PPNI Kab Sukabumi Berkontribusi Tangani Korban Tanah Longsor

PPNI Jawa Timur Kirim Relawan Sambut Tahun Baru 2019
2 Januari 2019
Relawan PPNI Jawa Tengah Layani Korban Pasca Tsunami
4 Januari 2019
Show all

PPNI Kab Sukabumi Berkontribusi Tangani Korban Tanah Longsor

Wartaperawat.com – Kabar duka dialami kembali oleh masyarakat Indonesia, dengan terjadimya musibah bencana alam di penghujung tahun 2018. Kabar mengejutkan ini berasal dari kejadian tanah longsor yang disertai turunnya hujan.

Musibah tanah longsor terjadi pada hari Senin (31/12/2018), pukul 17.30 WIB di Dusun Garehong Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Dalam upaya menolong dan meringankan dampak korban, Tim Reaksi Cepat (TRC) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Persatuan Perawat NasionaI Indonesia (PPNI) Kabupaten Sukabumi langsung merespon terjadinya bencana longsor tersebut dengan mengirimkan personel sejak hari pertama evakuasi.

Dengan kejadian ini diperlukan penanganan sigap, tim relawan yang terdiri dari pengurus DPD PPNI Kab Sukabumi beserta anggota, yang dikoordinir oleh Hj. Sri Yuliawati selaku Ketua Bidang pelayanan DPD PPNI Kab Sukabumi telah melakukan hal tersebut.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan tertulis, Kamis (03/01/2019) Ketua DPD PPNI Kab. Sukabumi H. Masykur Alawi menyatakan bahwa PPNI sebagai organisasi profesi kesehatan dengan jumlah anggota terbanyak, dan juga mempunyai keahlian dalam pertolongan kegawatdaruratan bencana terpanggil untuk ikut berkontribusi baik tenaga, pemenuhan kebutuhan, dan materi.

Menurut Masykur, kalau dari segi tenaga, PPNI sudah mengerahkan segala kemampuan sebagai perawat untuk menolong korban sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Dikatakannya pula, dalam segi pemenuhan kebutuhan, DPD PPNI Kab Sukabumi juga memberikan berbagai kebutuhan bagi korban maupun masyarakat yang membutuhkan, seperti pakaian layak pakai yang masih diperlukan.

Untuk selanjutnya, DPD PPNI Kab Sukabumi akan terus berkontribusi dalam musibah ini sampai ke tahap rehabilitasi, setelah Masykur bersama tim relawan PPNI dan tim kesehatan lainnya melihat langsung lokasi kejadian bencana.

Dijelaskannya, kegiatan yang dilakukan selalu bersamaan dengan upaya kedinasan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas-Puskesmas.

Pada tahap berikutnya, Masykur merencanakan adanya kegiatan pasca bencana, dengan cara DPD PPNI Kab Sukabumi bermaksud akan mengadakan kegiatan Trauma Healing.

Berdasarkan data sementara Basarnas berkaitan musibah tanah longsor ini, ada 13 orang dinyatakan meninggal dan teridentifikasi, Luka-luka 3 orang, selamat dari musibah ada 64 orang dan diperkirakan sebanyak 20 orang belum ditemukan. (IM)

 

Sumber : Ketua DPD PPNI Kabupaten Sukabumi

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: