DPP PPNI Salurkan APD : Utamakan Keamanan & Keselamatan Perawat Dalam Bertugas

PPNI Berduka Atas Meninggalnya Putra Terbaik H. Harmoko
1 April 2020
Banyak Relawan Nakes Bantu Penyelidikan Epidemiologi Melalui Tracing Kasus
3 April 2020
Show all

DPP PPNI Salurkan APD : Utamakan Keamanan & Keselamatan Perawat Dalam Bertugas

Wartaperawat.com – Langkah pengamanan dan penyelamatan terhadap tenaga keperawatan pada saat menangani pandemi Covid-19 menjadi prioritas bagi Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Sebagai bentuk kepedulian dan rasa tanggungjawab melindungi anggotanya, DPP PPNI menyalurkan langsung Alat Pelindung Diri (APD) ke rumah sakit di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dan sekitarnya.

Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah turut serta membagikan secara langsung APD bersama Satuan Tugas Covid-19 DPP PPNI.

“Bantuan ini tidak seberapa dibanding dengan kebutuhan sebenarnya, tapi ini adalah salah satu upaya bentuk perhatian kita kepada anggota, sambil kita mencari sumber-sumber lain yang bisa menyediakan lebih banyak lagi,” terang Harif Fadhillah setelah menyalurkan bantuan APD di RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/3/2020).

Harif Fadhillah menjelaskan bahwa DPP PPNI menyiapkan dan memberikan bantuan APD (satu set/coverall) dengan harapan, agar dapat membantu pada unit khusus yang memerlukan APD secara lengkap, dikarenakan menurutnya, semakin hari kasus PDP dan positif Covid-19 semakin meningkat, sehingga keselamatan perawat itu yang menjadi utama.

“Mudah-mudahan dengan kita seperti ini, yang diserahkan ini sebenarnya dari teman-teman perawat juga, semua donasi teman-teman perawat, kemudian ada anggaran dari PPNI, artinya ini juga milik perawat, dari perawat dan untuk perawat. Saya kira sesuatu yang memang harus kita budayakan,” tutur Harif Fadhillah.

Diungkapkannya pula, berdasarkan permintaan akan APD, data yang masuk sudah hampir 3.900 rumah sakit dan puskesmas, namun dikatakannya, PPNI itu bukan sebuah negara, dan yang dapat memenuhi hal itu sebenarnya dan harusnya adalah negara. Tentunya PPNI mencoba stimulasinya dan sebatas kemampuan PPNI dalam menyalurkannya.

“Harapannya tersalurkan ke seluruh Indonesia, berarti kemungkinan tahap berikutnya pada tingkat wilayah (DPW), mudah-mudahan kita bisa mendapatkan barangnya,” sebut Harif Fadhillah.

Penyaluran APD diawali dengan mengunjungi Kantor DPD PPNI Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sekaligus penyerahan simbolis APD dari Ketum DPP PPNI kepada Asep Sardi selaku Ketua DPD PPNI Kab Bekasi.

Selanjutnya, penyaluran bantuan APD ke RSUD Cibitung Kabupaten Bekasi, yang diterima langsung oleh Direktur beserta jajarannya dan perawat RSUD Cibitung Kab Bekasi.

Dalam kesempatan tersebut, pihak RSUD Cibitung Kab Bekasi menyampaikan ucapan terima kasih kepada PPNI atas komitmennya untuk selalu menjaga keselamatan anggotanya.

“Bantuan ini sangat bermanfaat, karena untuk mendapatkan coverall ini sangat sulit, alhamdulillah PPNI bisa mendapatkannya. Saya atas nama pimpinan RSUD mengucapkan banyak terima kasih, insya Allah bermanfaat dan saya berjanji juga untuk menjaga anak-anak saya, terutama juga perawat yang bertugas di RSUD Kabupaten Bekasi,” ucap Direktur RSUD Cibitung Kab Bekasi dr. Marti.

“Harapan saya, penggunaan APD ini adalah bisa dipergunakan sesuai sasaran, karena memang untuk penggunaan APD ini ada level-levelnya dan ini kita utamakan levelnya yang menangani kasus COVID-19 secara langsung di RSUD Kabupaten Bekasi,” sambungnya.

Setelah itu, Satgas Covid-19 DPP PPNI melanjutkan penyaluran bantuan APD ke RSUD dr. Chasbullah Abdulmadjid, yang diterima secara simbolis oleh Kabid Keperawatan dr. Laela Nauvalya dan Mulyono selaku Ketua DPD PPNI Kota Bekasi.

Berikutnya, Erwin dan Asep Gunawan (Gugus Tugas Covid-19 DPP PPNI) menyalurkan bantuan ke RS Helsa Jatirahayu, Kota Bekasi.

Disaat itu pula, Erwin yang juga Ketua DPP PPNI Bidang Kesejahteraan memberikan bantuan APD kepada Komariah selaku Ketua DPK RS Helsa Jatirahayu.

Distribusi APD dilanjutkan ke RS Sentra Medika, Cisalak, Kota Depok, Jawa Barat. Dikesempatan ini pula sekaligus memantau pelayanan RS tersebut dalam penanganan pasien Covid-19.

Ucapan terima kasih disampaikan pihak RS maupun pengurus PPNI yang menerima bantuan APD dengan sangat antusias dan mengapresiasi misi kemanusian serta kepedulian DPP PNI kepada sesama sejawat perawat.

“Alhamdulillah ini di luar ekspetasi kita, kita tidak menyangka dari DPP PPNI datang ke DPK dan itulah support yang kami harapkan. Terus terang kami disini kekurangan APD juga keterbatasan SDM, karena kita bukan RS khusus untuk pasien infeksi, tapi kami selaku institusi pelayanan kesehatan, jadi kami atas nama perawat turut juga untuk menyehatkan bangsa. Kami tetap merawat pasien-pasien dengan permasalahan Covid, baik yang PDP maupun ODP dan yang positif. Ada beberapa pasien juga yang sudah dipulangkan karena dinyatakan sudah membaik kondisinya,” kata Hendi.

“Jadi hal ini menjadi support kami, atas kunjungan DPP ke DPK RS Sentra Medika Cisalak Depok ini. Semoga dengan adanya kunjungan ini teman-teman semakin giat, bersemangat dan berjuang dalam mengatasi masalah pandemi Covid 19 ini. Mudah-mudahan setelah ini, ada bantun dari DPW (PPNI Jawa Barat) yang kami harapkan juga,” imbuh Hendi yang juga Ketua DPK RS Sentra Medika.

Bantuan APD juga disalurkan kepada RS Bhayangkara Brimob Kelapa Dua, Depok yang mana RS tersebut sementara beralih fungsi hanya menangani pasien yang terpapar Covid-19. Pada malam itu, bantuan diterima langsung oleh Kevin yang merupakan pengurus DPK PPNI RS Bhayangkara. (IM)

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: