Hal Ini Perlu Direalisasikan, Usai PPNI Malut & Halsel Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa

Bersyukur! Pasien Jemaah Haji Tahun 2019 Dirawat Di KKHI Makkah Menurun
23 Juli 2019
Sekretariat PPNI Kota Pekalongan Diresmikan : Mudahkan Pelayanan & Upayakan Pengembangan
25 Juli 2019
Show all

Hal Ini Perlu Direalisasikan, Usai PPNI Malut & Halsel Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa

Wartaperawat.com – Akibat gempa bumi di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara yang terjadi pada Minggu (14/7/2019), diperlukan penanganan dan bantuan secepat mungkin walaupun jarak tempuh yang menjadi kendalanya.

Setelah melakukan koordinasi yang baik dengan pihak Pemda, TNI AD dan Kepolisian, akhirnya Pengurus DPW PPNI Provinsi Maluku Utara dan DPD PPNI Kabupaten Halmahera Selatan mendapatkan kemudahan sarana dalam menyalurkan bantuan langsung kepada para korban gempa.

Dengan menggunakan transportasi laut, akhirnya sampai juga di desa Saketa, disamping itu telah  dilakukan pula mensortir bantuan diatas kapal untuk disalurkan kepada warga yang terdampak gempa.

Bantuan yang disalurkan dimulai dari hari Kamis hingga Sabtu, (18-20 Juli 2019), adapun daerah yang disalurkan bantuan, meliputi : Desa Oha, Desa Papaceda, Desa Tawa, Desa Gane Dalam, Desa Sekli, Desa Tabamasa, Desa Paspalele, Desa Yomen dan Desa Lemo-Lemo.

Saat tiba di Desa Oha, Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Sekretaris DPW PPNI Chandra Makassar kepada Kepala Desa Oha.

Ada pula pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di Desa Gane Dalam, Desa Yomen, Desa Tabamasa, sementara layanan kesehatan bagi warga Desa Tawa dilakukan diatas Speedboat.

Penyaluran bantuan ke masing-masing Desa tersebut masih dalam satu Kecamatan Bayan, Kabupaten Halmahera Selatan. Sebagian disalurkan bantuan diatas kapal, dikarenakan hampir semua jembatan rusak parah dan bantuan langsung disalurkan di daerah yang terkena bencana berada di pesisisir pantai dan tidak dapat ditempuh jalan darat.

Untuk penyaluran bantuan menuju Desa Sekli di Kec. Bayan, dapat dilakukan dengan menggunakan mobil.

Pada hari Minggu (21/7/2019), pukul 06.00 WIT Tim Relawan berangkat dari Gane Dalam menuju Desa Tawa menjemput 2 Relawan PPNI dan evakuasi Bidan Desa yang sakit sudah 3 hari menuju Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan.

Setelah melakukan penyaluran bantuan, berdasarkan keterangan yang disampaikan Chandra Makassar, Selasa (23/7/2019), dikatakannya bahwa warga terdampak mengucapkan terima kasih kepada PPNI atas bantuan dan pelayanan kesehatan, dikarenakan bantuan yang diberikan sangat membantu meringankan penderitaan warga.

Setelah mengamati wilayah yang terdampak, Sekretaris DPW PPNI Maluku Utara ini berharap, agar Pemerintah dapat segera membangun tempat tinggal layak yang jauh dari daerah pantai.

Menurut Chandra Makassar, sesuai dengan apa yang disampaikannya di media massa, bahwa kegiatan ini adalah bagian dari upaya meringankan penderitaan korban bencana.

Diungkapkannya, aksi ini juga didorong atas dasar kemanusiaan dan perhatian kepada masyarakat yang tertimpa bencana gempa bumi yang melanda wilayah Gane Halmahera Selatan Maluku Utara beberapa waktu lalu.

Sehingga DPW PPNI Maluku Utara berinisiatif mengumpulkan donasi untuk disalurkan kepada masyarakat yang terdampak. Berdasarkan laporan yang diterimanya, masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi masih sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah maupun masyarakat yang peduli.

Ia juga menjelaskan, bahwa aksi yang dilakukan di lokasi bencana adalah pengobatan sesuai dengan kasus yang ada di tempat pengungsian. Melalui pemeriksaan kesehatan dan pemberian obat, kelambu serta perawatan luka, sekaligus memberikan bantuan sembako, selimut, terpal, kain dan perlengkapan mandi.

Selain itu, Chandra Makassar berharap kepada pemerintah, agar dapat segera membangun kembali rumah korban bencana, serta menyiapkan posko kesehatan yang memadai sehingga korban terdampak bencana gempa dapat kembali dan bila ada masalah kesehatan segera teratasi karena bila tidak segera dan tangani maka wabah penyakit bisa kapan saja menyerang korban bencana. (IM)

 

Sumber : Sekretaris DPW PPNI Maluku Utara

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: