Perawat Klinik Jadi Fokus PPNI Jakarta Pusat Sosialisasikan Kebijakan & Regulasi PPNI Terkini

Kontribusi PPNI Pada KARS & Asesor RS, Demi Menjaga Kualitas Keperawatan
29 November 2019
Kuker DPP PPNI Ke DPW Kepri : Informasikan Kemajuan PPNI & Cara Penguatan OP
2 Desember 2019
Show all

Perawat Klinik Jadi Fokus PPNI Jakarta Pusat Sosialisasikan Kebijakan & Regulasi PPNI Terkini

Wartaperawat.com – Penguatan organisasi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dapat  dilakukan secara terus-menerus dalam upaya meningkatkan pelayanan pada anggota yang sesuai dengan visi dan misi organisasi.

Masih adanya anggota dan pengurus yang masih belum menguasai sentral sertifikasi, yang merupakan sistem penerbitan Satuan Kredit Profesi (SKP) dan kegiatan non SKP dalam pengajuan rekomendasi SKP untuk kegiatan karya ilmiah perlu mendapatkan perhatian.

Upaya pengembangan diri bagi semua pengurus dalam melayani kebutuhan anggota sekaligus meningkatkan profesionalisme dan kompetensi perawat menjadi bagian program kerja Dewan Pengurus Pusat (DPP) PPNI hingga pada level Komisariat (DPK).

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Jakarta Pusat menggelar kegiatan seminar keperawatan bagi perawat yang bekerja di klinik maupun pelayanan kesehatan di lingkungan wilayah Jakarta Pusat.

“Hari ini kita melakukan kegiatan seminar keperawatan, sebenarnya difokuskan sasarannya kepada rekan-rekan perawat klinik yang berada di wilayah Jakarta Pusat. Diselenggarakan, karena rekan-rekan yang ada di klinik Jakarta Pusat ini agak lambat mengupdate perkembangan organisasi profesi dibandingkan rekan-rekan yang ada di DPK,” ungkap Ns. Nana Supriyatna, S.Kep, M.Kep, Sp.Kep Kom disela-sela kegiatan di Auditorium Service Center RS St Carolus Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Selaku Ketua DPD PPNI Jakarta Pusat menerangkan bahwa fokus seminar ini lebih bagaimana melakukan sosialisasi terkait dengan perkembangan kebijakan PPNI, ataupun hal-hal lain yang berkaitan dengan kompetensi dan sistem regulasi yang terbaru.

“Jadi sosialisasi ini harus dipahami oleh rekan-rekan perawat, sehingga kita merasa kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk fokus pada teman-teman perawat yang ada di klinik. Kegiatan ini merupakan langkah-langkah sebagai penguatan organisasi untuk bagaimana meningkatkan pemahaman perawat terhadap organisasi profesi,” terangnya.

Diungkapkannya, untuk strategi kedepannya DPD PPNI Jakarta Pusat mendorong agar rekan-rekan perawat yang berada di klinik-klinik dapat bergabung dengan Komisariat-Komisariat di sekitar tempat mereka kerja, sehingga nantinya hal-hal yang berkaitan dengan perkembangan PPNI dapat di akses dan didapat dari Komisariat.

“Harapan kedepannya, tentunya semua perawat paling tidak dapat terfasilitasi mengenai perkembangan PPNI, terutama yang berkaitan dengan sistem regulasi. Saat ini yang menjadi masalah adalah bagaimana sistem re-registrasi online yang memprasyaratkan sistem PKB,” katanya.

“Rekan-rekan yang di klinik masih banyak yang belum paham bagaimana mengakses sistem keanggotaan, website yang berhubungan dengan PKB, sehingga mereka sering mengalami kendala dalam proses perpanjangan STR,” lanjutnya.

Dijelaskannya, kegiatan ini merupakan salah satu solusi yang untuk melakukan sosialisasi terhadap rekan-rekan yang berada di klinik. Kegiatan sosialisasi mengenai kebijakan  seperti ini sudah rutin dilakukan terhadap DPK-DPK, namun agak terhambat diterapkan kepada rekan-rekan yang berada di klinik.

Berdasarkan penerapan SIMK (Sistem Informasi Keanggotaan) dan sistem pelayananan secara online lainnya yang diprakarsai DPP PPNI, Nana Supriyatna memberikan penilaian yang baik dan perlu disosialisasikan secara terus menerus.

“Sistemnya sudah bagus, memudahkan kita untuk lebih mengevaluasi bagaimana keanggotaan rekan-rekan perawat. Tentunya perubahan sistem online ini membutuhkan penyesuaian terhadap rekan perawat untuk dapat mengenal dan mengakses sistem online ini, baik sistem keanggotaan ataupun PKB Online dan hal ini penting dilakukan sosialisasi,” pungkasnya.

Kegiatan seminar dengan tema Profesionalisme Perawat Dalam Peningkatan Kualitas dan Legalitas di Fasilitas Kesehatan Wilayah Jakarta Pusat, dihadiri Kepala Bidang Keperawatan RS St Carolus Bertha Tri sumartini, M.Kep dan para undangan lainnya.

Panitia pelaksana seminar yang diketuai Tomy Welpa O, Amd.Kep, menghadirkan narasumber Ns. Adik Hidayat, S.Kep dengan menyampaikan materi Penguatan Organisasi, Ns. Syahreni Samosir, S.Kep, SH, MH.Kes materi Etik dan Hukum.

Sekretaris DPD PPNI Jakarta Pusat Ns. Mulyana,S.Kep juga menyampaikan materi Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan, sedangkan materi Pendidikan Keperawatan Berkelanjutan Online disampaikan oleh Ns. Aip Rukmana, S.Kep.

Kesuksesan pelaksanaan kegiatan seminar keperawatan ini berkat kerjasama pengurus DPD PPNI Jakarta Pusat dengan DPK PPNI RS St Carolus. (IM)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: