PPNI Banten Usulkan Galang Dana, Bangun Rumah Perawat Terdampak Tsunami

GNPHI Sumsel Temui Gubernur, Perjuangkan Nasib & Status Perawat Honor
7 Februari 2019
DPP PPNI Terima Kunjungan DPLN Qatar, Bahas Kepentingan Perawat
9 Februari 2019
Show all

PPNI Banten Usulkan Galang Dana, Bangun Rumah Perawat Terdampak Tsunami

Wartaperawat.com – Menyatukan rasa kesetikawanan untuk membantu rekan perawat yang mengalami musibah atau cobaan perlu mendapatkan dukungan agar masalah yang dihadapi dapat secepatnya berlalu.

Rasa kepedulian akan cepat meningkat setelah melihat realita situasi terakhir dari rekan perawat yang mengalami nasib yang sama dengan warga lainnya, pada saat terjadinya bencana tsunami Selat Sunda pada hari Sabtu (22/12/2019) lalu, yang telah menghancurkan tempat tinggal maupun kehilangan orang-orang yang dicintai.

Pada rangkaian kunjungan, Pengurus DPP PPNI, DPW PPNI Banten bersama Grup RS Siloam menyerahkan bantuan berupa uang yang diberikan secara langsung kepada perawat terdampak di Aula Puskesmas Sumur, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang  dan juga di lokasi rumah perawat yang hancur akibat terjangan ombak tsunami.

Melihat puing maupun rumah yang telah rata menjadi menjadi tanah, tentunya dapat membangkitkan semangat kepedulian kembali untuk bersama-sama nantinya meringankan beban rekan perawat dan memotivasinya untuk menatap masa depan yang lebih baik lagi.

“Kita seprofesi keperawatan memang turut prihatin terhadap saudara kita yang terkena musibah tsunami ini. Tentunya ini merupakan ujian dan kesabaran bagi teman yang mengalami musibah ini. Selain itu, kita juga prihatin dengan rumah saudara kita yang turut hancur diterjang ombak tsunami, dan mudah-mudahan cepat kembali terbangun,” kata Ahmad Darajat, usai melihat langsung kondisi terakhir sisa rumah perawat di Kampung Legon, Desa Sumber Jaya Kec. Sumur Kabupaten Pandeglang, Banten, Sabtu (2/2/2019).

Ketua DPW PPNI Provinsi Banten menyampaikan ucapan terimakasih atas bantuan perawat yang telah disalurkan bantuannya pada saat ini. Disamping itu, Ahmad Darajat mengharapkan dari profesi perawat yang dicintai ini untuk terus memberikan dan meningkatkan kepedulian serta menjalin kekompakan bagi sesama teman sejawat, dengan cara bahu membahu dan tolong menolong kepada yang terkena musibah.

Ahmad Darajat juga menghimbau bagi yang belum sempat tergerak hatinya, nantinya dapat turut mendukung kegiatan yang akan datang untuk mengurangi beban bagi yang terkena dampak bencana. DPW PPNI Banten akan merencanakan dengan PPNI Pusat, terutama pada bidang kesejahteraan DPP PPNI untuk membantu menangani rumah perawat yang hancur.

“Kita akan mencoba menggalang dana atau untuk bantuan bedah rumah, mudah-mudahan dari bantuan perawat dimanapun berada, melalui dana yang sedikit demi sedikit dapat terkumpaul, nantinya rumah perawat yang hancur saat ini, dapat kita bangun kembali dengan dana bantuan tersebut,” harap Ahmad Darajat.

Dalam kesempatan yang sama, Erwin Selaku Ketua DPP PPNI Bidang Kesejahteraan menanggapi usulan mengenai penggalangan dana bagi rumah perawat terdampak korban tsunami dan perlunya mendapatkan perhatian khusus berkaitan dengan masalah ini.

“Pada prinsipnya sejak awal PPNI berinisiasi ini untuk hal tersebut, terlebih lagi hari ini kita mendapatkan bukti di lapangan, yang sebetulnya akan menggugah hati bagi perawat di Indonesia. Tentunya nanti kita akan kabarkan informasi ini secepatnya, supaya penggalangan dana ini dapat terealisasi,” tegasnya.

Erwin menginginkan, agar dapat juga perawat memikirkan dan merasakan pula keadaan ini seperti teman perawat yang telah merasakan musibah tersebut. Bagaimana perasaannya dengan rumah yang sudah tidak ada lagi, rata dengan tanah dan juga perawat bersama keluarganya akan tinggal dimana bila keadaan seperti ini.

“Saya yakin perawat Indonesia dapat membantu apa yang kita usulkan tersebut, dengan saling bahu-membahu dan tolong menolong sesama teman perawat, agar kehidupannya dapat normal kembali, terutama bila ada keluarganya yang meninggal dan rumahnya sudah tidak ada lagi,” imbuh Erwin.

Erwin juga menerangkan bahwa rumah dari sahabat perawat yang merupakan kepala Puskesmas Sumur turut juga hancur dalam musibah ini.

“Saya kira kita perlu mendukung atas inisiatif ini dan akan dijalankan kedepannya. Tentunya tidak disini saja, nanti kita akan sisir di daerah NTB maupun Sulteng. Kita akan berkooordinasi dengan DPW PPNI masing-masing daerah atas usulan yang baik ini,” tutur Erwin.

Turut hadir dalam kegiatan pemberian bantuan, diantaranya Siti Komariah selaku Ketua Bidang Pelayanan DPW PPNI Banten sekaligus Ketua HPMI Banten, Pengurus DPW PPNI Banten Lainnya, Ketua DPD PPNI Pandeglang Nuriah dan perwakilan dari RS Siloam Kabupaten Tangerang dan rekan perawat lainnya.  (IM)

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: