Pengurus HPMI : Peran Perawat Manajer, Kunci Keberhasilan Pelayanan

Ini PR & Siaga HIPGABI Tangani Dampak Bencana Di Tanah Air
6 November 2018
Kemenkes Berduka, Dokter Korban Pesawat Lion Air Telah Dimakamkan
8 November 2018
Show all

Pengurus HPMI : Peran Perawat Manajer, Kunci Keberhasilan Pelayanan

Wartaperawat.com – Kemajuan teknologi secara global perlu diimbangi dengan kualitas pelayanan pada bidang keperawatan. Tuntutan masyarakat yang menginginkan pelayanan bermutu terus meningkat seiring dengan perkembangan teknologi di era millenial.

Untuk menambah kompetensi terutama bagi perawat manajer, maka Himpunan Perawat Manager Indonesia (HPMI) Provinsi Banten yang diketuai Ns. Siti Komariah, S.Kep., MARS telah menggelar seminar dengan tema “Penguatan Peran Perawat Manajer Dalam Meningkatkan Pelayanan – Asuhan Keperawatan Di Era Millenials” dan dilanjutkan Rakerwil HPMI Banten.

Pada seminar ini menghadirkan narasumber berkompeten, yaitu : Dr. Rita Sekarsari, S.Kp.,Sp KV., MHSM dengan menyampaikan materi Trend dan Issue Performa Perawat Millenial dan materi Kiat Perawat Manajer Menghadapi Perawat Generasi Millenial disampaikan Ns. Siti Komariah, S.Kep., MARS, sedangkan Faried Kassa, S.Pd memberikan materi motivasi kepemimpinan.

Setelah penyampaiannya sebagai keynote speaker di acara ini, Sugih Asih, S.Kp., M.Kep memberikan pendapat terhadap pelaksanaan seminar yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris DPW PPNI Banten Ns. Fatoni, S.Kep., M.Kep, menjadi kegiatan yang dapat bermanfaat bagi perawat manajer dalam upaya meningkatkan kompetensinya.

“Kegiatan ini merupakan ide yang sangat baik, bahwa HPMI harus mengkawal dalam hal pelayanan, jadi ini untuk mengumpulkan seluruh perawat manajer yang ada di Banten. Jika ini terlaksana, berdampak baik terhadap pelayanan di RS, karena penguatan itu diawali dengan perawat manajer dulu, baru nantinya diteruskan oleh perawat lain sebagai pelaksana,” ucap Sugih Asih di Hotel Yasmin, Tangerang, Banten, Sabtu (03/11/2018).

Pengurus HPMI Pusat ini mengatakan perlunya perawat untuk mempersiapkan diri memasuki era millenial dan industri 4.O. Ia mengakui bahwa selain penggunaan teknologi, saat ini sentuhan manusia itu masih diperlukan.

Dikatakannya lagi, perlu dan penting seorang perawat manajer itu menjadi pendengar yang baik, harus melakukan observasi dan juga peka terhadap perubahan yang terjadi.

“Bila menjadi seorang pemimpin itu, harus menggunakan teknologi, inclusive, menerima perubahan, harus berobservasi dan harus pula berpikir kritis,” ungkap Sugih Asih yang juga Ketua HPMI DKI Jakarta.

Kepala Bagian SDM RSUP Fatmawati – Jakarta ini berharap, setelah mengikuti seminar ini perawat nantinya dapat memimpin, memberikan contoh, mendorong seluruh perawat dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatan yang bermutu dan aman. Ia mengangap peran perawat paling dominan di pelayanan kesehatan.

“Perawat itu memberikan pelayanan selama 24 jam, jadi sering berada di samping pasien. Jumlah perawat paling banyak, lebih 50% dari tenaga kesehatan di instansi pelayanan. Peran perawat itu menjadi tulang punggung di RS dan perawat manajer itu menjadi kunci keberhasilan di pelayanan,” imbuhnya. (IM)

2 Comments

  1. Dr. Sri Wedati, BSc, SKM, MKES berkata:

    Baik sekali utk vonyoh HPMI di berbagai Propinsi seluruh Indonesia

  2. Faried Kassa berkata:

    Asset terbaik dikembangkan pada wadah terbaik yaitu HPMI

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: