Keberadaannya Dibutuhkan, Relawan Perawat PPNI Gelombang Keenam Telah Tiba

PPNI Bersyukur & Apresiasi Perawat Teladan Puskesmas Tahun 2018
22 Agustus 2018
Ini Cara Higienis, Pembagian Hewan Qurban 1439 H Untuk Masyarakat
23 Agustus 2018
Show all

Keberadaannya Dibutuhkan, Relawan Perawat PPNI Gelombang Keenam Telah Tiba

Wartakesehatan – Dalam rangka memaksimalkan bantuan layanan kesehatan bagi korban bencana di Lombok dan sekitarnya, pada saat ini telah tiba Tim Relawan Perawat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) gelombang keenam dari DPW PPN Provinsi DI Yogyakarta pada jam 06.20 WITA pada hari Kamis (23/8/2018).

Sebelumnya, Tim Relawan Perawat PPNI gelombang keenam dilepas oleh Tri Prabowo Ketua DPW PPNI langsung di Bandara Adi Sucipto Yogyakarta.

Tim Relawan Perawat PPNI yang diberangkatkan berjumlah 5 orang dengan Ketua Tim Relawan Perawat yaitu Tri Yuni Rahmanto.

Dalam menjalankan penugasan di daerah bencana Tim Relawan Perawat PPNI dari DPW PPNI Provinsi DI Yogyakarta menggunakan ROMPI PPNI.

Mengenai Koordinasi dan Komunikasi Bencana Nasional PPNI dikoordinir melalui penanggung Jawab DPP PPNI Ibu Ati Suryamediawati (Ketua DPP Bidang Pelayanan PPNI).

Melalui pesan tertulisnya, Kamis (23/8/2018) Tri Prabowo Ketua DPW PPNI D.I Yogyakarta menyampaikan bahwa dalam rangka tangggap bencana gempa di Lombok, DPW PPNI DIY segera melakukan koordinasi untuk ikut memberikan bantuan.

Disamping itu, DPW PPNI D.I Yogyakarta melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Upaya penggalangan dana dan sudah dikirimkan Via transfer ke rekening DPW PPNI NTB pada bulan Agustus 2018 senilai 10 Juta (sepuluh juta rupiah) dana berasal dari DPW, DPD se-DIY dan dari himpunan.
  2. Pengiriman relawan perawat ke Lombok melalui pengurus komisariat (DPK) yang terintegrasi dengan rumah sakit terkait antara lain : RSUP Dr. Sardjito, RSUD Panembahan Senopati, RSUD Kota Yogyakarta, RSU Bethesda,RSU Panti Rapih, dan RSUD Sleman.
  3. Pengiriman relawan perawat melalui institusi Pendidikan : UGM, Univ. Respati Yogyakarta, Akper KBH Bantul, dan AKKES Karya Husada Yogyakarta.
  4. Pengiriman relawan dari DPW PPNI DIY,Tim DPW PPNI DIY berjumlah 5 personil (Tri Yuni Rahmanto, Sri Sugesti Widianingsih, MA Subagiyo, Sigit Purwanto dan Wigati).

Ia juga mengimformasikan, sebelum diberangkatkan Tim berkoordinasi dengan pengurus DPW dan Himpunan, seperti HIBGABI yang memberikan materi pembekalan sistem pemberian layanan selama di Lombok (berdasarkan pengalaman perawat yang bertugas sebelumnya) dan INWOCNA terkait penangan luka modern, selanjutnya Inwocna membekali paket Wound Care senilai 20 juta.

Dari bantuan ini, Tri Prabowo berharap semoga upaya yang dilakukan dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara yang terkena musibah dan mempercepat penyembuhan dan pemulihan pasca bencana.

Sementara itu, dalam kesempatan berbeda melalui pesan tertulisnya, Kamis (23/8/2018) Made Mahardika Wing, Ketua Tim Relawan Perawat PPNI gelombang kelima dari DPW PPNI Provinsi Bali menyampaikan salam dan ucapan terimakasih yang sangat besar dan apresiasi yang luar biasa dari koordinator Kluster kesehatan lapangan (dr. Ridwan SpOT), Perwakilan Kadinkes Lombok Utara (Ketut Kertawijaya/Kabag P2M) dan khususnya Manajemen RS KLU Tanjung saat disampaikannya di RS lapangan Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dari kesimpulan yang didapat, Ia menerangkan bahwa PPNI selama ini sangat membantu korban bencana gempa dengan pelayanan yang sangat terorganisir, berkesinambungan, profesional, kompeten dan sangat responsif. Sekaligus disampaikannya, bahwa pejabat tersebut berharap jika memungkinkan agar PPNI terus dapat menempatkan relawan dikarenakan peranan PPNI sangat dibutuhkan. (IM)

 

Sumber : Ketua DPW PPNI D.I Yogyakarta

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: