HKN Tahun 2020 : PPNI Mengajak Perawat Bersatu & Merawat Masyarakat Demi Indonesia Sehat

Kemenkes Meraih Penghargaan Gold Award Tahun 2020 Tingkat Asia Pasific
12 November 2020
Kemenkes Gelar Jambore Virtual Bagi Nakes Di FKTP Dalam Rangkaian HUT HKN Ke-56
16 November 2020
Show all

HKN Tahun 2020 : PPNI Mengajak Perawat Bersatu & Merawat Masyarakat Demi Indonesia Sehat

Wartaperawawat.com – Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sebagai organisasi profesi kesehatan yang senantiasa selalu mengajak anggota perawat dalam mendukung program pemerintah.

Bersamaan dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 56 Tahun 2020, Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhilah turut menyampaikan ucapan yang berkaitan dengan HKN melalui media sosial kepada semua lapisan masyarakat.

Sehubungan dengan momentum tersebut, DPP PPNI bersama Tim Penanganan Covid-19 DPP PPNI menggelar Daily Zoominar DPP PPNI episode ke-154 dengan tema Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat.

Dengan menghadirkan narasumber kompeten diantaranya Sutrisno, Atik Hodikoh, dan Tb. Rachmat Sentika, serta dipandu oleh Irna Nursanti sebagai moderator.

“Pembicara pada hari ini sangat hebat bertepatan dengan HKN tahun 2020 tanggal 12 yang biasa ini adalah hajatan tahunan tetapi menjadi spesial dan luar biasa, karena di hari dan dimana kita mendapatkan wabah pandemi,” ucap Apri Sunadi dalam pengarahannya pada saat Zoominar DPP PPNI episode ke 154 di kanal Youtube Bapena PPNI, Kamis (12/11/2020).

“Inilah momentum bagaimana kita menyatukan elemen masyarakat keperawatan dalam hal bagaimana mengantarkan atau menuju tekad Indonesia sehat,” lanjut Bendahara Umum DPP PPNI ini.

Dikatakannya, hal ini sesuai dengan Kementerian Kesehatan pada tahun 2020 ini yang telah mengambil tema HKN ‘Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat’, melalui Jaga diri, Keluarga, dan Masyarakat, Selamatkan Bangsa dari Pandemi Covid-19.

Ditambahkannya, hal Ini pula yang juga disematkan terutama kepada teman-teman atau rekan perawat yang sedang berkecimpung atau bekerja di dalam merawat pasien covid -19, baik yang berada di rumah sakit maupun di pelosok negeri dari Sabang sampai Merauke.

Apri Sunadi menerangkan bahwa peran perawat di dalam UU Keperawatan, sudah dijelaskan bagaimana perawat mengedukasi kepada masyarakat, terutama dalam hal membuat kebiasaan baru dalam rangka membantu pemerintah atau masyarakat menghadapi Covid-19 dan menjaga diri serta membebaskan masyarakat dari Covid-19.

“Dengan tema HKN nya luar biasa ini, kita juga dihadapkan dengan banyak tantangan dan rintangan, tetapi kita masyarakat keperawatan tidak pernah surut dalam rangka mengupayakan dan membangun masyarakat Indonesia yang produktif dan aman,” tegas Apri Sunadi.

“Kita yakin melalui tangan kita, dengan tangan perawat inilah masyarakat, keluarga, dan kita sendiri bisa mengantarkan bangsa ini sesuai yang dikehendaki kita semua yaitu Indonesia sehat,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini Apri Sunadi berharap agar perawat dari Sabang sampai Merauke harus bersatu, sekaligus semua siap dan tidak pernah mundur dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat Indonesia.

“Kita berada di garda paling terakhir dalam menjaga kesehatan, dan juga kita telah berikrar bahwa satu profesi dimana PPNI lah sebagai payungnya, untuk menyatukan tekad dalam rangka merawat bangsa ini,” tuturnya.

Apri Sunadi merasa sangat berbahagia dikarenakan dapat menyapa kepada perawat dimanapun berada, dan juga sebagai tenaga perawat yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

Selain itu, dihimbaunya pula agar jangan sampai terpancing dengan hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan dalam profesi.

“Inilah momentum kita untuk selalu bersatu membuat profesi kita diakui di tengah masyarakat dan selalu berada di samping, di depan, di belakang masyarakat yang sangat membutuhkan. Pada kesempatan HKN ini juga, kami menyuguhkan pembicara yang sangat luar biasa dengan karyanya,” pungkasnya. (IM)

 

Sumber : Screenshot Youtube Bapena PPNI

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: