DPP PPNI & DPW PPNI Lampung Prioritaskan Bantuan Usulan Korban Bencana

PPNI Apresiasi Relawan Peduli Korban Bencana & Strategi Penanganan Selanjutnya
8 Januari 2019
Usai Tanggap Darurat Bencana, PPNI Banten Apresiasi Relawan Perawat
10 Januari 2019
Show all

DPP PPNI & DPW PPNI Lampung Prioritaskan Bantuan Usulan Korban Bencana

Wartaperawat.com – Bantuan yang diberikan kepada dampak korban bencana Selat Sunda (22/12/2018) yang terjadi di wilayah Lampung Selatan, Provinsi Lampung mendapat perhatian serius dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Menurut pertimbangan dan hasil survey sebelumnya terhadap kebutuhan masyarakat bagi para korban bencana, telah diperoleh informasi kebutuhan yang prioritas dan lebih bermanfaat selain dari pada pelayanan kesehatan.

Untuk meringankan beban bagi para korban bencana,  DPP PPNI dan DPW PPNI Provinsi Lampung berinisiasi memberikan bantuan langsung kepada masyarakat terdampak tsunami di Kalianda, Lampung Selatan.

Acara kegiatan dilaksanakan di SDN 1 Rajabasa, Kalianda, Kab Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Selasa, 8 Januari 2019 dan berlangsung dari pukul 09.00 hingga pukul 14.00.

Dikesempatan ini, Ketua Umum DPP PPNI Harif Fadhillah bersama Ketua DPW PPNI Provinsi Lampung Dedi Aprizal memberikan langsung bantuan kepada para korban terdampak tsunami.

Dalam rombongan, turut hadir Bendahara Umum DPP PPNI Apri Sunadi, Pengurus DPP PPNI lainnya, Pengurus DPW PPNI Lampung , Pengurus DPD PPNI Lampung Selatan dan Perwakilan DPD PPNI se Lampung dan anggota perawat.

Sebelum pemberian bantuan, diawali dengan penugasan tim tanggap bencana dari tanggal 30 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019.

Berdasarkan data pada saat kunjungan tim tanggap bencana, melalui informasi relawan Eko Harsono disaat mengunjungi posko posko bencana, didapatkan beberapa kebutuhan yang disampaikan pengungsi kepada team.

Dengan adanya data dan maping, Pengurus DPW PPNI Lampung berkoordinasi dengan Pengurus DPP PPNI untuk membahas usulan dan permintaan dari para pengungsi, akhirnya disepakati memberikan bantuan berupa : Perlengkapan sekolah untuk 180 paket dan kompor gas dan 50 tabung.

Adapun target pertama, dengan bantuan kepada 30 anak di Pangkul Sukaraja yang diberikan paket perlengkapan anak sekolah, 30 Kepala Keluarga yang rumahnya hancur diberikan kompor gas dan tabungnya.

Sedangkan target kedua, diberikan kepada murid Sekolah Dasar Negeri 1 Rajabasa, sebanyak 150 tas sekolah beserta perlengkapannya dan 20 paket kompor gas beserta tabung.

Sementara itu, target selanjutnya, rombongan memberikan tali asih kepada masyarakat terdampak tsunami yang masih dirawat di RSUD BOB BAZAR Kalianda, sebanyak 15 pasien.

Pada kesempatan itu pula, tali kasih diberikan kepada rekan perawat yang terdampak bencana yang bernama Subagyo, perawat pulau Sebesi di Lampung Selatan dan Fandri seorang perawat TKS yang bekerja di Puskesmas Rajabasa saat kejadian bencana terjadi.

Melalui pesan tertulisnya, Rabu (9/1/2019), Dedi Aprizal Ketua DPW PPNI Provinsi Lampung dan juga Ketua DPRD Provinsi Lampung mengucapkan terima kasih serta penghargaan yang setinggih-tingginya bagi rekan-rekan profesi perawat serta seluruh elemen masyarakat yang telah ikut andil dalam penanganan bencana di Kabupaten Lampung Selatan, termasuk juga para donatur.

Dedi Aprizal berharap dan memohon semoga Allah akan membalas atas semua kebaikan yang telah diberikan dan juga pemerintah pusat maupun daerah dapat memperhatikan kesejahteraan rekan-rekan perawat, dikarenakan realitanya masih ribuan perawat di Provinsi Lampung yang statusnya masih tenaga sukarela dan honor yang penghasilannya masih dibawah UMR atau jauh dari kelayakan hidup normal.

Melalui bantuan yang telah diberikan, Dedi berharap pula agar dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, khususnya kepada warga di Desa Way Muli Barat dan Sukaraja, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. (IM)

 

Sumber : Ketua DPW PPNI Provinsi Lampung

 

 

 

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: