DPD PPNI Jakarta Barat Dukung Program PSN, Upaya Menekan Kasus DBD

PPNI Banten Peduli, Utamakan Perawat Terdampak Tsunami Dapat Bantuan
3 Februari 2019
DPD PPNI Pekalongan Sigap & Peduli Dampak Korban Banjir
5 Februari 2019
Show all

DPD PPNI Jakarta Barat Dukung Program PSN, Upaya Menekan Kasus DBD

Wartaperawat.com – Berbagai upaya dilakukan organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) untuk membantu program pemerintah dalam bidang kesehatan agar berjalan baik dan masyarakat dapat merasakan manfaat keberadaannya.

Berkaitan dengan meningkatkan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah Jakarta Barat, terutama di Kecamatan Kalideres, maka Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Kota Administrasi Jakarta Barat bersama dengan Puskesmas Kalideres mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas).

Kegiatan pengmas yang dilakukan dengan cara melakukan Pemberatasan Sarang Nyamuk (PSN) dan penyuluhan DBD yang diadakan di wilayah Kalideres RW 012, PKC Kalideres dan PKL Kalideres 1, Jakarta Barat, Minggu (3/2/2019).

Dalam pelaksanaan kegiatan PSN kali ini dihadiri langsung oleh Wakil Walikota Administrasi Jakarta Barat Muhammad Zen, Kepada Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Barat, Kepala Puskesmas Kecamatan Kalideres dr. Darus Sahmedi, dan Ketua DPK PPNI PKM Kalideres H. Andri Yustika.

Melalui pesan tertulisya, Minggu (3/2/2019) Indra Jaya Permana, Amd.Kep selaku Ketua DPD PPNI Kota Administrasi menyampaikan bahwa perawat memiliki peran penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dikarenakan tugas dasar perawat adalah merawat. Jika dianalogikan apapun yang miliki, jika tidak dirawat dengan baik, maka hal-hal yang dimiliki tersebut tidak akan optimal, maka dari itu perawat memiliki peran penting untuk masyarakat.

Sementara itu, menurut Sekretaris I DPD PPNI Jakarta Barat Ns. Abdurrasyid, S.Kep.,M.Kep, kegiatan PSN ini berawal dari adanya surat dari Kepala Puskesmas Kecamatan Kalideres yang ditujukan kepada DPD PPNI Kota Administrasi Jakarta Barat.

Dalam isi surat tersebut , dinyatakan adanya peningkatan kasus DBD serta sekaligus mengajak DPD PPNI Jakarta Barat untuk bersama-sama melakukan pengabdian masyarakat berupa kegiatan PSN.

Untuk itulah, DPD PPNI Kota Administrasi Jakarta Barat langsung menggerakkan perawat-perawat yang tergabung dalam organisasi melalui koordinasi dengan seluruh ketua DPK (komisariat) PPNI di wilayah  Jakarta Barat agar berpartisipasi aktif menyikapi peningkatan kasus DBD baik yang terjadi di Kalideres maupun mengingatkan keluarga dan masyarakat sekitar tempat tinggal masing-masing.

Dijelaskannya, Program yang dilakukan oleh PPNI Jakarta Barat, yaitu telah membuat time line selama 2 pekan untuk melakukan ciduk sarang nyamuk ini atau kegiatan PSN.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dari tanggal 30 Januari 2019, dan tim dari PPNI dipimpin oleh  Supriyadi dari RSJ Soeharto Heerdjan serta akan dilaksanakan secara berkelanjutan. (IM)

 

Sumber : DPD PPNI Jakarta Barat

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: