Puskesmas Koja Jakarta Utara Terima Bantuan Alkes Untuk Lansia

PPNI DKI Jakarta Peduli & Pelopor Salurkan Bantuan Korban Gempa Di NTB
31 Juli 2018
Keprihatinan Problema Perawat, Stikes Abdi Nusantara Jakarta Temuin Wakil Rakyat
2 Agustus 2018
Show all

Puskesmas Koja Jakarta Utara Terima Bantuan Alkes Untuk Lansia

Wartaperawat.com – Setiap warga negara berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan serta menjaga kualitas hidupnya agar terhindar dari berbagai penyakit. Berbagai usaha dan upaya telah dilakukan oleh pemerintah agar masyarakat terbiasa menjalankan hidup sehat.

Menjaga hidup sehat tidak hanya dilakukan pada masa remaja ataupun dewasa saja, namun disaat masa lanjut usia (lansia) masalah kesehatan perlu mendapatkan perhatian pula.

Dalam hal ini, tentunya proses menjaga kesehatan terutama dilakukan oleh individu masing-masing disamping sarana dan penunjang kesehatan menjadi bagian yang saling mendukung.

Selain peranan pemerintah melalui Dinas Kesehatan yang ada di setiap daerah senantiasa menyediakan layanan kesehatan dan sarana penunjang kesehatan, namun pada saat ini pihak swasta telah ikut serta membantu pemerintah dalam mengatasi masalah kesehatan.

Dukungan dan inisiatif ini telah diperlihatkan oleh Pertamina Lubricants, sebagai perusahaan yang memproduksi oli mesin, melalui Program CSR (Corporate Social Responsibility) nya yang turut membantu dan berbagi kepada masyarakat yang berada disekitar lokasi produksinya.

“Hari ini kegiatan launching pemberian bantuan alat kesehatan dari Pertamina Lubricants yang berlokasi di daerah Kecamatan Koja kepada Puskesmas Koja, berupa alat untuk skrining penyakit tidak menular kepada Lansia. Alat kesehatan yang diterima berupa timbangan badan, pengukur tinggi badan, alat deteksi gula darah, pita pengukur lingkar perut termasuk tongkat untuk senam air,” terang dr. Lysbeth, setelah menerima bantuan dari Pertamina Lubricants di area kolam renang Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, DKI Jakarta, Selasa (31/07/2018).

Kepala Puskesmas Koja ini berharap agar bantuan yang diberikan, dapat membantu petugas kesehatan dalam proses melakukan skrining terhadap para lansia, yang bertujuan untuk mengetahui tinggi badan, berat badan, kadar gula darah maupun lingkar perutnya. Melalui cara ini, kondisi kesehatan Lansia dapat diketahui dan sekaligus memberikan arahan bagi yang mengalami gangguan kesehatan.

“Para Lansia dapat langsung mengecek kesehatannnya, apakah mengalami penyakit seperti hipertensi, diabetes termasuk kondisi lingkar perut, yang mana suatu petanda penyakit degrenatif. Bila ada kemungkinan mengarah kepenyakit tersebut, tentunya kami akan intervensi, anjurkan berobat dan merubah gaya hidup mereka,” ungkap dr. Lysbeth.

Ia jelaskan juga bantuan lainnya berupa alat tongkat (noddle) yang dapat digunakan di saat senam dalam air. Pemberian ini sesuai dengan telah terbentuknya club senam sehat di air pada wilayah Kecamatan Koja ini. Menurutnya pula, alat bantu aquarobic ini dapat memberikan semangat kepada para pesenam Lansia untuk melakukan variasi gerakan dan biasa dilakukan di kolam renang ini nantinya. Tentunya semua masyarakat dan Puskesmas Koja berterima kasih atas bantuan ini.

“Saya ucapkan terima kasih sedalam-dalamnya atas perhatian Pertamina Lubricant kepada Puskesmas Koja dan warga Lansia. Saya berharap dapat dilakukan juga di Kecamatan lainnya, jadi tidak hanya di Kecamatan Koja dan Lagoa saja. Semoga warga Lansia khususnya di Kecamatan Koja dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuin ini,” harapnya.

Launching Program CSR Poduction Unit Jakarta, Pertamina Lubricant dengan memberikan bantuan sarana alat kesehatan bagi Lansia pada tahap pertama ini kepada Puskesmas Koja ini mendapat respon yang baik dari warga Lansia.

Namun sebelum acara dimulai, tenaga kesehatan Puskesmas Koja menyempatkan lakukan tes kesehatan kepada para undangan yang mayoritas lansia.

Nampak hadir pada kegiatan ini perwakilan Walikota Jakarta Utara,  Wawan Budi Rohman Assisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat, Perwakilan Kecamatan Koja, Perwakilan Polsek dan Koramil Koja dan para undangan lainnya.

Sementara dari pihak Pertamina Lubricants diwakili Ahmad Anshori Senior CSR Officer dan Yus Ardianto PJS Manager Production Unit Jakarta yang sekaligus secara simbolis menyerahkan bantuannya.

Penyerahan bantuan ini merupakan tahap pertama dan akan dilanjutkan nantinya bantuan tahap selanjutnya. (IM)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: