Wakil Walikota Jakarta Selatan Puji Pengmas PPNI

PPNI Kota Makassar Kehilangan Putra Terbaiknya
11 November 2018
DPP PPNI & Himpunan Bahas Evaluasi Standar Diklat
13 November 2018
Show all

Wakil Walikota Jakarta Selatan Puji Pengmas PPNI

Wartaperawat.com – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 tahun 2018, dengan tema dan subtema “Aku Cinta Sehat” dan “Ayo Hidup Sehat, Mulai dari Kita” telah dilakukan dengan berbagai kegiatan di tingkat wilayah Kota Administrasi Jakarta Selalan.

HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November, merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif. Selain itu, program pemerintah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) diharapkan berjalan sesuai dengan keinginan bersama.

Untuk membantu mensukseskan program pemerintah dan menjalankan visi PPNI, agar dicintai pemerintah, maka Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jakarta Selatan ikut terlibat bersama Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, untuk memberikan pelayanan kesehatan di saat peringatan HKN ke-54 pada tahun ini.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang biasanya setiap bulan dilakukan di Graha PPNI wilayah Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa merupakan kerjasama Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI dengan DPD PPNI Jakarta Selatan.

Dikesempatan bulan November ini, bertepatan dengan HKN Ke-54, maka pelaksanaan dipusatkan di dalam lokasi pusat perbelanjaan di Jakarta Selatan. Kegiatan ini untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan kepada para pengunjung.

“Saya sampaikan apresiasi dan penghargaan terhadap peran serta dan dukungan dari PPNI yang terlibat dalam rangkaian kegiatan HKN 54 tingkat Kota Jakarta Selatan tahun ini, dalam hal memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,” ucap H. Arifin, M.AP, yang didampingi Plt Ka Dinkes Jakarta Selatan drg. Iwan Kurniawan, M.Si, MH.Kes dan pejabat lainnya, usai membuka acara HKN Ke- 54 di Kuningan City, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Sabtu (10/11/2018).

Wakil Walikota Jakarta Selatan ini mengatakan kegiatan pelayan kesehatan yang diberikan PPNI seperti ini, nantinya dapat dilakukan secara sinergi dengan jajaran kesehatan di tingkat Jakarta Selatan yang ada berbagai tempat. Kegiatan ini perlu dilakukan dalam upaya memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

“Kita membuka kesempatan atas keterlibatan PPNI untuk bersama-sama melayani warga, agar mereka bisa mendapatkan akses layanan kesehatan dengan berbagai pihak, yang memang punya kompetensi untuk hal itu. Saya berterimakasih atas keterlibatan PPNI dalam kegiatan kali ini,” ungkapnya.

Arifin mengharapkan kegiatan Pengabdian masyarakat yang dilakukan di Graha PPNI secara rutin setiap bulan selama ini dapat terus dilaksanakan, namun lokasi penyuluhan kesehatan dapat meluas cakupannya dan memprioritaskan wilayah yang mungkin bermasalah.

“Sebaiknya sosialisasi atau penyuluhan, harus disasar ke lokasi yang memang sangat dibutuhkan,  terutama di daerah yang mungkin dari sisi perilaku hidup sehat masih kurang. Jadi harus masuk kesitu, diusahakan jangan ruang lingkup di wilayah tertentu saja, mungkin bisa berkembang di beberapa tempat,” harap Arifin.

Arifin menyarakan kepada PPNI agar nantinya mendapatkan informasi terkait dengan pihak Dinas Kesehatan setempat, untuk mengetahui daerah mana yang perlu mendapatkan penyuluhan maupun pelayanan.

“Biasanya ada maping atau daerah mana yang perlu dibantu. Teman-teman PPNI bisa masuk ke wilayah itu, tentu perlunya saling melengkapi dan mengisi. Nantinya masyarakat diharapkan dapat menerima informasi bagaimana menjaga atau meningkatkan derajat Kesehatan,” jelasnya.

Pada kesempatan ini pula, Wakil Walikota dan Ibu Penggerak PKK Tingkat Kota Jakarta Selatan Hartati Tri Kurniadi dan pejabat lainnya maupun masyarakat mengikuti rangkaian pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Pengurus DPD PPNI Jakarta Selatan.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dikoordinir oleh Iwan, S.Kep selaku Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan. Acara ini mendapatkan perhatian dari pengunjung, untuk memeriksakan kesehatannya. (IM)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: