‘Nakes’ Posko Kesehatan Lembur, Menkes Ucapkan Terima Kasih & Terima Kritikan Untuk Perbaikan

Temuan Ombudsman, Ada Pelayanan Kesehatan Kurang Baik Saat Libur Lebaran
10 Juli 2018
FIK UI Tingkatkan Rasa Kepedulian Perawat Terhadap Pasien Kanker & Kenyamanannya
12 Juli 2018
Show all

‘Nakes’ Posko Kesehatan Lembur, Menkes Ucapkan Terima Kasih & Terima Kritikan Untuk Perbaikan

Wartaperawat.com – Tenaga kesehatan (Nakes) mempunyai peranan terpenting dalam memberikan layanan kesehatan di masyarakat. Keberadaannya diperlukan disaat masyarakat membutuhkannya terutama pada saat darurat dan hari libur.

Tingkat kepentingan ini menjadi perhatian Kementerian Kesehatan RI dalam situasi musim lebaran 2018 untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan.

Kehadiran pos kesehatan yang dibuat Dinas Kesehatan, Organisasi Profesi (PPNI), Jasa Marga dan pihak terkait lainnya sebagai upaya untuk membantu masyarakat yang memerlukan pelayanan kesehatan pada saat perjalanan arus mudik maupun balik lebaran.

.

Setelah berakhirnya libur lebaran, ada catatan tersendiri dari Ombudsman RI pada saat evaluasi dan pemaparan terhadap sarana pelayanan publik, dari hasil sidak yang dilakukan Timnya di 27 orang perwakilan Ombudsman ke tempat strategis di wilayah Indonesia.

Ombudsman selaku institusi pengawas pelayanan publik telah melakukan sidak dan menemukan temuan yang kemudian menjadi perhatian Kemenkes untuk memperbaiki kinerja pada layanan kesehatan di daerah tertentu saat musim libur lebaran mendatang.

Pada sidak bidang kesehatan, Ombudsman melakukan pemantauan selama H-4 dan dan H+4 libur lebaran di rumah sakit dan Puskesmas di Palembang, Manado, Buru Selatan, Sulawesi Tenggara, Palu, Gorontalo, dan Jambi.

Dari hasil sidak itu telah didapat sejumlah temuan yang mencakup fasilitas kesehatan dan SDM Kesehatan, seperti di antaranya UGD di RSUD Namrole, Kabupaten Buru Selatan tutup tidak ada petugas.

Dengan adanya evaluasi dan pengaduan dari Ombudsman ini, Menteri Kesehatan (Menkes) RI mengatakan temuan tersebut akan menjadi perhatian jajaran kesehatan untuk perbaikan pada mudik lebaran tahun berikutnya.

“Hasil dari Ombudsman kami menerima kritik itu untuk kita perbaiki. Kita fokus ke arus mudik, dan tempat yang dilaporkan (oleh Ombudsman) dan apapun juga menjadikan perhatian buat kami,” kata Menkes Nila Moeloek di gedung Ombudsman, Jakarta, Senin (9/7/2018).

Selain itu, Menkes mengapresiasi kepada tenaga kesehatan dan pendukungnya yang turut membantu dalam melayani masyarakat di pos kesehatan pada mudik tahun 2018 ini, dengan melibatkan banyak tenaga kesehatan.

“Nah ini saya harus terima kasih kepada tenaga kesehatan, tenaga mereka diserap begitu banyak untuk bekerja di hari kita libur. Ini yang harus kita perhatikan, karena banyak petugas Puskesmas yang pergi ke pos kesehatan di rest area, dan mudik tahun ini ada 3.910 fasilitas kesehatan yang kita siagakan termasuk pos 119,” ungkap Menkes.

Dengan adanya dukungan posko kesehatan dari organisasi profesi maupun pihak terkait lainnya dapat membantu masyarakat di bidang kesehatan walaupun di hari libur keagamaan. (IM)

 

Sumber : Berita & Foto Dari Biro Komunikasi Dan Pelayanan Masyarakat, Kemenkes RI

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: