DPP Hipani Akan Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Pertama

ICINNA Akan Gelar Acara Seminar di Indonesia
27 Agustus 2018
ToT Terintegrasi Gorontalo : Antusiasnya Pengurus Atas Informasi Terbaru
28 Agustus 2018
Show all

DPP Hipani Akan Gelar Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Pertama

Wartaperawat.com – Berdasarkan Undang-Undang No. 38 tahun 2014 pasal 53 ayat: 2 menyatakan bahwa pengembangan praktik keperawatan bertujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan keprofesionalan perawat.

Praktik profesional perawat sebagai ciri utama profesi, diharapkan tetap dipelihara, dikembangkan dan ditingkatkan kualitasnya guna mempertahankan standar praktik profesional yang tinggi, sehingga masyarakat dapat menerima haknya untuk memperoleh pelayanan keperawatan yang aman dan berkualitas.

Profesi Keperawatan merupakan bagian dari pelayanan kesehatan yang berfokus dalam mengenali dan menangani respon manusia, baik fisik, psikologis, sosial dan spiritual,pada individu, keluarga, dan masyarakat yang terdiri dari berbagai lingkup meliputi : promosi kesehatan, pencegahan penyakit, perawatan, dan rehabilitatif pada seluruh layanan kesehatan.

Salah satu pelayanan asuhan keperawatan adalah dibidang pelayanan asuhan keperawatan anestesi.

Perawat anestesi berhimpun dalam organisasi Himpunan Perawat Anestesi Indonesia (HIPANI) yang bertujuan meningkatkan profesionalisme dan kompetensi perawat anestesi, merupakan organisasi himpunan keseminatan bagian badan kelengkapan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sesuai amanah UU Keperawatan No. 38 Tahun 2014, AD ART PPNI serta sesuai dengan SK DPP PPNI No.078/DPP.PPNI/SK/K.S/XII/2016 tentang pengesahan dan pengakuan HIPANI sebagai badan kelengkapan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Berdasarkan program kerja DPP HIPANI dan sesuai amanah Rapat Kerja Nasional (Rakernas) DPP HIPANI I pada tanggal 17 – 18 Februari 2018 di Semarang bahwa untuk meningkatkan profesionalime perawat anestesi maka  akan diselenggarakannya kegiatan “Pertemuan Ilmiah Tahunan I Himpunan Perawat Anestesi Indonesia di Denpasar, Bali”.

Kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan I Himpunan Perawat Anestesi Indonesia (PIT I HIPANI) akan diisi dengan berbagai kegiatan ilmiah dan lomba yang bertujuan untuk peningkatan professional perawat anestesi baik dari segi pengetahuan, etika serta skill keperawatan dan kesehatan khususnya pelayanan anestesi dan keperawatan anestesi.

Untuk itulah, Dewan Pengurus Pusat Himpunan Perawat Anestesi Indonesia (DPP HIPANI) akan menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan I Himpunan Perawat Anestesi Indonesia di Denpasar, Bali.

Adapun tema dalam kegiatan ini adalah “Profesionalisme Perawat Dalam Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien pada Layanan Anestesi dan Bedah Sesuai SNARS Edisi I”.

Tujuan umum dari acara ini adalah Kegiatan pertemuan ilmiah tahunan I Himpunan Perawat Anestesi Indonesia berjalan sukses dan lancar.

Tujuan Khusus dari kegiatan ini :

  1. Meningkatkan pengetahuan dan kompetensi klinis peserta mengenai Profesionalisme perawat khususnya keperawatan anestesi dalam layanan anestesi dan bedah sesuai SNARS Edisi I.
  1. Meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta dalam layanan anestesi baik Pra,Intra dan Pasca anestesi/bedah, Pasient Safety di Layanan Anestesi dan bedah.
  1. Membahas trend dan issue perkembangan pelayanan dibidang keperawatan anestesi dan organisasi HIPANI.
  1. Menjalin silahturrohimi dan konsolidasi nasional HIPANI meliputi DPP PPNI, Pengurus Dewan Pertimbangan, DPP Hipani dan DPD HIPANI seluruh Indonesia.

Kegiatan akan diadakan pada Jumat – Minggu, 28 – 30 September 2018, di Prime Plaza Hotel & Suites, Jl. Hang Tuah 46, Sanur, Bali.

Ketua umum DPP HIPANI Waryono, SIP,SKp, M.Kes mempercayakan penyelenggaraan kegiatan ini kepada Ns. I Nyoman Murjana, S.Kep (ketua panitia pelaksana) dan Halipah, S.Kep (sekretaris). (IM)

 

Sumber : Panpel PIT I DPP Hipani

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: