Program Rutin Pengmas & Kontribusi PPNI Diapresiasi Masyarakat

Selamat & Sukses ! Ketum DPP PPNI Diwisuda Untuk Strata Dua Hukum Kesehatan
15 September 2018
Pemerintah Kampanyekan Upaya Pencegahan Stunting Di Indonesia
17 September 2018
Show all

Program Rutin Pengmas & Kontribusi PPNI Diapresiasi Masyarakat

Wartaperawat.com – Program kegiatan pengabdian masyarakat yang digagas oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mendapatkan respon yang baik dari tokoh masyarakat. Program kegiatan yang dilakukan menjadi agenda PPNI untuk meningkatkan peranan di lingkungan  masyarakat sekitar terutama dalam pelayanan kesehatan.

Kegiatan rutinitas pengabdian masyarakat telah dilaksanakan Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI bersama Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Jakarta Selatan dan melibatkan para pengurus RW 08 di wilayah Kelurahan Lenteng Agung,  Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan.

“Kita bersama-sama berupaya meningkatkan pengetahuan kita tentang kesehatan, juga upaya mencegah berbagai penyakit terhadap warga di lingkungan RW O8. Hari ini kita memberikan pengetahuan masalah hipertensi atau darah tinggi, dalam hal penyebab dan pencegahan serta penanganannya,” ucap Iwan saat memberikan sambutan pada kegiatan pengabdian masyarakat di Graha PPNI, Jalan Lenteng Agung no 64 Jakarta, Sabtu (15/9/2018).

Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan ini mengatakan penanganan penyakit tidak menular (seperti : hipertensi) tidak semata-mata pengobatan dilakukan dengan berobat maupun datang ke rumah sakit. Menurutnya, ada upaya lain, dengan cara berolah raga. Dengan berolah raga, pembuluh darah menjadi rilek dan peredaran darah menjadi lancar. Selain itu, kegiatan pengabdian masyarakat ini, akan memberikan penyuluhan hal lainnya sesuai dengan kebutuhan.

“Beberapa materi yang berkaitan karang taruna, ibu hamil dan lansia, yang nantinya kita siapkan untuk kebutuhan warga. Kami juga sering berkonsultasi dengan pengurus RW 08 dan selama kami dapat membantu, kami siap membantu kebutuhan demi kepentingan warga,” terang Iwan.

Ia juga menginformasikan bahwa nantinya kesekretariatan DPD PPNI Jakarta Selatan yang lokasinya akan masuk dalam wilayah RW 08 Kel. Lenteng Agung. Dikarenakan Pengurus DPD Jakarta Selatan baru saja mendapatkan lahan baru di wilayah tersebut.

“Tentunya keberadaan kami dapat bermanfaat, kita berharap masyarakat disini sehat terus, kita dapat beraktifitas tanpa penyakit,” harapnya.

Pada kegiatan pengabdian masyarakat kali ini, diawali dengan senam sehat, pemeriksaan kesehatan, konsultasi dan penyuluhan kesehatan dengan materi hipertensi yang disampaikan oleh Andri Purnamadi dari Puskesmas Cilandak.

Dalam kesempatan yang sama, Teguh Winarno Ketua RW 08 Kel. Lenteng Agung mengapresiasi kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan PPNI kepada masyarakat yang berada dalam wilayahnya dan kontribusi PPNI terhadap kegiatan lainnya.

“Saya rasa bagus, kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat khususnya di RW 08. Masyarakat menyambut baik dan luar biasa kegiatan ini. Upaya ini penting dilakukan pada setiap bulan sekali dan rutin diadakannya, sekaligus kegiatan Posbindu serta dibentuknya juga di gedung PPNI. Tentunya kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan masyarakat,”  kata Teguh.

Ia mengungkapkan hubungan PPNI dengan pengurus RW maupun masyarakat sekitarnya telah memberikan kesan yang baik semenjak keberadaannya dan saling melengkapi.

“Saya rasa dari awal PPNI sangat berkontribusi terhadap lingkungan, termasuk membantu dalam kontribusi pembangunan kantor RW dengan cukup besar, terbesar dan pertama kali di lingkungan RW 08. Sekaligus dalam bidang kesehatan, melayani pemeriksaan kesehatan yang sangat bagus, dengan cara pemeriksaan secara gratis di lingkungan masyarakat sekitar,” pungkasnya. (IM)

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: