IND 2018 : PPNI Jakarta Utara Adakan Pengmas & Seminar Keperawatan

Bom Meledak Di Surabaya, Perawat Sedang Hamil Tua Jadi Korbannya
13 Mei 2018
Keren ! PPNI Kota Padang Produksi Film, Angkat Citra Perawat
15 Mei 2018
Show all

IND 2018 : PPNI Jakarta Utara Adakan Pengmas & Seminar Keperawatan

Wartaperawat.com –  Peringatan International Nursing Day (IND) tahun 2018 mengusung thema ”Nurses A Voice to Lead- Health is a Human Right”, setiap tahun  DPD PPNI Jakarta Utara selalu memperingati  hari perawat international dengan  mengakomodir kepentingan masyarakat dan kegiatan ilmiah keperawatan. Kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Warakas RW 02 dan seminar keperawatan di RS Mitra Keluarga, semua dilaksanakan oleh DPD PPNI Jakarta Utara, Sabtu (12/5/2018).

Kehadiran  DPD PPNI Jakarta Utara sudah seharusnya memberikan manfaat bagi masyarakat, berorganisasi bukan saja ego pada persoalan internal semata, akan tetapi organisasi mesti hadir di cintai oleh segenap masyarakat sekitar agar PPNI lebih familier ditengah-tengah masyarakat. Seperti tahun-tahun sebelumnya DPD PPNI Jakarta Utara juga selalu bersinergi,bila tahun lalu bersama TNI dan POLRI, maka tahun ini bersama DPD PPNI Jakarta Utara bersinergi bersama kader-kader PKK, posbindu, dan pengurus RT/RW di kelurahan warakas.

Acara pengmas ini dihadiri oleh sekretaris umum MUI DKI Jakarta KH. Drs. Abi Ichwanuddin, M.Si, Ketua RW 02, Ketua PKK Wulan Handayani, Ketua Posyandu Wawa Teksawati. Sementara dari DPD PPNI Jakarta Utara hadir wakil ketua bidang pelayanan Ns. Yanti Diana Astuti, S.Kep, Ns. Jubaiti, S.Kep, Ns.Surti, S.Kep.

Kegiatan pengmas tentunya dalam rangka mendukung GERMAS, dengan CERDIK (cek kesehatan secara berkala, enyahkan asap rokok, rajin aktivitas fisik, diet sehat dengan kalori seimbang, istirahat cukup dan kelola stress). Kegiatan diawali dengan senam bersama, penyuluhan TBC, permasalahan tumbuh kembang anak/stunting, bahaya DBD, dan pemeriksaan kesehatan.

Kegiatan ini mendapatkan response yang baik dari masyarakat kelurahan Warakas. Setelah acara peresmian Posbindu, jalinan kebersamaan untuk melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat berlanjut dan teragenda sesuai kesepakatan.

Ns.Yanti Diana Astuti, SKep selaku wakil ketua bidang pelayanan DPD PPNI Jakarta utara mengungkapkan bahwa moment Pengabdian masyarakat ini menjadi penting bagi Organisasi Profesi (OP) dan Masyarakat sekitar kelurahan Warakas khususnya warga RW 02 Jakarta Utara sebagai wujud partisipasi OP untuk berkontribusi dan memfasilitasi kesehatan masyarakat yang dikemas dalam rangkaian kegiatan rutin.

Sementara Ketua DPD PPNI Jakarta Utara H.Maryanto, AMK,SKM membuka kegiatan seminar keperawatan di DPK PPNI RS Mitra Keluarga Kelapa Gading dengan tema “legal etik praktik Keperawatan Luka” dan setelah selesai membuka acara, langsung menuju lokasi Pengmas di kelurahan Warakas sekaligus bersilaturahim bersama masyarakat.

Dalam kegiatan ilmiah tersebut, Maryanto mengatakan bahwa DPK PPNI RS Mitra Keluarga Kelapa Gading merupakan pusat Mitra group sudah seharusnya sebagai sentral dan pecontohan bagi mitra-mitra lainnya agar aktif memberikan masukan kepada pihak manajemen, dimana PPNI senantiasa bermanfat dan mampu bersinergi untuk sama-sama membesarkan rumah sakit hingga berujung pada kesejahteraan anggota, begitu juga pihak manajemen RS sudah seharusnya menganggap keberadaan PPNI sebagai sparing partner dalam berkarya.

Maryanto menjelaskan, tidak perlu alergi dengan organisasi profesi, karena PPNI cukup berperan aktif dalam penyelesaian permasalahan perawat, termasuk saat akreditasi RS. Ia menegaskan bahwa tidak alasan PPNI untuk berbuat kepada anggota, disaat masih cidera kakinya namun demi anggota, Ia akan tetap berjuang.

Sementara Ns. Nastian Nurdiansyah, S.Kep selaku ketua DPK PPNI RS Mitra Keluarga Kelapa Gading mengatakan bahwa berbicara organisasi, PPNI selalu harus selalu  solid, dan DPK merupakan garda terdepan bagi anggota untuk penyelesaian STR, SIPP adalah hal pokok bagi anggota, DPK PPNI RS Mitra Kelapa Gading sejak kemarin merangkai kegiatan IND ini, dengan puncak acara hari ini dengan kegiatan seminar.

Kegiatan ini dihadiri segenap jajaran Manajemen dan Direksi, Kepala Departemen Keperawatan Ns. Renta, S.Kep dan Rahmi. Acara berjalan baik dibawah koordinasi Ns. Fitriani DS, S.Kep yang dipercaya menjadi ketua panitia seminar. (IM)

 

Sumber : DPD PPNI Jakarta Utara.

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: