HIMPONI & BOND Ajarkan Penanganan Kanker Pada Anak & Personal Branding Perawat

Terindikasi Cemarkan Profesi Perawat, PPNI Jeneponto Adukan Ke Polisi
23 Februari 2019
Jepang Beri Kesempatan Perawat Indonesia Berkarir & Ikuti Pelatihan
25 Februari 2019
Show all

HIMPONI & BOND Ajarkan Penanganan Kanker Pada Anak & Personal Branding Perawat

Wartaperawat.com – Peningkatan kasus baru kanker pada anak di RS Kanker Dharmais, sebagai Pusat Kanker Nasional, pada tahun tiga terakhir ini cenderung meningkat. Penanganan kanker pada anak sangat berbeda dengan kanker dewasa, karena kanker pada anak melibatkan bukan saja pasien akan tetapi juga memerlukan kerjasama yang baik dengan orang tua.

Pada kenyataannya pula, Dokter dan Perawat merupakan tenaga kesehatan yang pertama yang selalu berada disamping pasien dan keluarga, serta diharapkan dapat memberikan support dan edukasi kepada pasien dan keluarga.

Dalam upaya pemberian asuhan yang komprehensif dan peningkatan kualitas hidup pada pasien kanker anak dan orang tua, dari segi attitude perawatan dalam memberikan asuhan, personal branding seorang perawat juga harus ditingkatkan. Diharapkan pula perawat akan lebih memiliki rasa percaya diri, serta menampilkan sikap yang baik dan berkualitas dalam menghadapi pasien dan keluarga dengan kanker.

Agar terciptanya sinergitas dalam memberikan asuhan yang terbaik bagi pasien dan keluarga, maka Himpunan Perawat Onkologi Indonesia (HIMPONI) bersama Business Oriented on Net-Worth Development (BOND), dalam rangka peringatan hari kanker sedunia (World Cancer Day) pada tanggal 4 Februari 2019 dengan tema “I am and I Will” mengadakan seminar dan workshop di Auditorium Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD) Jakarta, Sabtu (23/2/2019).

Seminar dan workshop kali ini mengangkat tema “Kanker Pada Anak : Dukungan Yang Tepat Dalam Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker Anak dan Personal Branding Perawat” yang diikuti oleh peserta dari dan luar Jakarta.

“Kegiatan hari ini berkaitan dengan peringatan hari kanker sedunia (World Cancer Day) tahun 2019. Kita melakukan serentak kegiatan di 6 DPW HIMPONI (Sulsel, Bali, Jatim, Jateng, D.I Yogyakarta, dan DKI Jakarta). Pertama kali, pas hari peringatan kanker tersebut, diadakannya sosialisasi dan edukasi bagaimana tentang kesadaran masyarakat terhadap penyakit kanker melalui berbagai media sosial. Dengan tema WCD tahun ini : I am, I will care with my passion, bagaimana masyarakat dapat meningkatkan kontribusinya dari semua orang pada bidangnya masing-masing dalam kepedulian terhadap penyakit kanker,” ungkap Dr. Kemala Rita Wahidi, SKp.,Sp.Kep.Onk., ETN.,MARS usai membuka acara seminar & workshop dan menyampaikan materinya, Sabtu (23/2).

Ketua Himpunan Perawat Onkologi ini mengatakan lagi bahwa kegiatan lainnya, telah diadakannya pelaksanaan Cancer Awarness di Bundaran HI Jakarta, dengan bergabungnya HIMPONI bersama RS Dharmais dan seluruh pemerhati penyakit kanker di seluruh DKI Jakarta, dan diikuti hampir 1.000 orang peserta.

“Pada hari ini merupakan kegiatan terakhir, dengan menggelar seminar dan workshop tentang pediatrik onkologi, mengenai bagaimana perawatan terhadap pasien kanker anak, yaitu bagaimana perawat dapat meningkatkan kompetensinya dalam merawat pasien kanker enak. Penanganan pasien kanker anak berbeda dengan dengan penderita kanker dewasa maupun penyakit kanker yang lainnya, karena sangat spesifik dan spesialistik,” jelas Rita.

Menurut Rita, dalam meningkatkan perannya, maka perawat harus paham dengan kompetensinya, tentang pengetahuannya (knowledge), kemampuan/keterampilan (technical skill) dalam merawat, memberikan obat kemoterapi, menyiapkan radiasi, pemeriksaan penunjang dan yang paling penting adalah sikap (attitude) dari perawat itu sendiri, bagaimana perawat itu dapat dekat anak-anak, dan itu sesuatu hal yang tidak mudah dan itu juga harus ada pelatihan dan pembelajaran sendiri dari seorang perawat yang menangani pasien kanker.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dari ilmu yang didapat hari ini, perawat dapat mengeshare kepada teman-teman yang sama-sama merawat pasien kanker anak yang dirawat di rumah sakit masing-masing, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien-pasien kanker anak di rumah sakitnya masing-masing,” harapnya.

Pada kesempatan ini, panitia pelaksana yang diketuai Ns. Vera Sulistyaningrum, S.Kep menghadirkan narasumber yang berkompeten, diantaranya : Dr. Kemala Rita Wahidi, SKp.,Sp.Kep.Onk., ETN.,MARS dengan materi Role and Functions the Nurses in Childhood Cancer Care Continuum., Dr. Edi Setiawan Tahuteru, Sp.A(K).,MHA materi Childhood Cancer : What things that Nurse have to be Aware.

Selain itu, Ns. Ati Sunjawiharti, S.Kep dengan materi The Chemotherapy Nursing Care for Children with Cancer : Base on Evidence., Okky Rachmad Ngakili, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,BHScDT materi Psyco-Socio-Spiritual Support System in Chilhood Cancer.

Untuk Workshop I Self Learning Assessment Modality disampaikan Okky Rachmad Ngakili, S.Kep.,Ns.,M.Kep.,BHScDT, sedangkan Worshop II materi Knowledge Modality oleh Tedjo Boogie, B.Sc.,M.Sc.

Sementara itu, diadakannya juga kegiatan Talk Show Introduction-Evidence Base, dengan materi “Kontribusi Produk Kesehatan sebagai Suplemen nutrisi tambahan untuk pasien dengan kanker” oleh Raja Fauzi.

Hadir pula dalam kegiatan ini Ns. Nani Sutarni, M.Kep Komite Keperawatan RSDK, Ns. Retno Setiowati, S.Kep.,MKM selaku Kepala Bidang Keperawatan RSDK, para undangan lainnya, dan para Pengurus DPK PPNI RS Kanker Dharmais. (IM)

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: