Way Muli Timur, Desa Kunjir dan Desa Toto Harjo (wilayah Kecamatan Kalianda dan Bakauheni).

Untuk lokasi yang terdampak parah, dialami Desa Way Muli Barat, Way Muli Timur dan Desa Kunjir, dikarenakan lokasinya berada di pinggiran pantai selat Sunda, dan merupakan daerah yang paling banyak jatuh korban. Selain itu, wilayah terdampak terjadi juga di pulau Sebesi dan Rakata yang berada di tengah selat.

Dampak bencana terjadi juga di luar wilayah Lampung Selatan yaitu di Kabupaten Pesawaran di Pulau Legundi.

Pada saat ini, semua daerah yang terkena dampak sudah dapat di akses sejak hari Senin (24/12/2018), dan mobilisasi sudah dapat berjalan.

Untuk mengetahui situasi para korban bencana, Selasa (25/12/2018), Ketua DPW PPNI Lampung Dedi Aprizal bersama pengurus DPW dan DPD PPNI lainnya mengunjungi lokasi kejadian sekaligus memberikan bantuan.

Di kesempatan kunjungannya, Dedi Aprizal yang juga Ketua DPRD Lampung ini melihat kondisi dampak korban tsunami di UGD RSUD Bob Bazard SKM Kalianda, Lampung Selatan.

Pada hari sebelumnya, Senin (24/12/2018), Sekretaris DPW PPNI Lampung Gustop Amatiria dan rombongan juga mengunjungi korban bencana sekaligus memberikan bantuan pula.

Melalui pesan tertulisnya, Rabu (26/12/2018), Rosalina selaku Ketua DPD PPNI Kabupaten Lampung Selatan mengatakan bahwa evakusi korban penanganan gawat darurat di tempat dan rujukan, di lakukan di UGD RSUD Bob Bazard ruang rawat kamar bedah dengan bantuan Hipkabi, Hipgabi, Poltekkes, DPW PPNI dan DPD PPNI Kabupaten/Kota lain.

Dikatakannya, kegiatan relawan PPNI diantaranya piket posko pengungsian, posko kesehatan mobile, memberikan bantuan logistik, obat-obatan dan bantuan uang.

Hingga saat ini, korban yang sudah membaik kondisinya, sudah dibawa pulang oleh pihak keluarganya. (IM)

 

Sumber : Ketua DPD PPNI Lampung Selatan

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: