Manfaat Pengmas PPNI Perlu Diperluas & Lebih Edukatif

Forum Komite Keperawatan Indonesia : Utamakan Kualitas & Keselamatan Pasien
18 Oktober 2018
Sekjen PPNI Secara Resmi Buka TOT Terintegrasi PPNI DKI Jakarta
20 Oktober 2018
Show all

Manfaat Pengmas PPNI Perlu Diperluas & Lebih Edukatif

Wartaperawat.com – Evaluasi terhadap program kegiatan yang masih dilakukan di tengah masyarakat perlu mendapatkan perhatian dan kepedulian dari semua pihak. Melalui kerjasama yang berkontinyu diharapkan memberikan dampak yang baik di masyarakat.

Program kegiatan Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang bersentuhan dengan masyarakat sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan bersama Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dengan Dewan Pengurus Daerah (DPD) PPNI Jakarta Selatan.

Melalui rangkaian kegiatan dan pelayanan (senam sehat, pemeriksaan kesehatan, penyuluhan) yang melibatkan masyarakat sekitar, saat ini masih berfokus di sekitar lokasi Graha PPNI dan masih menjadi perhatian pemerintah maupun masyarakat.

Semenjak peresmian Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) milik RW O8 Kelurahan Lenteng Agung, Kecamatan Jagakarsa, Jakarta Selatan yang bertempatan dilaksanakan di Graha PPNI, Rabu (21/3/2018) lalu, keharmonisan PPNI, pemerintah dan warga sekitar hingga saat ini masih tetap berjalan dan bersinergi.

“Saya selaku Lurah Lenteng Agung mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada PPNI, yang mana telah peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan bekerjasama dengan pengurus RW 08 dalam melaksanakan rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini, meliputi pelayanan Posbindu dan kegiatan lainnya. Saya berharap dan yakinkan program pengabdian masyarakat ini harus terus digalakkan, sehingga betul-betul dapat dirasakan manfaaatnya oleh masyarakat,” ucap Satia, usai mengikuti kegiatan Pengmas di Graha PPNI Jakarta, Sabtu (13/10/2018).

Satia mengungkapkan kepada PPNI agar pelaksanaan Pengmas ini tidak hanya berfokus di wilayah di lingkungan PPNI, tetapi dapat berbagi kepada lingkungan yang laiinnya dan program kesehatan pemerintah saat ini sedang berjalan dan merata di setiap RW yang ada di wilayahnya.

“Saya berharap kegiatan ini juga bisa menyebar ke RW yang lain. Ada berbagai kegiatan di wilayah kami termasuk di RW lainnya, ada Posyandu, Posyandu Lansia, Posbindu dan yang lainnya. Kalau bisa, berkenan dapat menyebarkan kegiatan semacam ini kesana juga,” katanya.

Sehubungan dengan materi penyuluhan, Ia menginginkan informasi yang berkaitan dengan edukasi bagi masyarakat luas perlu diteruskan penyampaiannya, terutama prosedur pelayanan kesehatan yang masih kurang dipahami dengan baik dan benar.

“Penyuluhan itu sangat mengapresiasi dan sangat bagus sekali masuk di dalam rangkaian kegiatan ini, seperti adanya informasi berkaitan deman berdarah, penyakit menular maupun tidak menular ataupun yang lainnya. Kami juga menyarankan adanya informasi berkaitan mekanisme pelayanan di Puskesmas dan RS, terutama pelayanan di era BPJS ini, sehingga nantinya masyarakat lebih paham dan tidak kebingungan lagi dengan pelayanan kesehatan yang saat ini sedang berjalan,”ungkap Satia.

Pada kesempatan kali ini, Ketum DPP PPNI Harif Fadhillah mewakilkan Ahmad Eru Saprudin Sekretaris III DPP PPNI untuk hadir dalam kegiatan ini. Hadir pula, Ketua RW 08 Teguh Winarno dan Koordinator Pengmas, Iwan yang juga Ketua DPD PPNI Jakarta Selatan.

Setelah berakhirnya kegiatan Pengmas, Lurah Lenteng Agung dan Pengurus DPP PPNI, Ketua RW 08 berkesempatan meninjau langsung Sekterariat DPD PPNI Jakarta Selatan yang baru.

Keberadaan Sekretariat ini di Jalan Raya Lenteng Agung No 52, masih dalam lingkungan RW O8 Kel. Lenteng Agung, Kec. Jagakarsa dan lokasinya tidak jauh dengan gedung Graha PPNI.

Kantor Sekretariat yang saat ini masih dalam tahap renovasi, nantinya akan menjadi kebanggan perawat Jakarta Selatan. (IM)

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: