DPD PPNI Kota Makassar Pelopor ‘Workshop Jurnalistik Perawat’

PPNI & YKI Kota Bogor Berkolaborasi, Edukasikan Asuhan Paliatif Terkini
21 Desember 2018
RAPB PPNI : Wujud Tanggung Jawab, Hasilnya Diplenokan & Diputuskan
23 Desember 2018
Show all

DPD PPNI Kota Makassar Pelopor ‘Workshop Jurnalistik Perawat’

Wartaperawat.com – Kemampuan yang dimiliki seorang akan lebih bermakna jika dapat dimanfaatkan bagi orang lain. Seiring dengan kemajuan era digital keunggulan bagi perawat menjadi seorang jurnalis merupakan kelebihan tersendiri dalam menyampaikan sebuah informasi yang lebih bermakna dan berkualitas.

Dalam mewujudkan keinginan tersebut dan meningkatkan keahlian yang sebelumnya dimiliki, maka DPD Persatuan Perawat NasionaI Indonesia (PPNI) Kota Makassar berinisiasi mengadakan “Workshop Jurnalistik Perawat” yang dilaksanakan di Hotel Grand Malebu Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (22/12/2018).

Acara workshop kali ini dihadiri oleh 30 peserta dari perwakilan pengurus bidang Infokom mulai dari tingkatan komisariat, pengurus Kota/Kabupaten Se Sulawesi Selatan, Badan Kelengkapan, dan pengurus wilayah PPNI.

Kegiatan Workshop Jurnalistik menghadirkan Rohman Azzam (Ketua Bidang Infokom DPP PPNI) dengan materi Dasar jurnalistik dan potensi web berita perawat, Zulkifli Tahir (Ketua Ikatan Wartawan Online Sulsel) materi Etika Jurnalistik, Muliadi (Pimpinan Redaksi Rakyatku.com) materi Teknik Wawancara, Eko Rusdianto (Penulis Mongabay) materi Penulisan Berita, dan Herman Ilahi (Wakil Pimpinan Redaksi koranmakassar.com) materi Pengembangan Website Berita Online.

“Kegiatan workshopnya jurnalistik ini adalah pertama kali di Indonesia, mari kita mulai belajar jurnalistik dari Kota Makassar,” ucap Rohman Azzam Ketua Bidang Infokom DPP PPNI saat membawakan materi dihadapan peserta, Sabtu (22/12/2018).

Pada kesempatan ini pula, peserta juga mempraktekkan menulis berita langsung dihadapan narasumber sehingga diharapkan kegiatan yang merupakan implementasi program kerja Bidang Infokom DPD PPNI Kota Makassar ini mampu menghasilkan calon jurnalis dari kalangan perawat.

“Kegiatan ini bertujuan agar PPNI mampu memberikan informasi kepada masyarakat maupun kepada perawat mengenai kegiatan, perjuangan hingga tugas PPNI sehingga tidak ada lagi informasi negatif yang muncul akibat perawat tidak mampu menulis berita positif,” ungkap Hamzah Tasa Ketua DPD PPNI Kota Makassar dalam sambutannya.

Melalui pesan tertulisnya pula, Sabtu (22/12), selesai kegiatan workshop, Hamzah Tasa menyampaikan bahwa workshop jurnalistik perawat didasari dengan semakin tingginya minat masyarakat untuk membaca berita di media-media Online dibandingkan dengan media cetak.

Dikatakannya, melalui kegiatan ini pula dapat menjadi wadah bagi perawat untuk menyampaikan dan menginformasikan kepada masyarakat apa yang telah dilakukan oleh perawat, mengenai apa yang diharapkan dan apa yang dirasakan oleh perawat.

Hamsah juga berharap, dengan upaya ini akan mampu melahirkan jurnalistik perawat yang handal, profesional dan memberikan informasi kepada masyarakat sebuah informasi yang berharga dan berkualitas bagi pengembangan pelayanan kesehatan khususnya pelayanan keperawatan. Selain itu, kegiatan ini menjadi langkah awal bagi teman-teman perawat untuk berkreasi dalam dunia media Online. (IM)

 

Sumber : Ketua DPD PPNI Kota Makassar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: