fbpx

IND 2024 : PPNI Banten Gelar Pekan Olah Raga Perawat Perdana, Resmi Dibuka Wali Kota Tangsel

DPW PPNI Sumbar Gelar Webinar Series Pada IND 2024 : Upaya Tingkatkan Kompetensi Perawat
12 Mei 2024
Sambut IND Tahun 2024 : Harif Fadhillah Resmi Lantik Pusbangdiklat DPW PPNI Gorontalo
13 Mei 2024
Show all

IND 2024 : PPNI Banten Gelar Pekan Olah Raga Perawat Perdana, Resmi Dibuka Wali Kota Tangsel

Wartaperawat.com – Momentum dalam memperingati International Nurses Day (IND) atau Hari Perawat internasional pada hari ini tanggal 12 Mei 2024, telah dilaksanakan oleh insan Perawat dan organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di berbagai level kepengurusan PPNI.

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Provinsi Banten yang diketuai Sayuti dan Sekretaris DPW PPNI Banten Endang Komarudin dengan melibatkan seluruh DPD PPNI se Provinsi Banten kecuali Kabupaten Pandeglang menggelar Pekan Olah Raga Perawat (POP) Tingkat Provinsi Banten.

Kegiatan POP yang pertama kali ini dibuka secara resmi oleh Benyamin Davnie selaku Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai tanda dimulai cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu Futsal, Tenis Meja, Badminton dan Mobil Legend (ML) serta pentas seni.

Turut hadir Kadinkes Provinsi Banten Hj. Ati Pramudji Hastuti, Kadinkes Tangerang Selatan Allin Hendalin Mahdaniar, Koni Tangsel Hamka Handaru, Ketua DPD PPNI Kabupaten/Kota se Provinsi Banten, Kepala BKPSDM Tangsel Fuad, Camat Pamulang H. Mukroni, Direktur RSU Tangsel Umi Kulsum, Ketua STIKES Widya Dharma Husada Pamulang Riris Andrianti dan undangan lainnya.

Untuk IND pada tahun 2024 mengangkat tema “Our Nurses Our Future, The Economic Power of Care” diartikan Masa Depan Kita, Kekuatan Ekonomi dari Perawatan.

“Sejak dibentuk tahun 1974, PPNI telah terus berkembang bersama bangsa ini dan berperan serta dalam pembangunan kesehatan masyarakat Indonesia. PPNI menjadi garda terdepan bermitra dengan pemerintah dan masyarakat,” ucap Sayuti dalam sambutannya di Gedung STIKes Wiidya Dharma Husada, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, Minggu (12/5/2024).

Ketua DPW PPNI Banten ini mengatakan bahwa Perawat sebagai tulang punggung layanan kesehatan seringkali menghadapi kendala keuangan dan rendahnya  penilaian di mata masyarakat.

“Dengan tema tersebuat diharapkan untuk dapat membentuk kembali persepsi masyarakat, bagaimana Investasi strategis dalam keperawatan dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial yang besar,” terangnya.

Dikatakannya, pada satu bulan sebelumnya tanggal 17 Mei 2024, PPNI juga memperingati hari ulang tahunnya yang ke 50 tahun, dengan tema yang diusung adalah “TAHUN EMAS PPNI, PEDULI UNTUK BERSINERGI”.

Ditambahkannya pula bahwa Perawat telah menjadi bagian tenaga kesehatan garda terdepan yang signifikan di sektor perawatan kesehatan sampai dengan saat ini sebagai pemberi asuhan keperawatan, dimana Perawat tidak hanya dituntut sebagai penyedia layanan keperawatan yang berkualitas semata.

Namun menurutnya, Perawat mampu menjadi advokat, mediator, edukator, dan konselor tenaga kesehatan yang profesional bagi klien yang dilengkapi dengan jiwa peduli dan sinergis bersama tim kesehatan yang lain.

Selain itu, diharapkannya agar Perawat menjadi sosok tenaga kesehatan yang kompeten dan dikagumi oleh banyak orang termasuk tenaga kesehatan lainnya berkat keprofesional yang cakap, pengetahuan yang luas dan karakter yang kuat.

“Dengan begitu Perawat di Indonesia akan meningkatkan citra profesi menjadi profesi yang paling bergengsi dan terpercaya layaknya di negara maju lainnya,” ungkap Sayuti.

Dalam rangka memperingati HUT PPNI yang Ke-50 dan International  Nurses Day (IND) ini, diinginkannya agar perlu dijadikan momentum untuk meningkatkatkan kesatuan dan persatuan Perawat se Provinsi Banten.

Selanjutnya pada kesempatan ini, dirinya mengucapkan terima kasih, yang mana pelaksanaan Pekan Olah Raga Perawat (POP) Se Provinsi Banten dapat diselenggarakan di wilayah DPD PPNI Kota Tangerang Selatan.

“Kepastian yang terdalam ialah komitmen dan ketulusan maju terus Perawat Indonesia dan semakin Jaya,” kata Sayuti mengakhiri sambutannya. (IM)

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: