PPNI Qatar Berpartisipasi Demi Sukseskan PEMILU 2019

PPNI SBT Laporkan Ke Polisi, Dugaan Pemuda Menghina Profesi Perawat
16 April 2019
DPD PPNI Jakarta Utara Akan Gelar Workshop Nasional
18 April 2019
Show all

PPNI Qatar Berpartisipasi Demi Sukseskan PEMILU 2019

Wartaperawat.com – Kegiatan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legistatif dan Anggota DPD RI yang berlangsung secara serentak pada hari Rabu (17/4/2019) di seluruh Indonesia merupakan pesta demokrasi rakyat terbesar di dunia.

Bagi warga Indonesia yang berada di luar negeri juga mendapatkan kesempatan yang sama untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2019.

Namun pelaksanaan pencoblosan Pemilu di luar negeri dilaksanakan terlebih dahulu, sedangkan perhitungan surat suara dilakukan pada hari Rabu (17/4/2019).

Dalam upaya mensukseskan proses demokrasi, Dewan Pengurus Luar Negeri (DPLN) Persatuan Perawat NasionaI Indonesia (PPNI) cabang Qatar selalu aktif berpartisipasi dalam segala kegiatan yang diselengarakan oleh masyarakat Indonesia di Qatar.

Seperti pemilu yang sebelumnya anggota PPNI Qatar juga masuk dalam kepanitiaan di Pemilu 2019, diantaranya :

Pada tahapan Pendaftaran Pemilih : 1. Arief Hidayat (untuk coklit calon pemilih).

Pada tahapan Pemungutan & Penghitungan Suara : 1. Sugeng (KPPSLN) 2. Wisnu (KPPSLN) 3. Tri Eko (KPPSLN) 4. Ria Budi (KPPSLN) 5. Daben (Ketertiban) 6. Imron (Saksi TKN) 7. Asep (Saksi BPN).

Untuk pemungutan suara di Qatar telah berlangsung pada hari Jumat, 12 April 2019.

Pelaksanaan pemungutan suara berlangsung lancar dan aman di empat lokasi yaitu : Doha, Dukhan, Al Khor dan Mesaieed.

Lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) Doha di Qatar Sports Club, Dukhan di Jinnan Recreation Club, Al Khor di Al Khor International School, dan di Mesaieed berlangsung di Al Banush Club.

Metode pemungutan suara di Qatar menggunakan dua cara, yaitu TPS dan Kotak Suara Keliling (KSK). Sebanyak 17 lokasi TPS dan 2 KSK, tersebar di Doha (9 TPS), Dukhan (1 TPS), Al Khor (3 TPS) dan KSK (2).

Pemungutan suara dilakukan mulai pukul 1.00 pm – 9.00 pm untuk seluruh lokasi TPS, sedangkan KSK berlangsung dari tanggal 9-12 April 2019.

Anggota PPNI dan para calon pemilih yang lain sangat antusias menyalurkan hak pillihnya.

Seluruh kotak suara dan surat suara yang sudah dicoblos saat ini disimpan di gudang penyimpanan yang berada di salah satu ruangan terkunci di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Doha. Tempat penyimpanan dilengkapi dengan CCTV yang dapat dipantau secara online oleh PPLN dan Panwaslu.

Penyimpanan kotak suara disaksikan oleh KPPSLN, PPLN, Panwaslu dan saksi dari masing-masing pasangan calon dan partai peserta Pemilu.

Proses selanjutnya adalah penghitungan suara yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019, mulai pukul 9.00 am sampai selesai.

Berdasarkan keterangan dan pesan tertulisnya, Selasa (16/4/2019), Sukartana Rusna selaku Ketua DPLN PPNI Qatar mengucapkan banyak terimakasih kepada rekan-rekan yang terlibat aktif dalam kepanitian Pemilu 2019.

Dikatakannya, anggota PPNI yang terlibat dalam kepanitiaan akan melanjutkan tugas pada hari yang ditentukan dan juga mengajak anggota lain untuk hadir pada acara tersebut agar mendapatkan informasi langsung dan fakta yang sebenarnya hasil pencoblosan di LN (Qatar). (IM)

 

Sumber : Ketua DPLN PPNI Qatar

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: