UPN Jakarta Sukses Gelar Pelantikan & Lokakarya Mini Satgas Remaja Anti Narkoba

Kampanye Disiplin Pakai Masker Ke Perusahaan : Upaya Cegah Penyebaran Covid-19
3 September 2020
BUMN Melibatkan PPNI Dalam Penggunaan Vaksin Untuk Nakes & Masyarakat
4 September 2020
Show all

UPN Jakarta Sukses Gelar Pelantikan & Lokakarya Mini Satgas Remaja Anti Narkoba

Wartaperawat.com – Permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Indonesia maupun secara global semakin hari tak terkendali.

Maraknya penggunaan narkoba di kalangan masyarakat mendapatkan perhatian serius dari pihak terkait dan juga adanya keterlibatan dari institusi pendidikan.

Sebagai perwujudan dari Tridarma Perguruan Tinggi, maka Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Prodi Keperawatan UPN Veteran Jakarta, turut hadir sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian terhadap permasalahan yang terjadi di lingkungan sekitarnya, melalui rangkaian kegiatan yang terarah dan tereduksi.

Dengan cara melakukan kegiatan pelantikan dan lokakarya mini Satgas remaja anti narkoba, yang didukung dan dihadiri Purwoko Nugroho, SSi, MSi dari BNN Kota Depok, Kepala UPTD Puskesmas Limo Dr. Winarni Naweng dan Lurah Grogol Kecamatan Limo Danudi Amin, SE.

“Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, atas rahmat dan karunianya sehingga kita dapat berkumpul dalam acara pelantikan dan lokakarya mini Satgas remaja anti narkoba di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Limo,” ucap Ns. Ritanti, M.Kep.Sp.Kep.Kom saat memberikan laporan sebagai Ketua Panitia Satgas remaja anti narkoba di Cassa Grande, Jalan Rawakalong, Kec. Limo, Depok, Jawa Barat, Sabtu (29/8/2020).

Dosen Prodi Keperawatan UPN Jakarta ini mengatakan bahwa suatu kehormatan dan kebanggaan yang mana kegiatan ini didukung oleh pihak BNN, Kecamatan, Puskesmas dan Kelurahan serta remaja karang taruna.

Dikatakannya, sesungguhnya kegiatan ini pada hakekatnya merupakan awal yang kedepannya dapat dikembangkan lebih lanjut oleh adik-adik remaja, sehingga kedepannya dapat bermanfaat untuk semua.

“Kegiatan pelatihan Satgas remaja anti narkoba merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dosen dan Mahasiswa sebagai bentuk wujud Tridarma Perguruan Tinggi kami sebagai dosen,” ungkap Ritanti.

Dsampaikan juga, bahwa idealnya memang pelatihan ini dilaksanakan secara langsung, namun karena adanya pandemi Covid-19 dan aturan PSBB, sehingga pelatihannya dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting yang dimulai sejak tanggal 12 Agustus 2020, bekerjasama dengan adik-adik para peserta.

“Kami sudah melaksanakan 3 kali pertemuan dengan zoom meeting, namun ternyata ada kegiatan yang tidak bisa kami lakukan secara daring sehingga kami pun melaksanakan dengan tatap muka langsung, yaitu hari ini terkait dengan pelantikan dan lokakarya mini,” sebutnya.

Diungkapkannya, kegiatan ini untuk pendampingan, penyusunan program kegiatan, proposal kegiatan serta, jejaring kerjasama, dan advokasi. Tentunya, akan dilanjutkan dengan Supervisi dan Reevaluasi kegiatannya pada 2 minggu setelah kegiatan ini.

“Untuk selanjutnya, perkenankan kami menyerahkan kembali Satgas remaja ini kepada pihak Kelurahan, Puskesmas dan BNN untuk pembinanaan selanjutnya, karena kami harus melanjutkan pengabdian masyarakat dengan program yang lain dan di tempat lain,” ungkap Ritanti, disaat mengakhiri sambutannya, sesuai dengan pesan singkat yang disampaikannya melalui wartakesehatan.com.

Usai acara pelantikan, dilanjutkan dengan kegiatan lokakarya mini yang menghadirkan pemateri, diantaranya Ns. Ritanti, M.Kep,Sp.Kep.Kom.,Ns. Tatiana Siregar, M.Kes, M.Kep.,dan Ns. Diah Ratnawati, M.Kep,Sp.Kep.Kom (dosen UPN Veteran Jakarta).

Adapun peserta lokakarya mini melibatkan remaja di Kelurahan Grogol Kecamatan Limo dari RW 01 hingga RW 13.  (IM).

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: