PPNI & HIPGABI Riau Peduli, Terlibat Dalam Solusi Atasi Kabut Asap

Pemerintah Riau Sediakan 75 Ruang Aman Asap Bagi Warganya
21 September 2019
BBH PPNI Lanjutkan Mengedukasi Masalah Hukum Bagi Pengurus PPNI Wilayah Timur
23 September 2019
Show all

PPNI & HIPGABI Riau Peduli, Terlibat Dalam Solusi Atasi Kabut Asap

Wartaperawat.com – Melalui kerjasama dan dukungan dari berbagai unsur maupun pihak terkait diharapkan dapat mengatasi kabut asap yang terjadi belakangan ini.

Dalam upaya penanggulangan bencana yang diakibatkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau telah dilaksanakan pertemuan dengan pihak terkait.

Pertemuan berlangsung di Ruang Rapat Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Jumat (20/9/2019) dan dibuka oleh Mimi Yuliani Nazir selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Turut hadir dalam pertemuan Elia Tarigan sebagai Ketua DPW Persatuan Perawat Nasional Indonesia Indonesia (PPNI) Provinsi Riau bersama Afridah Ketua Himpunan Perawat Gawat Darurat dan Bencana Indonesia (HIPGABI) Provinsi Riau dan para undangan lainnya.

Usai pertemuan melalui pesan tertulisnya, Sabtu (21/9/2019), Afridah menginformasikan yang berkaitan dengan hasil pertemuan dalam upaya penanggulangan bencana kabut asap.

Dituliskannya, beberapa kesimpulan dari hasil pertemuan tersebut, diantaranya : 1. Dalam Poltekes bersedia memberdayakan mahasiswa dalam penangulangan krisis kesehatan, 2. Pembentukan posko utama di Dinas Kesehatan Provinsi Riau, 3. Melakukan penguatan masyarakat melalui dasawisma, 4. Meminta kontribusi sekolah kesehatan untuk membantu petugas kesehatan, 5. Semua data harus melalui Dinas Kesehatan Provinsi Riau, 6. Masing-masing organisasi mengirimkan 10 orang anggota untuk mengikuti pelatihan pembuatan alat penjernih sederhana.

Selain itu, Ketua HIPGABI menjelaskan adanya kegiatan aksi peduli dengan pembagian masker yang dilakukan di wilayah Riau. Melalui kegiatan tersebut, ia berharap agar dapat mengurangi dampak dari akibat asap, memberikan edukasi kepada masyarakat supaya selalu memakai masker saat keluar rumah, dan dapat mengurangi penyakit ISPA.

Sementara pembagian masker telah dilaksanakan pada Rabu (18/9/2019) oleh HIPGABI Riau bersama DPD PPNI yang ada di wilayah Provinsi Riau.

Berkat bantuan dari pihak BPBD Provinsi Riau, 1.500 masker telah dibagikan kepada masyarakat terdampak kabut asap. (IM)

 

Sumber : Ketua HIPGABI  Provinsi Riau

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: