Ini Cara Higienis, Pembagian Hewan Qurban 1439 H Untuk Masyarakat

Keberadaannya Dibutuhkan, Relawan Perawat PPNI Gelombang Keenam Telah Tiba
23 Agustus 2018
Penganiaya Perawat Feri Fadli Dijatuhi Hukuman 9 Bulan Penjara, Sesuaikah ?
23 Agustus 2018
Show all

Ini Cara Higienis, Pembagian Hewan Qurban 1439 H Untuk Masyarakat

Wartaperawat.com – Hari raya Idul Adha merupakan hari besar Islam kedua setelah Idul Fitri. Pelaksanaan hari raya Idul Adha diikuti juga dengan penyembelihan hewan qurban.

Idul Adha dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan “Hari Raya Haji”, dimana kaum muslimin yang sedang menunaikan haji yang utama, yaitu wukuf di Arafah.

Disamping itu, Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada umat muslim untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya.

Tentunya bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka diberikan kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kepada Allah SWT.

Untuk kegiatan hari raya Idul Adha di Indonesia dilakukan juga penyembelihan hewan berupa sapi, kambing maupun domba

Pada tahun ini umat muslim di Indonesia merayakan hari raya haji dilaksanakan pada hari Rabu, 22 Agustus 2018 atau 10 Dzulhijjah 1439 H.

Kegiatan diawali dengan sholat Idul Adha, dilanjutkan dengan Khotbah Idul Adha dan bersilaturahmi. Untuk pelaksanaan pemotongan hewan biasanya dilakukan setelah beberapa jam dari pelaksanaan sholat Idul Adha.

Namun tidak menutup kemungkinan pelaksanaan pemotongan hewan qurban, dapat dilakukan pada hari berikutnya.

Dari pantauan wartaperawat.com , ada yang menarik dari pelaksanaan pemotongan hewan qurban selain melihat cara penyembelihan juga memperhatikan cara pembagian hewan qurban yang telah disembelih untuk dibagikan kepada masyarakat secara higienis.

“Pada tahun ini, kami menyembelih 10 ekor sapi dan 19 ekor kambing. Saat ini kami pertama kalinya menggunakan tempat/besek dari bambu, ini sebagai perbaikan, biar lebih rapi dan lebih sehat. Selain itu, dialasin juga pakai daun pisang, supaya lebih bersih, aman dan tidak bau,” ucap Musirin Pengurus Masjid Nurul Hikmah Cipayung , disela-sela pelaksanaan penyembelihan di halaman masjid, Jalan Mandor Hasan Kel. Cipayung, Kec. Cipayung – Jakarta Timur, DKI Jakarta, Rabu (22/8/2018).

Sementara itu, pemantauan kegiataan pelaksanaan di Masjid Baiturahman di Jalan Tengki Kel. Cipayung, Kec. Cipayung,  setelah pelaksanan sholat Idul Adha, dilaksanakan juga pemotongan hewan qurban sebanyak 5 ekor sapi, 8 ekor kambing dan 2 domba.

Sedangkan pelaksanaan pemotongan hewan qurban di Masjid Al-Falah di Jalan raya Bambu Apus, Kel. Ceger, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dilaksanakan pada hari berikutnya, Kamis (23/8/2018).

Hewan yang disembelih, sebanyak 9 ekor sapi, kambing 25 ekor dan 2 ekor domba.

Setelah pelaksanaan pemotongan hewan qurban dari ketiga masjid tersebut, daging qurban telah dibagikan kepada masyarakat.

Pelaksanaan pemotongan hewan qurban akan berjalan baik, jika dilakukan secara terorganisir atau melalui kepanitian seperti yang dilakukan di Masjid Al-Falah Cipayung ini, yang dikoordinir oleh H. Haiban. (IM)

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: