Relawan PPNI Memberikan Semangat Bagi Korban Pasca Banjir, Terutama Pada Anak-Anak

PPNI RSUD Budhi Asih Jakarta Edukasikan Perawat Pahami & Tangani Masalah Jantung
13 Januari 2020
DPP PPNI Menjajaki Peluang Kerja Sama Bersama Asosiasi Keperawatan Tokyo
15 Januari 2020
Show all

Relawan PPNI Memberikan Semangat Bagi Korban Pasca Banjir, Terutama Pada Anak-Anak

Wartaperawat.com – Dampak bencana banjir yang dialami masyarakat khususnya di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten menjadi perhatian bersama bagi pemerintah setempat dan pihak terkait lainnya.

Organisasi profesi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) telah berupaya terus menerus bersama pengurus dan relawan PPNI yang senantiasa membantu dengan sigap terhadap korban yang terdampak banjir.

Pengamatan dan pemantaun yang dilakukan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI terhadap upaya yang dilakukan di setiap level kepengurusan PPNI pada wilayah terdampak, agar berjalan baik dan bersinergi dengan penanganan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan setempat.

Saat ini langkah terbaik juga dilakukan oleh Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PPNI Jawa Barat, melalui DPD PPNI Kota Bogor dengan mengirimkan tim relawan PPNI gelombang ke-5 untuk melakukan penanganan dampak pasca korban banjir di wilayah Kabupaten Bogor.

Dukungan kesehatan jiwa dan psikososial PPNI Kota Bogor pada warga pengungsi terdampak bencana di Desa Malasari, Kecamatan Nanggung. Dalam kesempatan itu, perawat jiwa dari RS Marzuki Mahdi Bogor turut ambil bagian dalam misi kemanusiaan tersebut.

Pada kesempatan itu, Esty selaku Camat Bogor Barat dan Yusniar yang merupakan pengurus DPW PPNI Jawa Barat melepas keberangkatan tim relawan PPNI Kota Bogor, Sabtu (11/1/2020).

Untuk wilayah DKI Jakarta, inisiasi menangani korban pasca bencana telah dilakukan DPD PPNI Jakarta Selatan melalui berbagai kegiatan pendukung lainnya.

Selain melibatkan pengurus lainnya, Iwan selaku Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan juga melibatkan Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) DKI Jakarta dan mahasiswa keperawatan yang ada di Jakarta untuk membantu para korban bencana terutama pada anak-anak di Rusunawa Pengadengan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Minggu (12/1/2020).

Sabar yang merupakan Ketua HIPGABI DKI Jakarta bersama relawan turut menyampaikan penyuluhan tentang kesehatan dan para mahasiswa keperawatan juga mendampingi anak-anak untuk mengikuti berbagai kegiatan.

Melalui kegiatan Psychological First Aid (PFA), yaitu tindakan suportif dan manusiawi oleh HIPGABI DKI Jakarta dan DPD PPNI Jakarta Selatan berupa dukungan Sosial dan Emosional atau praktis yang diberikan terhadap pengungsi, untuk dapat segera menjalani kegiatan sehari-hari di lingkungannya.

Relawan PPNI masih juga melakukan pelayanan kesehatan kepada para dampak korban bencana yang masih mengungsi maupun masyarakat yang sudah kembali ke rumahnya masing-masing, dikarenakan keadaan air sudah kembali normal. (IM)

 

Sumber : DPD PPNI Jakarta Selatan dan PPNI Kota Bogor

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: