UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

BUMN Melibatkan PPNI Dalam Penggunaan Vaksin Untuk Nakes & Masyarakat
4 September 2020
Tes SKB CPNS Kemenkes Tetap Berlangsung Dengan Protokol Kesehatan
7 September 2020
Show all

UPN Veteran Jakarta Bersinergi, Lantik Satgas Remaja Anti Narkoba

Warperawat.com – Kepedulian pemerintah, dunia pendidikan dan pihak terkait serta keterlibatan kelompok masyarakat terhadap bahayanya penggunaan Narkoba semakin terealisasi.

Mengingat penyalahgunaan Narkoba telah menjadi masalah global, yang mewabah hampir di semua negara di dunia. Saat ini tidak ada satu negarapun yang luput dari Narkoba, tanpa terkecuali dengan Indonesia.

Sementara jaringan penggunaan Narkoba juga telah berkembang begitu besar, baik pada tataran penyalahgunaan, maupun pada peningkatan produksi, penjualannya, serta penyebarannya.

Namun disisi lainnya, permasalahan penyalahgunaan Narkoba mempunyai dimensi yang luas baik dari sudut medis, kriminalitas, psikososial maupun ekonomi.

Dampak terhadap keluarga yaitu keluarga akan mengalami proses berduka yang mendalam, berkepanjangan serta berulang-ulang dan mengalami berbagai beban diantaranya adalah beban fisik, ekonomi, sosial, dan psikologis serta mengalami stigma dan diskriminasi sosial.

Sedangkan dampak bagi remaja itu sendiri adalah hilangnya masa depan, dipenjara, masuk rumah sakit dan kematian.

Melihat fakta-fakta tersebut diatas, penyalahgunaan Narkoba di masyarakat merupakan masalah yang sangat kompleks dan pertingnya mengatasi permasalahan tersebut.

Untuk itulah FIKes (Fakultas Ilmu Kesehatan) Prodi Keperawatan UPN Veteran Jakarta sebagai kampus bela negara, turut berperan aktif mendukung program pencegahan penyalahgunaan Narkoba di kalangan remaja, dengan melalui kegiatan Pembentukan Satgas remaja anti narkoba di wilayah Kelurahan Grogol Kecamatan Limo, Kota Depok, Jawa Barat.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dosen bersama mahasiswa yang diketuai oleh Ns. Ritanti, MKep. Sp.Kep.Kom., Ns.Tatiana Siregar, MKes. Mkep, dan Ns. Diah Ratnawati, MKep. Sp.Kep.Kom, dan mendapat dukungan serta difasilitasi oleh Kelurahan Grogol, UPTD Puskesmas Kecamatan Limo dan BNN Kota Depok.

Perhelatan ini telah dilaksanakan melalui pelatihan Satgas remaja anti narkoba secara daring mulai tanggal 12 Agustus 2020.

Sementara itu, pada tanggal 29 Agustus 2020, telah dilaksanakan loka karya mini dan pelantikan Satgas remaja anti narkoba oleh Kepala Kelurahan Grogol Kecamatan Limo Danudi Amin, SE, dan didampingi Kepala UPTD Puskesmas Limo dan Pejabat BNN Kota Depok.

Dalam sambutannya, Lurah Grogol berpesan kepada Satgas remaja anti narkoba yang baru dilantik, agar segera menyusun program kerja dan bersinergis dengan semua elemen, diantaranya karang taruna, Babinsa, Kamtibmas, Ketua lingkungan dan tokoh masyarakat serta tokoh agama dalam upaya memerangi peredaran narkoba.

Sementara itu, UPTD Puskesmas Kec. Limo Dr. Winarni Naweng ditengah kesibukannya melayani Covid-19, beliau hadir dan dalam sambutannya, mendukung sepenuhnya program Satgas remaja anti narkoba, dan berpesan agar para Satgas remaja anti narkoba menjalankan tugasnya dengan sebaik-baiknya.

BNN Kota Depok dalam sambutannya, yang diwakili Purwoko menyampaikan, akan memfasilititasi kegiatan ini dan berpesan bahwa walaupun dalam pandemi Covid-19, agar Satgas remaja anti narkoba Kelurahan Grogol tetap waspada terhadap penyalahgunaan narkoba dan terlihat aktif membantu BNN Kota Depok untuk memerangi narkoba.

Untuk tahap kegiatan selanjutnya adalah Supervisi dan Reevaluasi Satgas Remaja Anti Narkoba. Tim pengabdian masyarakat mensupervisi dan evaluasi pengetahuan, sikap, dan kegiatan Satgas remaja. Tujuan Supervisi dan Reevaluasi, meningkatkan keberhasilan pengabdian masyarakat dosen dalam mendukung kegiatan remaja.

Pada hari ini tgl 31 Agustus 2020 bidang pelayanan Satgas remaja anti narkoba sudah melaksanakan tugasnya, dengan menggunakan masker, jaga Jarak dan cuci tangan. Remaja sudah langsung melaksanakan kegiatan pengkajian dalam preventif remaja Kelurahan Grogol dengan menggunakan pedoman yangsudah dibagikan.

Adapun tahap kegiatan selanjutnya adalah Supervisi dan Reevaluasi kegiatan Satgas remaja anti narkoba. Tim pengabdian masyarakat dosen UPN Veteran Jakarta, akan mensupervisi dan evaluasi kegiatan Satgas Remaja.

Tujuan supervisi dan reevaluasi, untuk meningkatkan keberhasilan pengabdian masyarakat dosen dalam mendukung kegiatan remaja dalam upaya mencegah penyalahgunaan Narkoba di wilayah kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, Depok.

Pada hari Senin (31/8/2020), Bidang pelayanan Satgas remaja anti narkoba sudah melaksanakan tugasnya, dengan menggunakan masker, jaga jarak dan cuci tangan.

Aktifitas remaja sudah langsung melaksanakan kegiatan pengkajian dalam preventif di wilayah Kelurahan Grogol dengan menggunakan pedoman yang sudah dibagikan. (IM)

 

Sumber : Ketua Satgas remaja anti narkoba

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: