Rapimnas & Konas IPKJI : Evaluasi Poker Dan Kepedulian Sosial

Mantap ! Stand PPNI Dikunjungi Menkes RI
10 November 2018
PPNI Kota Makassar Kehilangan Putra Terbaiknya
11 November 2018
Show all

Rapimnas & Konas IPKJI : Evaluasi Poker Dan Kepedulian Sosial

Wartaperawat.com – Mengamati fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dan upaya penguatan organisasi profesi dalam memberikan kontribusi maupun solusi terbaik dalam menangani problema yang ada perlu mendapat dukungan dan perhatian. Selain itu, mengevaluasi program kerja dalam OP perlu dilakukan agar lebih baik lagi ke depannya.

Untuk itulah, Ikatan Perawat Kesehatan Jiwa Indonesia (IPKJI) mengadakan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Konferensi Nasional (Konas) di Four Points Hotel – Makassar, 8-10 November 2018.

Acara yang dihadiri Plt Kadis Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan H. Bachtiar Baso mewakili Gubernur Sulsel, Walikota Makassar Dany Pomanto dan para undangan lainnya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah pada hari Kamis (8/11/2018).

Dalam sambutannya, sebelum membuka acara tersebut, Harif Fadhillah mengatakan bahwa ilmu keperawatan jiwa sudah sangat maju dan bersyukur secara rutin telah dilakukannya konferensi oleh IPKJI. Disamping itu, ia berharap lebih besar lagi, bahwa ilmu keperawatan jiwa tidak hanya cukup di konferensikan dan didiskusikan pada ruang-ruang seminar, namun hendaknya digunakan dalam praktik terutama pada praktik mandiri.

Harif mengingatkan dan memberi tantangan kepada perawat-perawat jiwa untuk tahun depan, sudah mendapatkan laporan jumlah perawat jiwa yang praktik bertambah pesat, dikarenakan pengakuan sesungguhnya terhadap profesi tersebut, bila dapat langsung dirasakan masyarakat yang secara mandiri dipertangungjawabkan oleh perawat.

Dikemukakannya, sebagai badan kelengkapan PPNI, IPKJI diharapkan berperan dalam meningkatkan dan mempertahankan kompetensi perawat di area kesehatan jiwa sebagai bagian fungsi utamanya. Untuk menjalankan fungsi tersebut secara paralel harus dilakukan penguatan kelembagaan IPKJI sebagai organisasi antara lain : melalui konstitusi dan regulasi, pengurus, anggota, sarana dan prasarana serta jejaring.

Ketum PPNI berharap juga IPKJI dapat meningkatkan focusing peran utamanya, disamping peran kontribusi atau keterlibatan pada program pihak lain.

Ketua DPW PPNI Sulawesi Selatan Abdul Rakhmat berkesempatan hadir di acara Konferensi Nasional IPKJI.

Melalui pesan tertulisnya, Sabtu (10/11/2018), Ketua PP IPKJI Chika Tjahjanti mengungkapkan kegiatan Rapimnas IPKJI VI (7-8 Nov 2018) bertujuan mengevaluasi perkembangan program kerja Pengurus Pusat maupun Pengurus Wilayah IPKJI dan membahas issue lainnya.

Ditambahkannya, untuk Konferensi Nasional (Konas) Keperawatan Jiwa XV (8-10 Nov 2018) merupakan kegiatan ilmiah tahunan IPKJI, mengangkat tema “Pencegahan Dini Kenakalan Remaja dengan Pendekatan Psikoedukasi melalui Kerjasama Lintas Program dan Lintas Sektoral”.

Tentunya, ia berharap terhadap PPNI adanya dukungan organisasi profesi terhadap seluruh kegiatan IPKJI baik di tingkat pusat (PP) maupun wilayah/propinsi (DPW), kota (DPD) untuk penguatan organisasi IPKJI.

Chika berharap kepada peserta, dikatakannya bahwa Konas ini merupakan ajang untuk silahturahim perawat jiwa, update dalam pelayanan keperawatan masyarakat, khususnya dalam upaya pencegahan perilaku menyimpang remaja dengan sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman, oral presentasi hasil penelitian dan sosialisasi hasil Rapimnas yang dikemas dalam sidang 3 komisi besar (pelayanan Keperawatan, diklat dan organisasi) serta hospital tour ke RSKD Dadi dan Puskesmas SAMATA yang sukses dalam pelayanan kesehatan jiwa di tingkat fasyankes primer.

Dijelaskannya pula, kedua kegiatan sudah ditutup dan berjalan lancar selama pelaksanaan. Hal ini berkat dukungan DPP PPNI, DPW PPNI Prov Sulsel, DPD Kota Makasar, Kemenkes RI, Pemda Prov Sulsel, Pemkot Makassar, Dinkes Prov Sulsel, Dewan Pakar IPKJI, seluruh PW IPKJI se Indonesia, seluruh panitia (SC-OC) Rapimnas-Konas XV dan seluruh perawat jiwa se Indonesia. (IM)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: