Selektifnya Uji Kompetensi, PPNI SulSel Bantu Perawat Gelar ‘TO UKNI’

Ketua DPW PPNI NTT : Hasil Rekomendasi Bersama, Demi Kemajuan PPNI Kedepannya
16 Juli 2018
Hasil Muswil II, Adil Candra Jadi Ketua DPW PPNI Kepulauan Riau
18 Juli 2018
Show all

Selektifnya Uji Kompetensi, PPNI SulSel Bantu Perawat Gelar ‘TO UKNI’

Wartaperawat.com – Peran organisasi profesi dalam membantu permasalahan bagi pengurus maupun anggota pada bidang sumber daya manusia perlu diterapkan dan dikembangkan. Melalui dukungan dan sumbangsih yang diberikan setidaknya memberikan semangat untuk menambah pengetahuan dan kemampuan diri yang telah ada sebelumnya.

Untuk menciptakan tenaga perawat yang profesional, salah satunya melalui uji kompetensi. Pengertian uji kompetensi perawat adalah suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap, sesuai dengan standar profesi guna memberikan jaminan bahwa perawat mampu melaksanakan peran profesinya secara aman dan efektif di masyarakat.

Supaya tingkat kelulusan yang didapat sesuai dengan harapan bersama, maka Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Sulawesi Selatan mengadakan Try Out Ujian Kompetensi Ners Indonesia (UKNI) di Auditorium Kampus Stikes Graha Edukasi Makassar, Sulsel, Sabtu-Minggu, 14-15 Juli 2018.

Melalui pesan tertulisnya, Senin (16/07/2018) Ketua DPW PPNI Sulsel Ns. Abdul Rakhmat, S.Kep, M.Kes setelah menghadiri acara tersebut, berharap dengan program ini para pengurus PPNI di semua level kepengurusan mulai dari DPK, DPD sampai DPW untuk siap dan percaya diri dalam mengikuti UKOM nantinya, dan akhirnya dapat dinyatakan lulus UKOM pada periode ini.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan program DPW yang diharapkan manfaatnya dapat langsung dirasakan anggota dan bersyukurnya tanggapan dari anggota sangat positif atas kegiatan ini, sehingga nantinya akan di programkan secara periodik serta akan menjadi program bukan hanya di tingkat DPW (provinsi) tapi juga di tingkat DPD (kota/kabupaten).

Untuk peserta yang hadir mengikuti TO UKNI kali ini diprioritaskan kepada pengurus DPK, DPD Se Sulawesi Selatan yang belum lulus uji kompetensi.

Pengurus yang belum ikut uji kompetensi adalah pengurus yang melanjutkan pendidikan Ners dan akan menghadapi ukom periode bulan juli 2018.

Antusias peserta cukup baik pada kegiatan ini, dengan jumlah peserta mencapai 85 orang, yang berasal dari pengurus DPK, DPD PPNI se Sulawesi Selatan.

Diharapkan kegiatan ini akan berkelanjutan kedepannya dan diagendakan. Pelaksanaannya yang akan dilakukan di setiap DPD untuk membuka wawasan warga PPNI yang akan mengikuti uji kompetensi.

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan program kerja Divisi Pendidikan dan Diklat DPW PPNI Sulawesi Selatan sebagai upaya untuk membantu, menshare informasi, supaya pengurus yang sudah melanjutkan pendidikan Ners lebih siap dan lebih percaya diri untuk mengikuti ukom periode bulan Juli ini.

Melalui kegiatan ini, diharapkan peserta dapat menyerap segala informasi yang ada dan menambah pengetahuan. Tentunya pada saat uji kompetensi yang sebenarnya dapat dikerjakan dengan baik dan benar. (IM)

 

Sumber : Ketua DPW PPNI Sulawesi Selatan

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: